“The Nutcracker” tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan penari dan penggemar ballet.  Pertunjukan ballet klasik yang terdiri dari 2 babak dengan koreografi dan music yang sangat menghanyutkan ini bercerita tentang seorang gadis yang mendapat hadiah Natal sebuah boneka Nutcracker serta perjalanan mereka..  Pertunjukan “The Nutcracker” dengan koreografi asli yang dibuat oleh Marius Petipa dan Lev Ivanov diiringi music karya Pyotr Illych Tchaikovsky selalu ditunggu-tunggu dan sudah menjadi seperti “menu wajib” untuk ditampilkan semua sekolah ballet di dunia tanpa terkecuali ballet Sumber Cipta.

Sebagai salah satu sekolah ballet tertua di Indonesia, Ballet Sumber Cipta yang didirikan pada tahun 1976 oleh Farida Oetoyo sudah beberapa kali mementaskan The Nutcracker dalam repertoire ballet klasik.  Pementasan terakhir di tahun 2011 merupakan koreografi Farida Oetoyo sendiri.  Tahun ini Sumber Cipta menampilkan “The Nutcracker in Jazz” dalam repertoire ballet kontemporer modern dengan penata artistik Yudistira Sjuman, dimana musik The Nutcracker diaransemen dalam bentuk jazz dan dibawakan oleh live jazz orchestra mengiringi tarian.  Selain siswa dan pengajar Ballet Sumber Cipta, pertunjukan ini juga melibatkan pengajar, alumni dan siswa terpilih dari Sjuman School of Music pimpinan Aksan Sjuman sebagai tim aransemen musik.

The Nutcracker in Jazz merupakan produksi kedua Rumah Karya Sjuman di tahun ini setelah film “Nay” di bulan November.  Rumah Karya Sjuman sendiri merupakan sebuah perusahaan berbadan hukum yang bergerak di bidang seni yang didirikan oleh penerus dari Sjumandjaja yaitu Yudistira Sjuman mewakili tari yang juga pimpinan Ballet Sumber Cipta, Aksan Sjuman mewakili musik dan Djenar Maesa Ayu mewakili film.

Pertunjukan “The Nutcracker in Jazz” akan diadakan sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 19 Desember 2015 pukul 19:00 dan  20 Desember 2015 pukul 16:00 di Graha Bhakti Budaya – Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut