Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang dijuluki surganya kuliner. Gimana gak? Di kota ini, kamu bisa menemukan aneka makanan khas yang punya cita rasa otentik dan dijamin lezat. Gak cuma di restoran mahal, jajanan kaki lima di Bandung pun tak kalah menggoda untuk dicoba kok.

Nah, supaya kamu gak bingung mau makan apa kalau lagi di Bandung, HOI bikin artikel ini sebagai panduan buat kamu yang ingin menjelajah kuliner di sana. Jangan tanya soal rasa deh, karena 17 makanan khas berikut ini dijamin bikin kamu bilang “ngeunah pisan!”.

1. Awali jelajah kulinermu dengan menyantap Surabi Bandung sebagai makanan pembuka.
Surabi ini boleh dibilang pancake ala Jawa Barat lho! Terbuat dari adonan tepung beras, Surabi dibuat dengan cara dibakar di atas tungku kayu. Setelah matang, Surabi biasanya disajikan dengan kuah gula merah. Namun seiring perkembangannya, Surabi kini sudah dibuat dengan berbagai pilihan topping. Mulai dari keju, cokelat, sosis, telur, hingga oncom pun ada. Meski sudah dimodifikasi sedemikian rupa, cita rasa Surabi yang khas tetap dipertahankan kok.

2. Jika cuaca sedang panas, minumnya Yoghurt Cisangkuy saja.
Kamu memang bisa menemukan produk fermentasi ini dimana saja. Tapi jika kamu ingin mencicipi yoghurt dengan rasa yang berbeda, yoghurt yang ada di Jalan Cisangkuy, Bandung, ini nih jawabannya. Berbeda dari yoghurt yang lain, Yoghurt Cisangkuy memang dikenal punya cita rasa yang tidak terlalu asam. Selain itu, yoghurt di sini biasanya disajikan dengan potongan buah yang membuatnya makin segar disantap.

3. Pengen menjajal makanan yang menggugah selera? Seblak Basah yang super pedas ini juaranya!
Jajanan yang satu ini memang sedang populer. Tidak hanya di Kota Bandung saja, kamu pun sebenarnya bisa menemukan Seblak di kota-kota lain. Sayangnya, rasa otentik dari penganan ini seringkali tidak bisa kamu temukan jika membeli Seblak di tempat lain. Itulah kenapa mencicipi Seblak asli Bandung adalah kesempatan yang tak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa memilih aneka ragam Seblak. Mulai dari yang kering, yang basah, atau Seblak ceker dan tahu misalnya.

4. Saat berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi legit dan lezatnya Sate Maranggi.
Makanan ini sebenarnya berasal dari Purwakarta. Tapi saking populernya, kamu juga bisa menemukan banyak penjaja Sate Maranggi di Kota Bandung. Sate Maranggi umumnya terbuat dari daging sapi. Yang membedakan sate ini dari sate-sate lainnya adalah proses perendaman daging menggunakan bumbu-bumbu rempah yang cukup lama. Tak heran jika rasa bumbu dari sate ini begitu meresap dan terasa lezat saat disantap.

7. Suasana kota Bandung yang dingin bakal makin nikmat kalau kamu menyantap semangkuk Cuanki hangat.
Salah satu yang membuat Kota Bandung nyaman ditinggali adalah hawanya yang dingin. Nah, saat menikmati hawa dingin inilah kamu bisa sambil menyantap semangkuk Cuanki hangat. Cuanki merupakan kepanjangan dari Cari UANg dengan jalan kaKI (dipanggul, pedagangnya jalan kaki berkeliling).
Makanan khas dari Bandung  ini terdiri dari campuran bakso, tahu goreng, tahu putih, siomay, dan batagor dalam satu mangkok. Salah satu yang paling dikenal adalah Cuanki Serayu yang konon sudah berjualan sejak tahun 1990.

 

Source : Hipwee

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon