Keindahan laut Indonesia menjadi salah satu alasan bagi turis asing datang untuk mencoba wisata menyelam atau diving. Laut Indonesia memiliki biota laut dan terumbu karang yang sangat beragam.

Mempersiapkan diri dalam kondisi fisik yang baik, harus fokus dan mengerti peraturan diving adalah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum turun ke laut. Menikmati keindahan laut dengan aman adalah yang harus diutamakan.

Berikut ini adalah beberapa spot diving yang terkenal di Indonesia:

Raja Ampat

Raja Ampat yang berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, merupakan rumah bagi 75 persen spesies karang yang ada di seluruh dunia. Penyelam akan melihat beragam moluska dan lebih dari seribu spesies ikan. Selain itu, ada spesies lain seperti pari manta raksasa, kuda laut kerdil, penyu belimbing, dan masih banyak lagi.

1702475selammm780x390

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken terletak di Manado, Sulawesi Utara. Taman ini terletak di segitiga terumbu karang yaitu ekosistem laut yang paling beragam di dunia, ada spesies karang, ikan dan hutan mangrove terbesar. Hal itu membuat Bunaken sangat kaya akan spesies terumbu karang, moluska, ikan, reptil dan mamalia laut. Sekitar 390 spesies terumbu karang dan sekitar 90 spesies ikan ada di taman laut ini.

1530038wisata-kelimutu780x390

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Merupakan gugusan kepulauan membentuk kesatuan, terdiri dari 5 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan sekitar 175 pulau kecil lainya. Salah satu spot favorit penyelam adalah di sekitar Pulau Padar karena dapat melihat kehidupan laut begitu beragam seperti makarel, kura-kura, hiu, ikan-ikan besar seperti Barramundi Cod, Parrotfish dan sebagainya.

154707017-upload780x390

Taman Laut Selat Pantar

Taman Laut Selat Pantar terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Terdapat 26 spot diving seperti Half Moon Bay, Cave Point, The Edge, Shark Close dan masih banyak lagi. Di Shark Close dapat bertemu kumpulan ikan hiu yang dapat didekati, sehingga aman kalau mau berenang bersama ikan hiu.

 

Source: kompas.com

 

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon