Mengulas kekayaan kuliner Indonesia memang seperti gak ada habisnya. Masing-masing kota di Tanah Air pastilah memiliki keunikan tersendiri dalam hal menu-menu makanannya. Yang pasti, kekayaan kuliner ini juga biasanya jadi daya tarik bagi para pelancong.

Nah, di artikel kali ini HangoutIndo mau mengulas tentang kuliner yang ada di Kota Semarang. Apa aja sih makanan-makanan lezat yang bisa kamucicipi saat berkunjung ke sana? Yuk, simak sama-sama!

1. Soto Bangkong

Soto_semarang_komplit-750x498

 

Buat kamu yang sudah bolak-balik berkunjung ke Semarang, mungkin sudah awam dengan kuliner yang satu ini. Yup! Soto Bangkong memang sudah bediri sejak tahun 1950-an sehingga terbilang salah satu kuliner terpopuler yang ada di Semarang. Semangkuk Soto Bangkong terdiri daribihun, irisan bawang, kuah, ayam suwir dan bawang goreng. Soal rasa udah gak perlu dipertanyakan lagi deh!

2. Mie Kopyok

14211147138_8a0da2899f_b

 

Satu lagi tempat wisata kuliner di Semarang yang wajib kamu kunjungi. Mie Kopyok Pak Dhuwur yang terletak di Jalan Tanjung No. 18, Semarang. Kuliner ini terdiri daribeberapa bahan seperti mie, lontong, tahu, tauge dan kuah dengancita rasanya yang khas.

Mie Kopyok juga paling nikmat disantap di siang hari saatcuaca sedang panas-panasnya. Tambahkan kerupuk dan sambal kacang supaya momen makan mie jadi makin seru dan tak terlupakan, ya!

3. Tahu gimbal

20140402-015112-750x527

 

Buat kamu yang melancong ke Semarang, gak perlu bingung memilih penganan tradisional-nya. Salah satu yang wajib banget disantap saat berkunjung ke sana adalah tahu gimbal. Kuliner ini terdiri dari tahu yang di goreng garing, irisan kol, bakwan udang, dan lontong yang di atasnya disiram bumbu kacang.

Mudah saja menemukan pedagang tahu gimbal di Semarang, namun salah satu yang jadi rekomendasi adalah Warung Mas Aris yang ada di kawasanCitarum, sekitar 100 meter dari Jembatan Citarum. Meski warungnya sederhana, tahu gimbal di sini terkenal juara soal rasanya.

4. Nasi Gandul

ed146-nasigandulbuendang-750x566

 

Sebenarnya, kuliner yang satu ini asalnya dari daerah Pati. Namun, orang-orang Semarang ternyata juga menggemari kuliner ini. Nasi yang disajikan dengan kuah santan kecap bertabur potongan daging sapi, jeroan empuk serta telur ini dijamin bakal bikin kamu ketagihan. Jika ingin berburu kuliner ini saat malam hari, langsung saja menuju Warung Nasi GandulPak Subur yang terletak di Jl. KH Ahmad Dahlan, tepat di seberang rumah sakit Tegal Rejo.

5. Babat Gongso

Babat-Gongso-Semarang-750x501

 

Buat para penggemar jeroan, salah satu menu yang gak boleh dilewatkan adalah babat gongso. Konon, warung yang paling pertama menyediakan menu ini adalah Warung Babat Gongso Pak Karmin.Warung Pak Karmin ini aksesnya cukup mudah karena masih terletak di tengah kota Semarang, tepatnya di sekitaran Kantor Pos Besar Semarang. Yang pasti, bakal menyesal deh jika berkunjung ke Semarang namun melewatkan kesempatan mencicipi kuliner ini.

6. Lumpia, tahu pong, wingko babad, dan bandeng presto

Loenpia_Gang_Lombok_Semarang-750x563

 

Liburanmu gak akan terasa lengkap deh jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Padahal, Kota Semarang terkenal dengan berbagai penganan tradisional yangcocok banget dijadikan oleh-oleh. Lumpia, panganan yang isinya rebung muda dan disajikan dengan saus tauco adalah salah satunya. Ada pula Gajah Mada yang sudah terkenal lezat dengancocolan petis udang, serta acar dancabai hijau.

Buat kamu penyuka makanan manis, bisa juga memilih wingko babad yang terbuat dari beras ketan dan kelapa bakar. Atau kalau kamu doyan dengan ikan bandeng, bisa juga membeli bandeng presto khas Semarang yang dijamin lezat jika digoreng dan disajikan dengan sambal.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut