The Big Start Indonesia digelar untuk para pengusaha kreatif lokal
The Big Start Indonesia digelar untuk para pengusaha kreatif lokal

Kabar bahagia untuk Anda yang tengah menggeluti wirausaha, kompetisi untuk para pengusaha kreatif lokal, The Big Start Indonesia akan segera digelar.

Web series kompetisi pertama yang diselenggarakan Blibli.com bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), yang fokus pada pencarian pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik ini akan digelar mulai September mendatang.

CEO Blibli.com, Kusumo Martanto, mengatakan bahwa kompetisi ini bukan untuk mendapatkan hadiah semata, yaitu modal usaha dengan nilai total Rp 1 milyar. Ia yakin bahwa kompetisi ini akan membuat pengusaha-pengusaha lokal terus berkembang dan terekspos.

“Kami ingin pengusaha lokal ini berkembang. Kami ingin mendorong mereka untuk terus berkembang melalui web series ini. Dengan para partner, kami ingin member nilai tambahan kepada usaha mereka,” ujarnya dalam konferensi pers dan launching The Big Start Indonesia di Bali Room, Kempinski Hotel pada Senin (25/7).

Pendaftarannya sendiri sudah dibuka sejak Juni lalu dan akan ditutup pada 10 Agustus mendatang di thebigstart.blibli.com. Pada masa pendaftaran ini, Anda, para pengusaha kreatif diwajibkan untuk mendaftarkan produk dan daftar diri. Nantinya dari peserta yang masuk akan dipilih 100 orang finalis, sebelum akhirnya dikerucutkan lagi menjadi 20 orang finalis.

Nantinya 20 orang finalis ini akan dikarantina selama September-Oktober, dan penayangan The Big Start Indonesia ini akan ditayangkan di Youtube setiap Selasa dan Kamis.

So, are you excited to join this competition? Kalau Anda tertarik untuk ikutan, ada beberapa alasan Anda harus ikut kompetisi ini.

  • Usaha Anda akan dikenal banyak orang

Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif, mengatakan bahwa setiap pengusaha lokal pasti ingin berkembang dan diekspos. Oleh karena itu, dengan adanya kompetisi ini, usaha Anda akan terekspos dan tentu bisnis Anda akan berkembang.

“Internet tidak lagi membatasi pasar. Pasar Indonesia sendiri harus dikuasai oleh pengusaha Indonesia. Sampai saat ini masih ada 250 juta penduduk yang terlena dengan produk asing,” terangnya.

“Mereka kan pengusaha membutuhkan exposure. Melalui The Big Start Indonesia ini, nama mereka akan terangkat. Penting sekali untuk para pedagang dan pengusaha atau kreatornya. Sekarang kesempatan untuk ribuan pengusaha ini untuk tampil,” tambah Triawan.

  • Pemenang akan dimudahkan untuk pendaftaran HKI

Produk yang akan dikompetisikan lebih kepada produk nyata, seperti fashion, teknologi, makanan, dan lainnya. Jadi kalau produk Anda original dari ide Anda sendiri, ketika Anda masuk sebagai 20 orang finalis, Anda akan diberikan kemudahan untuk mendapatkan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“20 Orang pemenang dari web series ini akan dapat pendaftaran gratis untuk mendapatkan sertifikat HKI. Nanti kami dari BEKRAF akan memfasilitasi untuk mendapatkan sertifikat tersebut,” ujar Triawan Munaf yang sangat mendukung adanya The Big Start Indonesia ini.

  • Berkesempatan untuk memperluas jaringan

Selain mendapatkan hadiah total sebesar Rp 1 milyar dan juga sertifikat HKI secara cuma-cuma, “hadiah” lain yang tentu akan sangat berharga untuk Anda bila berhasil masuk sebagai 20 orang finalis ini adalah Anda akan memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan distribusi, mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli atau pelaku bisnis, serta akan mendapatkan networking yang lebih banyak.

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Le Money: Ketika Para Seniman Mengesampingkan Uang Demi Idealisme

Pond dan Segala Magisnya Siap Menyihir Jakarta

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon