Endank Soekamti
Endank Soekamti dengan formasi lengkap bersama Ari (paling kanan)

Band pop punk asal Yogyakarta, Endank Soekamti baru saja ditinggal drummer mereka, Ari Hamzah yang membuat pengumuman mengejutkan di akun Path-nya Rabu (22/6) malam. Sontak personil lainnya Erix dan Dory pun langsung berusaha sekuat tenaga untuk dapat membuat rekan mereka kembali ke band yang sudah 16 tahun melanglang buana di industri musik Indonesia.

Tidak cuma Erix dan Dory, para Kamtis Family (sebutan fans Endank Soekamti) juga membuat campaign di Twitter dengan hashtag #SaveAriSoekamti pada Kamis (23/6), agar drummer kesayangan mereka ini tetap berada di balik drum band pelantun Sampai Jumpa.

Dalam keterangan persnya, Endank Soekamti menjabarkan beberapa hal:

Endank Soekamti tidak akan pernah menganggap Ari Soekamti keluar. Oleh karenanya kursi Ari Soekamti di Endank Soekamti tak terganti dan tak akan kami gantikan, demikian pula dengan set drum beliau yang akan tetap kami jaga.

Untuk sementara Endank Soekamti akan menggunakan additional player untuk drum. Sampai kapanpun Endank Soekamti akan selalu berusaha agar Ari Soekamti mau kembali. Kami semua di sini akan dengan senang hati dan suka cita akan memeluk beliau kembali.

Ini semua karena bagi kami, Endank Soekamti bukan sekadar band. Bagi seluruh personel dan kru baik yang di panggung maupun di belakang layar, Endank Soekamti adalah sebuah keluarga yang akan selalu berusaha sekeras mungkin untuk dapat maju, berkembang, dan melangkah bersama-sama. Mohon doa dan support dari semua pihak agar Mas Ari Soekamti dapat kembali ke Endank Soekamti, berkumpul bersama seperti sedia kala.”

Ari masih belum mau bercerita penyebab dia keluar dari Endank Soekamti
Ari masih belum mau bercerita penyebab dia keluar dari Endank Soekamti

Ari Soekamti masih belum mau bercerita

Setelah membuat keputusan tersebut, seperti dilansir hai-online.com, Ari ternyata masih belum mau terbuka soal keputusannya hengkang dari band pemilik album Soekamti Day ini.

“Halo mas, iya betul (keluar dari Endank Soekamti). Kalau untuk sekarang mohon maaf aku belum bisa cerita (penyebabnya) mas,” jawab Ari singkat kepada HAI.

Meski masih belum jelas kenapa Ari hengkang, Erix dalam videonya yang cukup mengharukan berusaha sekuat tenaga untuk tetap membuat Ari bertahan di band yang membasarkan namanya di Indonesia ini. Erix pun tampak berkaca-kaca dalam video tersebut saat menceritakan masa-masa awal membangun Endank Soekamti.

“Dari tahun 2001 kere bareng, jaga studio bareng, kamu (Ari) sampai kamu nggak kuliah lagi buat jaga studio. Ada masalah ataupun nggak ada masalah, ada Soekamti ataupun nggak ada Soekamti, kamu tetep adikku, Ri,” ujar Erix dalam videonya yang berharap drummer berkapala plontos ini kembali.

Semua Yang Perlu Diketahui Tentang Djakarta Warehouse Project 2017

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon