Netflix rencananya akan memiliki layanan offline (photo by thesource.com)
Netflix rencananya akan memiliki layanan offline (photo by thesource.com)

Ada kabar bahagia untuk kamu yang suka menghabiskan waktu menonton film dan serial TV di Netflix. Ya, akhir tahun ini rencananya Netflix bisa ditonton offline.

Jadi semua film dan serial TV yang kamu suka di Netflix akan bisa ditonton secara offline melalui smartphone dan juga tablet kamu. Kabar ini sendiri berhembus melalui juru bicara Netflix, Anne Marie Squeo kepada situs Phone Arena, seperti dilansir dari Kompas Tekno, Senin (27/6).

Anne Marie mengatakan bahwa saat ini Netflix tetap fokus memberikan pengalaman streaming yang memuaskan pelanggannya. Mereka juga akan menjajaki berbagai cara untuk memperbaiki layanan yang mereka miliki sekarang. Namun, menanggapi kabar Netflix bisa ditonton secara offline akhir tahun ini, Anne Marie tidak membenarkan maupun menyanggahnya.

“Kami belum bisa mengatakan apa-apa saat ini,” ujarnya.

Youtube dan Amazon Prime sudah lebih dulu

Bila rencana tersebut terwujud, Netflix bukan lah layanan video maupun streaming pertama yang akan menyediakan tayangan offline. Sebelumnya sudah ada Amazon Prime dan juga Youtube. Bahkan, sebagai situs layanan video terbesar di dunia ini, Youtube sudah memperkenalkannya sejak 2015.

Bisa dibilang salah satu alasan kenapa penyedia layanan streaming video, serial TV, maupun film (termasuk Netflix) memutuskan untuk memberikan layanan offline, karena pertimbangan perbedaan kualitas kecepatan internet yang ada berbeda-beda.

Di Amerika Serikat saja kecepatan internet bisa berbeda-beda di setiap negara bagian, bahkan kota. Apalagi kalau di Indonesia, di Jakarta saja tidak semua rumah atau tempat memiliki kecepatan internet yang optimal. Makanya sampai saat ini layanan offline bisa jadi andalan penyedia layanan streaming video, lantaran banyak orang yang tinggal di tempat yang kecepatan internetnya berbeda-beda tersebut lebih suka menonton secara offline.

Reed Hastings, selaku CEO Netflix telah mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya tidak keberatan dengan adanya kabar rencana penyediaan layanan offline ini. Dengan membuat konten video atau film tersebut di-download dulu dan dapat ditonton secara offline nantinya, Reed berharap pengguna di luar Amerika Serikat bisa lebih menikmati Netflix. Begitu pula dengan Netflix diharapkan bisa mengembangkan sayapnya tidak hanya di AS.

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut