Buat kalian yang baru pertama kali ke surabaya atau yang masi belum tau tempat yang asik buat keluyuran dimana, berikut ini tempat-tempat yang seru dicoba!

2479572197_5d50aaa16b

SURABAYA TOWN SQUARE (SUTOS)
Introduce you Mall paling gress di ibukota Jawa Timur, Surabaya Town Square a.k.a Sutos ! Mungkin orang Surabaya sendiri ga banyak yg tau karena bisa dibilang Sutos merupakan mall paling PeDe (kayak simpati PeDe ). Kenapa gitu ? Bisa dibilang gak ada promosi yang gebyar dari Sutos. Tidak spt mall2 gress lain yg berlomba-lomba mencari tenant. Usut punya usut ternyata sebagian besar tenant Sutos di impor langsung dari Jakarta, tepatnya dari Citos (Cilandak Town Square). Tampak luar, bangunan Sutos bercat warna warni yg sekilas mirip (maaf) Taman Kanak-Kanak Tapi ternyata di dalam tampak ‘wah’, sekilas mirip dengan mall di Jakarta….

Semua tenant yg buka disana juga branded, sebut saja : Giordano, Optik Melawai, Black Canyon, Malay Village, Starbucks, Supermarket Foodmart, Apple Center dan.. eng ing eng.. the first Cinema XXI in Surabaya ! Buat yg suka nyeruput kopi Starbucks -seperti biasa, setiap membuka gerai baru- ada promo buy 1 get 1 bila bertransaksi dengan kartu kredit BCA. Lalu tiket nonton XXI disini ga semahal di Jakarta, karena ‘cuma’ 25K saat wiken dan 15K on weekdays. Sayangnya, di XXI tidak berlaku BCA promo “Pay 1 For 2″ seperti di 21. Surabaya Town Square (Sutos) – Cinema XXI Selain mall, Sutos juga menjadi satu dengan hotel. Tapi saya masih belum banyak tau info ttg hotel ini. Buat yg ingin cuci mata disini, langsung aja menuju jalan Mayjen Sungkono dari arah Kutei atau Adityawarman. Selamat tur de mall Surabaya Town Square – SutosSurabaya Town Square – SutosSurabaya Town Square – Sutos Alamat : Di Jalan Adityawarman No. 55 Kalo dari arah Kutei atau Ciliwung, trus aja ke arah Mayjen, pasti keliatan kok gedungnya warna warni..

Ternyata, SuToS, hanya terdiri dari 2 lantai (sampai saat ini). Dimana lantai 1 adalah letak FoodMart, yaitu pasar swalayan untuk kebutuhan sehari-hari. Melihat dari namanya, sebelumnya saya berpikir ini adalah swalayan yang hanya menjual makanan dan hal-hal yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Ternyata, tidak 😛 FoodMart juga menjual benda-benda lain yang tentunya tidak bisa dimakan 😛 , seperti perlengkapan mandi, dll. Yang saya lihat dari SuToS adalah konsepnya yang menurut saya agak sedikit beda dengan mall-mall yang sudah ada di Surabaya. Di bagian bawah, lantainya, terdapat lampu-lampu kecil warna biru, yang letak lampunya juga tidak terlalu banyak. Seingat saya pula, penempatan lampu ini juga hanya di lantai 1 saja. di lantai 1 ini pula, terdapat arena bermain anak-anak. Rencananya juga, salah satu gerai Coffee dan Donuts yang juga digemari disini, JCo akan hadir. Salah satu yang cukup diminati pengunjung SuToS malam itu adalah arena bermain ini. Malah anak-anak bisa mencoba alat “bergelantung” yang seingat saya, biasanya cuma ada di tempat-tempat outdoor, untuk kegiatan outbond. Saya lihat saat itu, salah satu anak sedang mencobanya, dengan menggunakan sabuk pengaman, dan dibantu petugas yang ada. Wajah anak tersebut terlihat exciting (ada yang tau padanan kata ini, dalam bahasa indonesia yang tepat? let me know yah… 🙂 ) dan gembira. Sedang orang tuanya yang menunggunya, terlihat sibuk mengabadikan momen tersebut. Selain itu, juga terdapat panggung, yang menurut banner yang dipasang, setiap Jumat malam akan ada musik Jazz (seru nech! 🙂 -meski baru belajar dengerin smoothy jzz 😛 ). Selain JCo, yang telah buka Coffee Shop lainnya adalah Black Canyon.

Sedangkan di lantai 2, yang sudah buka baru Starbucks, Penang Village. Jadi akhirnya kita masuk ke Starbuck dan memesan Java Chip bla..bla.. dan bla…Machiato (lupa namanya 😛 )
Selain menu yang kita pesan tadi, kita juga mendapat Free Tester, agak surprise juga, karena selama “berkopi-ria” di Starbucks, baru kali ini berkesempatan dapat Free Tester. Setelah bertanya kepada Barista yang melayani kami, ternyata Free Tester diberikan jika ada outlet yang baru dibuka dan beberapa waktu tertentu sebagai bentuk penyegaran dan menggaet pelanggan-pelanggan baru. Selain dapat Free Tester, kami juga dapat 2 buah kipas gratis. Lumayan untuk harga + Rp. 39.000 untuk 2 gelas kopi, Tester dan Souvenir 🙂

rencananya di SuToS akan ada gerai-gerai Coffee Shop yang telah mempunyai nama dan cukup disukai di Jakarta. Antara lain : Tator, Bengawan Solo (Salah satu favorit saya, setelah mencobanya pertama kali di Jakarta 🙂 ), mungkin juga Coffee Bean dan Excelso. Kalau rumor ini benar, maka SuToS akan menjadi tempat yang asyik buat penggemar kopi 🙂

Tidak ketinggalan pula, terdapat bioskop yaitu XXI yang masih bagian dari 21 Cineplex. Ini adalah bioskop XXI pertama di Surabaya. Dari desain yang ada di bioskop ini, termasuk lebih ekslusif jika dibandingkan bioskop 21 biasanya yang ada di Surabaya. Terdapat 6 studio yang disediakan (biasanya, setahu saya maksimal cuma 5 studio di bioskop 21 lain), dengan gagang pintu layaknya tempat meeting hotel-hotel berbintang. Dan petugas penjaganya pun sebagian besar laki-laki, beda dengan bioskop 21 biasanya, yang lebih banyak dijaga oleh petugas kaum hawa. Selain itu, disini juga ada mini cafe, di depan tempat penjualan makanan kecil dan minuman, sehingga menunggu jauh lebih nyaman dan menguntungkan (baik pengunjung dan pemilik usaha 😛 ). Hanya tidak disediakan tempat bermain games dan tempat duduk lainnya selain di mini cafe tadi. Pengunjung bioskop juga dimanjakan dengan hamparan karpet begitu masuk ke lingkungan bioskop XXI ini, serta kamar mandi yang cukup bersih, wangi dan ekslusif untuk ukuran bioskop. Menurut saya, kemewahan kamar mandi ini mirip kamar mandi yang biasanya ada di Sogo (baca : Mall Elite-kata teman” saya demikian 😛 ).

Memang, SuToS hanya 2 lantai saja (ini dari kabar yang saya terima dari Inggit juga saya lihat dari bentuk bangunannya 😛 ), karena di sebelahnya dibangun hotel. Jadi menurut pemikiran saya, SuToS hanya “pelengkap” bagi pelanggan hotel tersebut.

Kesimpulan :
Dengan desain bergaya kastil dan konsep yang berbeda dari mall yang telah ada, Surabaya Town Square, telah memberikan kesegaran tersendiri semenjak Surabaya mulai dipenuhi dengan mall-mall yang banyak dibangun akhir-akhir ini. Serta dengan banyaknya Coffee Shop yang sementara hanya akan hadir di SuToS di Surabaya (jika rumor di atas benar adanya), maka kemungkinan besar, tempat ini akan salah satu acuan utama penikmat kopi di Surabaya.

CITILITES SKY CLUB AND BISTRO SURABAYA
Semakin banyak orang yang suka hang out atau nongkrong di luar rumah. Entah sendirian, dengan pasangan, relasi bisnis atau ramai – ramai dengan teman –teman. Tujuannya untuk refreshing, menjamu relasi atau merayakan sesuatu.

Nongkrong bisa dilakukan dimana saja. Bagi mereka yang dikenal sebagai kaum sosialita, nongkrong bisa di resto, kafe atau pub. Pilihan bergantung keinginan, suasana tempat nongkrong dan tentu saja isi dompet.

Merespon kecenderungan tersebut, makin banyak pula berdiri tempat – tempat nongkrong di kota –kota besar seperti di Jakarta dan Surabaya. Di Surabaya, salah satunya Citilies Sky Club and Bistro yang terletak di lantai 21 Hotel Java Paragon.

Menurut Humas Java Paragon, Santi Manurung, persaingan bisnis perhotelan makin kompetitif. Menyadari hal ini, pihaknya renovasi Citilites Sky Club and Bistro yang merupakan salah satu roof top restaurant.

Untuk itu, Citilites Sky Club and Bistro menghadirkam nuansa berbeda dan lebih nyaman. Mulai minggu ini, tamu dapat melakukan kegiatan di sini bukan hanya pada malam hari, namun juga pada pagi atau sore, sehingga dapat menikmati pemandangan asyik dari ketinggian.

Bagi wine lovers, bisa mencicipi bermacam wine karena di sini disajikan wine yang berganti – ganti setiap bulan. Misalnya bulan depan wine dari Prancis, bulan berikutnya wine Italia, kemudian dari Australia, selanjutnya wine Brasil dan seterusnya.

“Kami selalu berupaya mengoptimalkan layanan untuk memenuhi kebutuhan serta mendukung kepuasan para tamu dalam kegiatan bisnis maupun leisure,” ujar Santi.

HOUSE OF SAMPOERNA SURABAYA
Museum House of Sampoerna [HoS] merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika anda sedang traveling ke Surabaya. museum ini selain sarat akan nilai seni, budaya, dan sejarah, juga memberikan kenyaman yang istimewa kepada pengunjungnya. kesan Surabayasebagai kota panas, berdebu, atau bising tidak akan anda temukan disini. suasana House of Sampoerna sangat nyaman, dan mampu mengajak kita untuk kembali. selain mengkoleksi benda-benda penting dalam sejarah Sampoerna dan berbagai koleksi kesenian, museum ini juga memberikan kita tempat untuk bersantai sambil menikmati kopi di The Cafe yang anggun. satu lagi yang perlu dicatat, tidak ada tiket masuk di museum ini. kita bisa menikmati kenyamanan, keanggunan, dan kemewahan yang diberikan House of Sampoerna dengan GRATISSS..

House of Sampoerna juga menyediakan tur keliling kota Surabaya dengan menggunakan sebuah bus, dalam tur ini pengunjung museum dibawa berkeliling kota Surabaya Lama yaitu Tugu Bahlawan, Balai Kota, Pecinan, Kampung Arab, dll. tour yang diadakan House of Sampoerna ini disebut Surabaya Heritage Tour, untuk mengikuti tour ini pengunjung hanya perlu mendaftar pada petugas – TANPA di pungut biaya sepeser pun alias GRATIS! 🙂 tour ini diadakan setiap hari Selasa sampai hari Minggu, setiap hari ada tiga tur yang membawa pengunjung menikmati budaya kota Surabaya yaitu antara jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB.

pada tahun 2011, majalah National Graphic Traveler Indonesia mengadakan riset tentang museum terfavorit di Indonesia, museum di Indonesia dibagi menjadi tiga kategori yaitu museum sejarah, museum iptek, dan museum seni budaya. dari tiga kategori tersebut, House Of Sampoerna berada di urutan nomor satu untuk kategori Museum Seni dan Budaya. memang tidak mengherankan House of Sampoerna terpilih menjadi yang pertama.
terpilihnya House Of Sampoerna [HoS]dalam kategori seni dan budaya menunjukkan kesempurnaan pembangunannya bahwa beginilah seharusnya museum, yaitu selalu bisa mengundang pengunjung untuk kembali, bukan sekedar mengajak menikmati koleksi.

Museum sejarah Sampoerna ini menempati bangunan kuno dua lantai buatan tahun 1864 di kawasanSurabaya Lama. Liem Seeng Tee [pendiri Sampoerna], membelinya pada tahun 1913, untuk rumah keluarga dan pabrik pertama.
begitu membuka pintu kayu lebar gedung utama, sambutan sejuk kolam ikan koi kontras dengan hawa Surabaya yang panas. Kepiawaian pemandu mengajak kita menikmati koleksi beralur searah jarum jam di tiga ruang; dari replika warung pertama Liem Seeng Tee, sepeda onthel untuk jualan arang yang dibeliLiem Seeng Tee dengan uang hasil menabung sejak usia 11 tahun (yang diperoleh dari menjadi asongan di kereta); beralih ke ruang kedua dimana terdapat jejak para buruh pabrik yang unjuk prestasi lewat Marching Band Sampoerna.

Detail sangat diperhatikan, seperti penataan ruang, pencahayaan, dll. di lantai dua, toko cendera mata menawarkan kriya khas Jawa Timur. Paviliun keluarga Budi Sampoerna kini jadi Art Gallery bagi karya seniman terkemuka yang diseleksi ketat agar seniman lain bisa belajar. Gedung art deco rumah tinggal utama keluarga Sampoerna kini jadi The Cafe. suasana dalam The Cafe sangat nyaman, ditambah lagi penataan ruang yang anggun dan dekorasi yang pas membuat kita betah berlama – lama disini. The Cafe menyediakan wisata kuliner yang menarik. di sini terdapat paduan menu khas Indonesia, Asia, dan Eropa. bebrapa menu di The Cafe House of Sampoernaantara lain yaitu Wedang Kayu Manis(minuman hangat kayu manis, jahe, sereh, daun jeruk, dan gula jawa),Surabaya Sunrise (lemon, orange, mango concentrate, dan soda), Nasi Goreng Soka (kepiting), Asam-asam Iga, Nasi Goreng XO, Sob Buntut Goreng, dll. oh ya, jika anda berkunjung ke sini pada hari jum’at atau sabtu, anda akan dihibur alunan lembut live musik Jazz yang diadakan di The Cafe antara jam 19.00 sampai jam 22.00.

Museum House of Sampoernamenceritakan pada kita tentang semangat pantang menyerah Liem Seeng Tee, mengajarkan kita untuk berani bermimpi dan mengejar mimpi dengan penuh keyakinan. seperti yang telah dilakukan oleh Liem Seen Tee. jadi, jika anda sedang traveling ke Surabaya, sempatkanlah untuk mengunjungi House of Sampoerna.. anda akan mendapatkan kesan yang tak terlupakan tentang kota Surabaya.

SKATE BMX SURABAYA

Arena BMX dan Skate Board adalah salah satu fasilitas rekreasi dan olah raga yang berlokasi di area Monumen Kapal Selam disamping parkir timur Plaza Surabaya Jl. Pemuda tepi sungai Kalimas. Arena BMX dan Skate Board merupakan area publik baru bagi warga kota Surabaya terutama anak-anak dan generasi muda yang diresmikan oleh Walikota Surabaya Bambang DH pada Kamis, 31 Desember 2009. Di area ini warga Surabaya bisa menyalurkan hobi bermain BMX dan skate board secara gratis, tidak dipungut biaya apapun. Dengan demikian anak-anak dan generasi muda tidak perlu lagi bermain dan berlatih extreme sport tersebut di jalanan yang sangat membahayakan keselamatan diri mereka sendiri. Public Space yang langka di kota Surabaya ini dibangun dengan biaya sebesar Rp 2 milyar hasil kerjasama Pemkot Surabaya dan PT. Telkom. Fasilitas olah raga ini didisain khusus dan berstandar internasional. Juga, area ini dilengkapi dengan monumen Sura dan Buaya yang menyemburkan air mancur. Di area ini masyarakat atau pengunjung dari luar kota bisa berfoto dengan latar belakang monumen Suro Boyo yang unik dan khas sebagai kenang-kenangan. Fasilitas olah raga ini juga diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet handal yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Foto-1-Taman-Bungkul-Surabaya

TAMAN BUNGKUL

Seperti hal nya taman pelangi yang juga sama-sama berada di surabaya, taman bungkul ini juga sama dengan taman-taman lainnya yg berfungsi sebagai tempat hiburan ato refreshing, pun juga sebai tempat kencan muda-mudi…

bedanya dengan taman pelangi, di sini kita juga akan menjumpai banyak sekali penjual-penjual yang beraneka ragam, mulai dari penjual kopi, rokok, minuman sampai orang yang membuka lapak yang menawarkan jasa tatto-mentatto..
bahkan ada juga tukang sulap yang saya jumpai di sini..

untuk yang doyan makan pada saat walking-walking jangan khawatir, di taman bungkul ato biasa di singkat tambun ini banyak sekali di jumpai rumah2 makan yang tentunya juga dengan beraneka ragam jenis makanan..

oya di sini kita juga bisa melihat anak2 muda pada bermain style sepeda dan skate, cukup menghibur sekedar buat melihat-lihat aksi para rider2 style sepeda dan skater2 berbakat ini.he…

Untuk yang hobby browsing-browsing di dunia maya. di tempat ini juga di sediain wifi gratis, jadi mas bro-mas bro sekalian bisa nongkrong-nongkrong sambil internetan gratis. supaya gag ketinggalan informasi, ato sekedar buat update status di fb, twitter ato instagram yg lagi ngetren sekarang di dunia maya…

Satu lagi, di sini sebenarnya juga ada makam sunan bungkul yang sesering sekali di kunjungi parah peziarah, tentunya selain sunan ampel sebagai sunan yang paling kita kenal di kalangan kota surabaya…

Sekadar informasi khusus untuk malam minggu tempat ini sangat rame sekali, ato bahasa kerennya ruame puol rek…

Truz kadang juga ada konser di sini meskipun gag setiap hari tapi setidak nya cukup menghibur lah buat para pengunjung-pengunjung tambun…

TAMAN REMAJA SURABAYA (TRS/THR)

Taman Remaja Surabaya (TRS) adalah salah satu dari sekian banyak tempat rekreasi di wilayah Surabaya. Nama TRS mungkin sudah tidak asing lagi didengar di kalangan remaja, anak-anak maupun orang tua. Selain banyak permainan di sana, lokasi yang terletak di dalam kota inilah mungkin yang dijadikan pilihan kenapa TRS banyak dikunjungi orang. Apalagi tarif masuk yang dipatok di sana relatif murah dan bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat menengah kebawah. Sehingga tempat rekreasi yang dikelola oleh pemkot Surabaya ini banyak dijadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga.

Dengan usianya yang lebih dari 30 tahun, Taman Remaja Surabaya semakin profesional dalam menangani kinerja dari setiap fasilitas dan arena permainan yang tersedia. Hal ini demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung yang ingin menikmati hiburan dan rekreasi di Taman Remaja Surabaya. Setiap liburan semester TRS mengadakan even-even khusus untuk anak-anak sekolah. Banyak permainan anak di sana, seperti mobil mini yang berjalan berputar, kereta api mini yang berjalan mengelilingi area TRS, bom-bom car, dan lain-lain.

Di area yang cukup luas tersebut Taman Remaja Surabaya menyediakan beberapa fasilitas yaitu :

Berbagai macam permainan anak-anak dan dewasa atraksi mesin permainan/Fun Fair (Bom-Bom Car, Ghost House, Shooting Galery, Merry Go Round, Twin Dragon, Twist Aldin, Mini Train dan Ball Pool).

2 Panggung hiburan (Panggung Utama dan Panggung Garuda) dimana anda dapat menikmati pagelaran musik bersama artis lokal dan Jakarta dalam berbagai aliran musik pop, hop pop, R & B, dangdut, rock dan sebagainya. Dan ada yang menarik di panggung hiburan ini, yaitu adanya ajang ujuk kebolehan para waria dalam bersolek, bernyanyi dan berlenggak-lenggok dalam acara waria show.

Tersedia cafe dan restaurant (Melody Cafetaria, Rainbow Cafetaria, Remaja Ice Cream) dimana disajikan aneka menu makanan baik Indonesian Food, Chinese dan Western Food. Serta tersedia pula aneka minuman soft drink, ice cream, fruit juice. Dengan letak cafe dan restaurant yang tersebar secara merata sehingga memberi kemudahan bagi yang beristirahat dan menikmati sajian makanan dan minuman.

Tersedia pula fasilitas umum gerai fotografi, cinderamata, musholla, ruang bantuan medis, telepon umum, area parkir, toilet dan kantor informasi. Taman Remaja Surabaya memberikan sesuatu yang sangat menarik, murah, meriah dan memuaskan bagi para pengunjungnya. Tempat ini bisa menjadi solusi tempat liburan Anda bersama si buah hati. Bisa dijangkau dengan alat transportasi, Anda bisa menggunakan jasa car rental Surabaya jika tidak menggunakan kendaraan sendiri atau kendaraan umum. Karena banyak tersedia sekarang car rental Surabaya mengingat kebutuhan masyarakat juga tinggi untuk alat transportasi.

Jam Buka : Senin-Jum’at, Pukul : 15.00-22.00 Sabtu-Minggu dan Hari Besar : 09.00-22.00 Alamat : Jl. Kusuma Bangsa 112-114 Surabaya Telepon : 031-5322748/5344486

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Pond dan Segala Magisnya Siap Menyihir Jakarta

Jakarta Culinary Feastival Bergulir Mulai Kamis Ini

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon