Hangouters kalian pasti tau dong Ibu kota provinsi Jawa Timur? Yap Surabaya, ternyata selain menjadi pusat pemerintahan provinsi Jawa Timur disini juga menjadi pusat kuliner khas Jawa timur loh Hangouters. Mau tau apa saja kuliner khas Jawa Timur? Ini nih 6 destinasi kuliner yang dibilang “ciamik soro” sama arek-arek Suroboyo!

1. Kamu yang pengen menjajal kuliner khas Suroboyo, wajib banget mencicipi lezatnya Sate Klopo.

111

Seperti sate-sate lainnya, sate klopo pun terbuat dari daging dan bukannya kelapa yang dibikin sate lho. Bedanya, Sate Klopo juga mencampurkan jeroan dan lemak sapi. Selain itu, sate ini akan dilumuri parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar.

Kamu bisa menemukan banyak penjaja Sate Klopo di Surabaya, tapi salah satu yang paling terkenal adalah warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang terletak di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya. Untuk mencicipi sate ini kamu perlu sedikit bersabar. Pasalnya meski terlihat sederhana, warung sate klopo yang satu ini tak pernah sepi pelanggan.

2. Nasi Goreng Jancuk gak boleh dilewatkan. Rasa pedas dan porsinya yang super besar pasti bakal bikin kamu ketagihan.

112Saat berkunjung ke Surabaya, Nasi Goreng Jancuk adalah salah satu yang gak boleh kamu lewatkan. Nasi goreng ini terkenal karena porsinya yang luar biasa banyak dan rasa pedasnya yang maksimal. Kuliner ini cocok bagi banget buat kamu yang memang doyan makanan pedas.Satu porsi nasi goreng ini bisa dinikmati untuk 4 sampai 5 orang dengan harga sekitar 100-an saja.

3. Nikmati juga segar dan gurihnya Soto Lamongan Cak Har yang konon paling terkenal di Surabaya.

113Meski bukan makanan asli Surabaya, Soto Lamongan terbilang popule di Surabaya. Berbeda dengan soto-soto di Jawa Tengah yang biasanya berkuah bening, Soto Lamongan ini justru dimasak dengan santan sehingga rasanya lebih gurih dan kental. Salah satu yang paling terkenal adalah Soto Lamongan Cak Har yang ada di Jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

4. Semur daging berpadu dengan serundeng dan sambal terasi dapat kamu nikmati dalam seporsi Nasi Krawu ini!

114

Sayang banget kalau kamu datang ke Surabaya tanpa sempat menjajal penganan bernama Nasi Krawu ini. Berasal dari Gresik, Nasi Krawu merupakan perpaduan antara nasi putih yang pulen dengan semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi.

Nasi Krawu pas bila disantap saat sarapan. Nasi putih yang hangat berpadu dengan aneka lauk berbumbu gurih tentu akan memuaskan lidah dan perutmu. Jangan ragu untuk berkeliling kota Surabaya dan berburu kuliner yang satu ini, ya!

 

5. Berkunjung ke Surabaya gak lengkap rasanya tanpa mencicipi Rujak Cingur yang bahkan sudah terkenal di seantero Indonesia.

115

Ingat Surabaya pasti ingat kuliner unik Rujak Cingur. Yup! Rujak Cingur memang terbilang kuliner yang unik karena isiannya terdiri dari aneka sayur, buah-buahan, dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis. Keunikannya karena kuliner khas Surabaya ini juga menggunakan cingur alias hidung kerbau sebagai bahan utama. Nah kamu berani coba gak?

 

6. Pengen menyantap kepiting saat di Surabaya? Langsung meluncur ke Warung Kepiting Cak Gundul saja!

10Nama warung kepiting yang satu ini memang sudah tersohor. Pasalnya, Warung Kepiting Cak Gundul sudah ada di Surabaya sejak tahun 1992 dengan salah satu menu andalannya yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Berlokasi di Jalan Kupang Indah, kamu juga bisa menyantap aneka makanan laut seperti kerang, ikan, udang dan cumi di warung ini.

Nah gimana Hangouters tertarik untuk berkunjung ke Surabaya? Selamat mencoba Hangoutres.

source: hipwee.com

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon