Berpergian adalah hal yang amat menyenangkan, apa lagi bila berpergian ketempat yang belum pernah di kunjungi sebelumnya, karena disana akan ada suatu hal baru dan unik untuk dilihat. Tetapi semua itu akan menjadi berantakan bila ada kesalahan, apalagi kesalahan itu terjadi mulai dari jam keberangkatan pesawat, hingga terlalu bersemangat untuk traveling.
Berikut ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh para traveler pemula saat akan berpergian:
1. Pelupa

Sifat satu ini memang menyebalkan, apalagi buat first time traveler. Sudah banyak kejadian traveler pemula yang lupa jam keberangkatan sehingga ditinggal pesawat. Ada juga yang lupa mengambil jaminan saat sedang menyewa kendaraan misalnya, atau saat menginap di hostel. Tahu-tahu, KTP atau uangnya ketinggalan.

Lupa bisa diatasi dengan cara memasang reminder di smartphone, atau bisa juga membuat catatan-catatan kecil yang bisa kita baca kembali. Minta juga kepada orang terdekat untuk mengingatkan Anda apabila ada sesuatu yang penting, karena lupa bisa fatal akibatnya

2. Menggangap sepele urusan penginapan

Seringkali first time traveler juga menyepelekan masalah penginapan. Padahal, penginapan adalah elemen penting saat traveling. Begitu sampai di tempat tujuan, belum tentu penginapan langsung tersedia. Kalau penginapan penuh, repot juga kan?

Solusinya tentu saja buatlah perencanaan yang matang sebelum pergi traveling. Pesan hotel sejak jauh-jauh hari sebelum hari-H liburan. Lebih baik menyiapkan sejak lama, daripada mesti menunggu-nunggu sampai dekat dengan hari keberangkatan. Sehingga saat tiba waktunya berangkat, kamu sudah bisa tenang.

3. Lengah terhadap aksi kriminal

Kesalahan selanjutnya yang kerap dilakukan adalah kurang berhati-hat dalam segala hal. Selalu pasang sikap waspada, dan jangan pernah membiarkan diri kamu terlena dengan suasana.

Saat sedang sendirian, jangan bengong karena itu bisa menjadikan kamu sasaran empuk buat pera penjahat dan juga pencopet. Saat membawa handphone juga jangan dipamerkan di tempat umum, karena rawan mengundang kejahatan. Berhati-hati adalah kunci utama untuk traveler pemula

4. Terlalu banyak membawa barang

Packing pakaian juga bisa jadi masalah tersendiri bagi traveler pemula. Ada kalanya baju yang dibawa, melebihi lamanya waktu liburan. Traveling 3 hari, tetapi semua baju di lemari dimasukkan ke dalam koper. Yang ada, kamu jadi menyiksa diri sendiri karena kopermu pasti akan tambah berat.

Sesuaikan baju yang dipacking di dalam koper dengan lamanya waktu traveling. Alokasikan juga pakaian yang pas dengan acara yang akan kamu ikuti saat liburan. Misalnya liburan 3 hari, bawalah 3 pasang pakaian santai dan 1 pasang formal. Tinggal pintar-pintarnya saja kita mengatur.

5. Kalap belanja

Kesalahan berikutnya adalah lapar mata, mentang-mentang sedang bepergian semua hal yang tidak pernah kita lihat sebelumnya dibeli. Padahal hal ini tentu saja membawa masalah lagi, yaitu boros alias uang kita jadi lebih cepat habis, serta koper yang beratnya bertambah karena kita lapar mata.

Terlalu banyak bawa oleh-oleh padahal belum tentu penting juga sering dilakukan traveler. Seharusnya disesuaikan dengan budget dan jumlah orang yang ingin kamu berikan oleh-oleh. Jangan sampai oleh-olehnya menjadi mubazir ya traveler!

6. Percaya dengan orang asing

Semangat traveling untuk kali pertama memang perlu, namun jangan sampai berlebihan karena tidak baik juga. Terlalu senang, bisa membuat kamu terlena sehingga mudah percaya terhadap orang yang baru ketemu saat traveling. Padahal, sudah banyak kasus kejahatan yang modusnya seperti itu.

Kuncinya adalah hati-hati, selalu waspada, serta jangan mudah percaya terhadap orang, apalagi yang baru ketemu. Jangan sampai karena terlalu baik, kita malah menjadi korban kejahatan yang membuat liburan menjadi merana. Waspada ya, Hangouters!

2

source : Detik.com

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon