Film bisu klasik berjudul Metropolis dan kelompok musik dari Orkes Film Jerman Babelsberg memukau pengunjung pembukaan parade budaya Jerman bertajuk “Jerman Fest” di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu malam.

Salah seorang pengunjung Luthfie Abdurrahman mengatakan sajian pembukaan Jerman Fest menampilkan film klasik Metropolis dan diiringi dengan Orkestra Film Babelsberg adalah sebuah alternatif hiburan.

“Penayangan Metropolis dan Orkes Babelsberg ini adalah sebuah alternatif hiburan karena selama ini jika membutuhkan hiburan kebudayaan kita hanya mengunjungi bioskop konvensional atau galeri seni, jadi ini seperti mengisi kekosongan untuk hiburan,” kata Luthfie yang juga merupakan Asisten Program Kebudayaan di Kedutaan Besar Amerika.

Terkait dengan pertunjukan orkestranya, Luthfie mengatakan dengan adanya kelompok musik tersebut menciptakan tiap adegan dalam film bisu tersebut menjadi hidup.

“Bagus sekali ini, dengan adanya orkestra tersebut film bersejarah ini menjadi hidup di tiap scene-nya,” ujar dia.

Sementara itu, pengunjung lainnya, Eko (30) yang ditemui di lokasi yang sama juga mengungkapkan hal yang senada, menurut dia film ini sangat luar biasa untuk ukuran film klasik.

“Ini film yang hebat menurut saya karena dari periode 20-an sudah bisa membuat yang seperti ini dengan efek-efek kilatan listrik tadi,” katanya.

Eko juga mengungkapkan kekagumannya pada kelompok musik Orkes Film Babelsberg yang berasal dari Jerman, terutama pada konduktornya Matt Dunkley yang memang sarat akan prestasi, seperti pernah membuat skoring musik untuk film Black Swan, The Dark Knight dan Inception.

“Orkestranya sangat memukau apalagi konduktornya yang saya dengar ketika CV-nya dibacakan sarat akan prestasi ini tontonan yang sangat bermutu,” ujarnya.

Pengunjung yang hadir sesekali tertawa oleh adegan yang dimainkan oleh para pemeran dalam film Metropolis tersebut. Ketika film telah berakhir, sebagian besar pengunjung berdiri sambil memberikan tepuk tangan yang membuat seisi Teater Besar Taman Ismail Marzuki bergemuruh di malam tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, Metropolis adalah film bisu ekspresionis Jerman yang dibuat dengan proses pembuatan sekitar satu tahun yaitu antara 1925 hingga 1926 dengan sutradara Fritz Lang dengan biaya pembuatan yang tertinggi di masanya.

Film yang berlatar kota masa depan dan dengan tingkat sosial yang terbagi ini adalah film fiksi ilmiah pertama dan dianggap salah satu karya terpenting dalam sejarah perfilman.

Sedangkan, Orkes Film Jerman ‘Babelsberg’ dikenal karena konser film yang biasa mereka suguhkan, mampu menghidupkan film dan musik skor bagi penonton.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara, gelaran Jerman Fest tersebut akan dilangsungkan di tujuh kota besar Indonesia, yaitu, Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Denpasar dan Medan serta kota lainnya yaitu Bogor dan Tangerang.

Semua Yang Perlu Diketahui Tentang Djakarta Warehouse Project 2017

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon