Ilustrasi foto konser dengan smartphone
Merasa terganggu nggak sih dengan kebiasaan ini?

Ada kabar yang mungkin kurang menyenangkan for some iPhone users. Pasalnya Apple akan mencegah iPhone memotret dan merekam konser.

Belum lama ini seperti dikabarkan 9to5Mac.com, Rabu (29/6), Apple diberikan paten untuk mencegah iPhone untuk memotret dan merekam konser music ataupun festival. Hal ini didasari karena habit banyaknya penonton konser atau festival yang selalu memotret dan merekam para artis yang tampil menggunakan smartphone mereka.

They’d rather watch the concert and festival through their phone screen, dan kamu pasti merasa terganggu dengan orang-orang seperti ini yang pastinya menghalangi kamu melihat para artis yang tampil di konser yang kamu datangi.

Apple know that feel bro… Namun paten tersebut baru didapatkan tahun ini, sejak Apple meminta paten untuk mencegah iPhone memotret dan merekam gambar di konser pada tahun 2011.

Paten ini menjelaskan setiap kamera iPhone akan diblok dalam memotret dan merekam gambar dengan menggunakan sinyal inframerah. Jadi kamera iPhone kamu ketika menerima sinyal inframerah dan menerjemahkan data saat di konser, tidak akan bisa digunakan untuk memotret dan merekam gambar.

Cara kerja pemblokiran seperti yang dijelaskan Apple, kurang lebih begini contohnya, akan ada pemancar inframerah yang ditempatkan di area di mana pengambilan gambar (foto) atau video dilarang. Nantinya pemancar tersebut dapat menghasilkan sinyal inframerah dengan kode data yang termasuk perintah untuk menonaktifkan atau disable fungsi untuk merekam pada smartphone atau gadget lainnya. Smartphone kamu tidak akan bisa kamu gunakan untuk memotret dan merekam selama berada pada jangkauan sinyal inframerah tersebut.

Ilustrasi cara kerja inframerah memblokir fungsi kamera
Ilustrasi cara kerja inframerah memblokir fungsi kamera

Pemblokiran tidak hanya di tempat konser

Selain konser dan festival, pengguna iPhone juga harus bersabar. Karena pasalnya selain di bioskop, pemblokiran iPhone untuk memotret dan merekam gambar juga akan diberlakukan di beberapa lokasi atau tempat yang sensitif.

Namun, untuk di tempat-tempat seperti museum, paten Apple ini akan membuat kamera iPhone menjadi alat untuk menampilkan informasi tentang objek yang kamu potret atau rekam. Jadi kamu pemancar inframerah yang ditempatkan di dekat objek akan mengirimkan informasi seputar objek yang kamu foto.

Sampai saat ini belum ada kabar pasti kapan paten Apple ini akan benar-benar direalisasikan. Tapi untuk beberapa pengamat dan mungkin kamu, yang suka sekali datang ke konser, pasti akan senang kalau tidak ada smartphone yang mengganggu di depan kamu saat sedang menikmati konser.

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut