Roy Hodgson mundur sebagai pelatih tim nasional Inggris setelah kalah dari Islandia 1-2 di Euro 2016
Roy Hodgson mundur sebagai pelatih tim nasional Inggris setelah kalah dari Islandia 1-2 di Euro 2016

Setelah Inggris menyerah 1-2 atas Iceland di fase knockout 16 Besar Euro 2016, pelatih dan manager Inggris Roy Hodgson memutuskan untuk mundur dari posisinya tersebut.

Kalau kamu pendukung setia Inggris, tentu kamu kecewa dengan Hodgson yang telah 4 tahun melatih Inggris sejak Euro 2012, menggantikan pelatih asal Italia, Fabio Capello. Apalagi dilansir BBC.com, dari 11 pertandingan final turnamen mayor Hodgson yang mampu menang di 3 pertandingan.

Para fans tim nasional Inggris di jaga dunia maya tentu mensyukuri keputusan Hodgson mundur. Sebagian mengatakan rela Inggris kalah, tapi setidaknya tidak kalah dari Islandia yang negaranya hanya memiliki 330.000 penduduk dan merupakan tim dengan peringkat terendah di Euro 2016, yaitu menempati peringkat 34 di FIFA.

“Saya minta maaf harus berakhir seperti ini, tapi ini sudah terjadi. Saya harap Anda segera akan tetap melihat tim nasional Inggris di final turnamen mayor lainnya,” ujar pelatih 68 tahun ini.

Hodgson berharap pelatih baru tim nasional Inggris dapat memoles tim yang ada sekarang. Karena menurutnya talenta yang ada pada tim nasional Inggris di Euro 2016 merupakan yang terbaik sejauh ini.

Chairman FA, Greg Dyke mengatakan sebenarnya Inggris cukup baik di Prancis. Namun FA memiliki harapan setidaknya Inggris dapat mencapai perempat final. Kekalahan atas Islandia di Nice, Prancis Selasa (28/6), juga langsung membuat FA harus segera mencari manager baru untuk Inggris.

“Kami mendukung keputusan Roy Hodgson untuk mundur sebagai manager Inggris dan akan berdiskusi untuk apa yang akan kami lakukan selanjutnya,” terang FA.

Tim nasional Inggris harus menerima kekalahan dari Islandia di Euro 2016
Tim nasional Inggris harus menerima kekalahan dari Islandia di Euro 2016

Cuma hebat di kualifikasi

Kolumnis dan juga mantan pelatih Tottenham Hotspur, Jamie Redknapp, yang sempat digadang jadi pelatih Inggris saat Capello mundur, mengatakan bahwa Roy Hodgson sebenarnya memiliki catatan buruk bersama timnas Inggris. Menurutnya seperti dilansir DailyMail.co.uk, di bawah Hodgson, Inggris tidak bertaji dan permainannya membosankan.

Ada beberapa poin yang dirangkum sebagai gambaran bahwa apa yang dilakukan Hodgson untuk tim nasional Inggris dianggap buruk oleh Redknapp dan juga media-media lokal Inggris:

  • Win rate Inggris selama ditangani Hodgson pada Euro 2012, Piala Dunia 2014, dan Euro 2016 hanya sebesar 27.3%
  • Catatan 11 pertandingan di turnamen mayor: 3 kemenangan, 5 imbang, 3 kekalahan
  • Hodgson dan Inggris hanya mencapai win rate 80% di babak kualifikasi di semua turnamen mayor
  • 0, angka kemenangan di fase knockout di semua turnamen mayor
  • 83, angka attempted shots selama Euro 2016, tapi sedikit sekali yang berbuah gol. 36 percobaannya tidak mengarah ke gawang
  • Selama Euro 2012, Inggris hanya memiliki 11 shots on target
  • Dari total 56 pertandingan, Hodgson menang 33 kali.
  • Sejak kalah dari Islandia, peringkat dunia Inggris di FIFA menjadi 11. Turun satu peringkat dan kini posisi lamanya digantikan Austria

Semua Yang Perlu Diketahui Tentang Djakarta Warehouse Project 2017

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon