Lokasi:
Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta
Jam buka: 05.00-19.00

Tepat di teras sebuah rumah kayu sederhana, kamu akan disambut getaran pita suara dari seorang penyanyi keroncong tua. Di Yogyakarta, rumah kayu milik Gudeg Yu Djum ini merupakan tempat paling tenar untuk membeli gudeg kering.

Sayur nangka pada Gudeg Yu Djum menawarkan perpaduan manis dan gurih, enak banget di lidah. Dan, yang tak kalah enak adalah sambal goreng kreceknya yang bikin panas mulut. Krecek diiris tipis lalu dimasak menjadi sambal kering berwarna kekuningan. Ditambah telur pindang dan areh, sluuuurppp gudeg ini tambah nikmat saja.

Gudeg legendaris Yu Djum disajikan di atas piring rotan beralas daun pisang. Menu standarnya terdiri dari gudeg, sambal goreng krecek, telur pindang, ayam suwir, tahu, tempe, dan opor ayam – dada, paha, atau sayap.

Seporsi gudeg, krecek, dan telur pindang dipatok Rp 10.000 hingga Rp 200.000, tergantung paket yang dipilih. Kalau ingin tambahan dada ayam, harganya jadi sekitar Rp 30.000 per porsi. Yang paling mahal adalah paket kendil berisi gudeg, sambal goreng krecek, dengan lauk pendamping 10 telur pindang dan seekor ayam. Gudeg dalam kendil ini awet buat oleh-oleh, tahan hingga tiga hari.

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Pond dan Segala Magisnya Siap Menyihir Jakarta

Jakarta Culinary Feastival Bergulir Mulai Kamis Ini

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon