Ron ‘Bumblefoot’ Thal, gitaris asal New York, AS, yang sempat menjadi gitaris band rock Guns N’ Roses di album Chinese Democracy, menyatakan dirinya tak hanya ingin beraksi semata bermain musik.

“Saya ingin menginspirasi dan mengajar orang lain. Jika saya pergi ke belahan dunia lain, bukan hanya untuk konser saja tapi untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi orang lain,” ucap Ron saat melakukan Coaching Clinic di @america, Pasific Place, Jakarta, pada Kamis (16/4).

Penggemar berat Iron Maiden dan Judas Priest ini menyebut dirinya lebih mementingkan substansi ketimbang kemasan. Dalam menulis lagu, Ron mengutamakan apa yang menurutnya bagus.

“Informasi seperti skala dan melodi tidak perlu terlalu dipikirkan. Jadi apa yang menurut Anda bagus, akan terdengar bagus karena Anda punya ide sendiri soal apa musik yang bagus itu,” tutur Ron menjelaskan.

Pemakai gitar Vigier Excalbur itu menyatakan, industri musik telah berubah drastis, khususnya era pasca Napster. Gitaris berumur 45 tahun itu menyebut industri rekaman memperlakukan pendengar sebagai musuh.

“Industri musik yang bodoh ini tidak memperkirakan perubahan dan tidak memaksimalkan potensinya (internet). Alih-alih mereka mencoba menghancurkannya dan menuntut orang yang menggunakannya. Konsumen sudah tau musik apa yang mereka mau, dan industri musik adalah bisnis yang seharusnya memberikan apa yang konsumen mau,” kata Ron panjang lebar.

Dia juga mengatakan bahwa sekarang hubungan antara band dan fans lebih langsung serta transparan.

Ketika disinggung tentang kabar kelanjutannya di Guns N’ Roses, penyuka cincau dan sate ini sempat mengelak, kemudian menjawab sekenanya.

“Anda tahu kan, di Facebook ada bagian relationship status? Nah, saya dan Guns N’ Roses itu ada di ‘it’s complicated,'” ujar Ron sambil tersenyum.

“Saya berkontribusi di album Chinese Democracy, tapi untuk kelanjutan Guns N’ Roses sendiri hanya ada satu orang yang bisa menjawab. Dan dia sekarang berada di Malibu,” kata Ron menambahkan.

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Pond dan Segala Magisnya Siap Menyihir Jakarta

Jakarta Culinary Feastival Bergulir Mulai Kamis Ini

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon