Ras Muhamad siap beraksi di panggung SNWMF, di California, AS (Dok. Ras Muhamad)
Ras Muhamad siap beraksi di panggung SNWMF, di California, AS (Dok. Ras Muhamad)

Bulan Ramadhan 2016 menjadi berkah tersendiri bagi Duta Reggae Indonesia, Ras Muhamad. Pasalnya pemilik album Declaration of Truths ini menjadi satu-satunya musisi dari Asia yang diundang tampil di festival reggae terbesar di Pantai Barat Amerika Serikat, Sierra Nevada World Music Festival.

Ras Muhamad terbang jauh dari Tanah Air ke gelaran akbar yang diselenggarakan 17-19 Juni lalu di Mendocino County Fairgrounds, Boonville, California. Sierra Nevada World Music Festival sendiri adalah festival internasional yang diadakan setiap tahunnya dan usianya sendiri sudah lebih dari 22 tahun.

Pelantun Salam ini tampil bersama dengan jajaran legenda reggae dunia, seperti Jimmy Cliff, Alpha Blondy, Toots & the Maytals, Lee “Scratch” Perry, dan juga jajaran musisi reggae yang tengah popular seperti Fortunate Youth, Sara Lugo, Kabaka Pyramid, Mellow Mood, dan lainnya.

Di SNWMF, Ras Muhamad membawakan 12 lagu orisinil yang dinyanyikan dalam campuran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang menjadi ciri khas Duta Reggae Indonesia sebagai bentuk sosialisasi kultur Indonesia kepada dunia. Ras Muhamad sendiri tampil di hari terakhir atau Minggu (19/6) lalu, di mana merupakan penghujung acara dan juga puncak keseruan festival tersebut.

Nama Ras Muhamad sejajar dengan beragam musisi reggae internasional
Nama Ras Muhamad sejajar dengan beragam musisi reggae internasional

Kehadiran Ras Muhamad tentu menarik perhatian pemerintah Indonesia. Melalui Konsulat Jendral RI di San Francisco, California, Amerika Serikat, Ardi Hermawan, pemerintah mengaku bangga dengan kehadiran seorang musisi Indonesia tampil di sebuah ajang festival tahunan yang besar di Negeri Paman Sam.

“Saya bangga dengan seorang putra bangsa yang bisa mengisi acara festival seperti SNWMF dan butuh sepenuhnya didukung oleh negara,” tutur Hermawan dalam keterangan persnya.

Di SNWMF ini, pria yang memiliki nama asli Muhamad Egar ini diiringi oleh musisi-musisi asal Amerika dan Jamaika. Kolaborasi ini merupakan caranya berhubungan dengan musisi-musisi luar negeri di kancang panggung internasional dan ini mirip seperti apa yang ia lakukan saat tinggal di Jamaika, serta touring di Costa Rica dan New York, AS.

Selain di SNWMF, tahun ini Ras Muhamad juga akan tampil di beberapa festival internasional lain, seperti di Ostroda (Polandia), Uprising (Bratislava), dan Sziget (Hungaria) pada Agustus mendatang.

Semoga semakin mengharumkan nama Indonesia, Ras Muhamad!

Semua Yang Perlu Diketahui Tentang Djakarta Warehouse Project 2017

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon