BANYAK cara dapat dilakukan untuk mendapatkan rezeki halal. Satu di antaranya membuka warung angkringan seperti yang dilakukan warga Sumberadi, Mlati, Sleman, Agus Yulianto. Sekitar empat tahun gerobak angkringannya mangkal di pinggir jalan dengan jam buka dari pukul 18.00 sampai 24.00. Namun sejak pertengahan Mei 2014, gerobak angkringan di pindah di ruang depan bagian rumahnya dengan ukuran 8 x 6 meterpersegi.

Tidak hanya gerobak angkringan saja, namun dilengkapai etalase untuk menempatkan aneka sayuran dan lauk. Bahkan, menyediakan nasi goreng dan bakmi. Masih dilengkapi juga fasilitas free hot spot dan dipasang televisi layar datar. Wajar jika akhirnya tempat ini diberi nama Angkringan Modern Om Agus. Jam bukanya berubah menjadi pukul 09.00 sampai 02.00. Khusus bulan Ramadan direncanakan buka dari pukul 16.00 sampai saatnya sahur.

“Anak-anak muda yang senang internetan, akan ke angkringan sini sambil membawa laptop dan netbook,” jelas Agus, Selasa (27/5/2014).

Kekhasan sebagai warung angkringan, sebutnya, masih dijaga. Antara lain ada ceret untuk merebus air. Pembeli dapat memilih minuman seperti jahe, susu jahe, teh jahe, kopi dan wedang tape ketan. Selain itu ada nasi kucing dengan lauknya seperti tempe dan ikan teri. Ada lagi cemilan, gorengan, sate usus dan telur puyuh. Selain itu ada nasi, sayuran dan lauk yang dapat diambil secara prasmanan. Jenis sayurnya seperti sop, tempe kering, kikil sapi dan tongseng ayam.

Ditambahkan Agus, setiap pembeli sebelum menyantap menu makanan harus datang ke kasir dahulu. Artinya, bayar di depan. Pihak kasir juga sudah menggunakan mesin kasir. Dalam sehari, ia dibantu delapan tenaga terbagi dalam dua shift, termasuk ada bagian yang memasak. Pasalnya, 90 persen makanan di angkringan modern ini hasil masakan sendiri. Sepuluh persennya titipan orang, seperti kerupuk dan beberapa cemilan.

“Dengan berada di dalam rumah seperti ini, kalau pas hujan tidak terlalu dingin dan tidak ketampu,” imbuhnya.

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Pond dan Segala Magisnya Siap Menyihir Jakarta

Jakarta Culinary Feastival Bergulir Mulai Kamis Ini

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon