Kamu adalah muslim yang sedang melancong ke Pulau Bali? Rasa khawatir akan ketersediaan makanan halal pasti ada. Atau takut kalau makanan yang dimakan mengandung bahan-bahan yang dilarang dalam Islam. Wajar karena Bali adalah destinasi wisata para bule yang ngga peduli sama halal-haram.
Sekarang, kamu tidak perlu bingung mencari tempat makan yang menyajikan makanan halal. Ada cukup banyak restoran, warung, maupun kaki lima yang menyediakan makanan halal.

Di sini akan kita sajikan daftar lokasi yang menyajikan makanan halal di Bali. Kalau dirasa masih kurang lengkap, kamu bisa tanya warga sekitar yang jual makan-makanan halal.

Kedai Ceret Denpasar
Tempat makan ini adalah kafe yang menyajikan makanan ala angkringan. Letaknya di Jalan Tukad Yeh Aya, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Buka pukul 11.00 – 01.00.

Warung Mak Beng Sanur
Masakan khas di Warung Mak Beng yaitu seafood, mulai dari ikan goreng hingga sup ikan. Warung ini terkenal dengan sambal pedasnya. Lokasinya berada di Jl. Hang Tuah No. 45 Sanur.

Warung Nasi Ayam Ibu Oki
Terletak ada di Jalan Uluwatu Jimbaran, Kuta Selatan, Bali (dekat Jenggala Keramik). Nasi ayam ibu oki merupakan nasi campur ayam yang terdiri dari Ayam bumbu Khas bu Oki, ayam sisit, kacang goreng, sate lilit, sambal mata, sayur urap dan pingang telur.

Nasi Goreng 1001 Malam, Denpasar
Warung yang satu ini berbentuk warung kaki lima. Bukan hanya nasi goreng, warung ini juga mennyedakan mie goreng serta lalapan dengan harga terjangkau dan enak rasaya. Letaknya ada di jalan raya Sesetan dekat lapangan Pegog, Denpasar Selatan.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Nasi ayam kedewatan adalah sejenis nasi campur namun bercita rasa khas rempah bali yang enak. Isinya nasi putih, sayur urap kacang panjang kelapa, ayam suwir bumbu sambal, ayam goreng, ayam kampung bumbu pedas, kulit goreng, sate lilit, dan pepes/tum ayam. Lokasi aslinya ada di jalan Jalan Raya Kedewatan No.18, Ubud, Bali. Namun ada juga di jalan tukad badung Renon Denpasar Selatan.

Kober Mie Setan Denpasar
Menu makanan di restoran ini adalah mie yang sangat pedas. Itulah mengapa disebut dengan mie setan, cocok bagi penyuka makanan pedas. Lokasinya di jalan Bedugul, samping universitas pendidikan nasional (Undiknas) Denpasar Selatan.

Bakmi Jowo Candra
Seperti bakmi Jowo yang ada di Jawa, bakmi di warung ini juga dimasak dengan menggunakan arang. Masakan yang disajikan di warung ini diantaranya ada Bakmi Goreng, Nasi Goreng,dan Sego Ruwet. Lokasinya ada di jalan Dipenegoro, pertokoan genteng biru depan apotek kimia Farma Denpasar.

Spesial Sambal Mister Lele
Restoran ini spesial karena menawarkan sambal masak yang super variatif hingga mencapai 31 macam sambal. Lokasinya ada di By Pass Ngurah Rai Jimbaran 24 dan jalan Kampus UNUD jimbaram dekat GWK ( garuda wisnu kencana ).

Tahu Tek Cak Poer
Warung Tahu Tek Cak Poer adalah warung kaki lima yang sederhana. Lokasinya ada jalan di penegoro di parkiran komplek ruko Tragia, depan mall Ramayana Denpasar.

Rumah Makan Sunda dan Jawa
Terdapat banyak restoran besar di Bali yang menyajikan masakan Sunda dan Jawa yang halal. Ada Mentari Restoran di Bedugul, Batu Indah Restaurant dan Suling Bali Restorant di Kintamani. Juga ada Ayam Bakar Taliwang, lokasinya di Jalan Teuku Umar, Denpasar. Kemudian Tulang Lunak Hayam Wuruk di jalan Hayam Wuruk, Denpasar. Ada juga restoran Cianjur yang bertempat di Renon Denpasar.

Jika kamu backpackeran di daerah pantai Kuta ada 4 restoran halal di sana yaitu Warung plengkung di jalan raya Kuta, Pawon Pasundan di jalan Kediri Kuta, Warung Bandung di jalan Sunset Road Kuta, dan Rumah makan Madania di jalan By Pass Ngurah Rai Kuta.

Warung Wardani
Warung Wardani yang menyediakan hidangan khas Bali ini telah cukup lama dibuka di jantung kota Denpasar. Alamat warung Wardani Kuta di Jl. Yudistira No. 2 Benoa Kuta Selatan Badung Bali, 80361 sekitar 1 jam perjalanan dari bandara Ngurah Rai.

Natrabu Padang
Tidak seperti tahun 90an, sekarang banyak rumah makan padang di berbagai tempat di Bali. Jika sedang dalam kondisi darurat, cari saja masakan padang, apapun nama tokonya karena semua masakannya halal. Salah satu restoran padang yang populer ada Natrabu Padang di Jalan By Pass Ngurah Rai Sanur.

Warung Muslim
Saat di Bali, kamu juga bisa menemui warung -warung nasi yang jelas – jelas memajang kata muslim di spanduknya. Nah, jika kamu melihat spanduk itu berarti makanan di sana halal. Rata – rata warung muslim itu menjajakan masakan Jawa Timur atau Jawa Tengah.

Gekko the Ocean Cafe
Rata-rata rumah makan seafood di bali sudah halal seperti Gekko the Ocean Cafe yang ada di Jimbaran. Namun sebaiknya jadikan kunjungan ke rumah makan seafood sebagai prioritas terakhir saja.

Warung Bu Umi
Warung Bu Umi yang halal ini buka 24 jam dan menawarkan free WiFi. Lokasinya ada di Kuta Central Park, Istana Kuta Galeria.

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Pond dan Segala Magisnya Siap Menyihir Jakarta

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon