Film pendek Disney Pixar, LUXO JR., yang sukses bergema di Academy Awards (Dok. Disney)
Film pendek Disney Pixar, LUXO JR., yang sukses bergema di Academy Awards (Dok. Disney)

Untuk kamu generasi 1990-an yang menantikan film garapan Disney Pixar yang baru, Finding Dory, yang tayang serentak 16 Juni, kamu cukup beruntung. Karena film ketujuh belas produksi Disney Pixar ini sekaligus menandai perayaan 30 tahun karya mereka dalam dunia animasi.

Di usianya yang memasuki 30 tahun, ada beberapa fakta menarik Disney Pixar yang harus kamu tahu kalau kamu penggemar rumah produksi yang melahirkan film Toy Story dan Finding Nemo ini. Berikut fakta-faktanya:

  • Luxo Jr. adalah film animasi garapan Disney Pixar yang menjadi nominasi di Academy Award sebagai Film Pendek Animasi Terbaik. Film pendek juga menjadi film grafik komputer pertama yang menjadi nominasi di Academy Award.
  • Total sampai saat ini sudah ada 17 film animasi yang diproduksi Disney Pixar. 8 di antaranya sukses mendapatkan penghargaan kategori Best Animated Feature Film di ajang Academy Award (Finding Nemo, The Incredibles, Ratatouille, WALL-E, Up, Toy Story 3, Brave, dan Inside Out). Lalu ada dua film yang menjadi nominasi di Academy Award untuk kategori Best Picture, yaitu Up dan Toy Story 3.
Toy Story adalah salah satu film tersukses Disney Pixar, yang sudah menjadi pop culture (Dok. Disney)
Toy Story adalah salah satu film tersukses Disney Pixar, yang sudah menjadi pop culture (Dok. Disney)
  • Tim animator Disney Pixar selalu melakukan penelitian setiap kali memproduksi film. Saat membuat film Cars, tim animator Disney Pixar melakukan penelitian dengan berkeliling di Amerika melalui Route 66. Film lainnya yang juga melalui proses penelitian dengan melakukan perjalanan adalah Ratatouille, di mana tim animator berkunjung ke Paris, Prancis dan mencicipi makanan di restoran terkenal di Negeri Fashion tersebut.
  • Kalau kamu sering melihat angka yang familiar di setiap film Disney Pixar, yaitu A113, sebenarnya itu merupakan kelas di California Institute of Arts, yang tidak lain adalah kelas Chief Creative Officer Disney Pixar, John Lasseter.

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut