Riri Riza, Mira Lesmana, dan para aktor di film Athirah (Foto oleh Satria Perdana)
Riri Riza, Mira Lesmana, dan para aktor di film Athirah (Foto oleh Satria Perdana)

Film Athirah, karya terbaru sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana yang tayang 29 September mendatang, bukan sekedar mengulas cerita Wakil Presiden Jusuf Kalla remaja dan ibunya, Athirah, tapi juga mengangkat tentang budaya Bugis Makassar.

Kabar ini diceritakan oleh sang sutradara sendiri saat konferensi pers kepada media Senin (22/8) lalu. Orang dibalik suksesnya Ada Apa Dengan Cinta 2 ini mengatakan bahwa budaya Bugis Makassar punya kebudayaan yang unik dan memang menarik untuk diulas.

“Banyak sekali keindahan dari budaya Bugis ini. Dari jarak langkah saja deh. Mulai dari dapur, kamar, dan orang tua. Dari meja belakang sampai ke ruang tengah akan menjadi sentral dari siapa kita. Itu yang mau saya coba gambarkan melalui film ini,” tutur pria berkacamata asli Makassar ini menyoal semangatnya mengangkat budaya Bugis.

Mira Lesmana sendiri juga menambahkan bahwa, dalam film ini kita juga akan melihat tentang perjuangan seorang ibu dan perempuan di era tahun 1950-an. Di mana perempuan tidak punya hak untuk membantah apa yang menimpanya. Karena dalam film ini kita akan melihat bagaimana Ucu atau sebutan rumahan pak Jusuf Kalla remaja membantu ibunya, Athirah, menghadapi permasalahan keluarga yang cukup berat.

Memerankan Pak JK remaja cukup berat

Pemeran Ucu, Christoffer Nelwan, mengatakan untuk menjadi pak JK cukup berat, lantaran beliau adalah tokoh besar bagi Republik Indonesia.

“Di film ini diceritakan kalau Ucu harus jadi orang dewasa sebelum waktunya, karena harus membantu ibunya untuk menyelesaikan masalah di rumahnya. Kalau saya pribadi kan masalahnya sekarang cuma kuliah ya, nah, kalau Ucu ini ternyata dari remaja udah harus menyelesaikan masalah hidup yang lebih besar,” ujar Chris.

Dalam mendalami peran dan karakternya sebagai Ucu, Chris mengaku hanya mencari referensi saat reading naskah dengan Riri Riza. “Waktu itu ketemu pak JK cuma sekali dan sebentar aja sih. Selain reading ya aku juga banyak ngobrol sama mas Ririnya,” tuturnya.

“Sama banyak makan sih, makan ikan, hahaha… Biar dia dapat lebih mudah kan belajar bahasa Makassarnya,” timpal Riri Riza disambut tawa pemain lainnya.

Athirah sendiri merupakan film yang diadaptasi dari novel Alberthiene Endah yang dibintangi oleh Cut Mini yang menjadi Athirah atau ibunda dari Pak JK, Christoffer Nelwan yang menjadi Ucu atau Pak JK remaja, serta Tika Bravani yang memerankan Ida.

Endah n Rhesa membawakan lagu OST Athirah berjudul Ruang Bahagia (Foto oleh Satria Perdana)
Endah n Rhesa membawakan lagu OST Athirah berjudul Ruang Bahagia (Foto oleh Satria Perdana)

Anyway sambil menanti filmnya tayang, Anda dapat melihat dan menikmati soundtrack film Athirah yang dinyanyikan oleh duo akustik merdu Endah n Rhesa yang berjudul Ruang Bahagia di sini:

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut