Kunto Aji dan Barry Likumahuwa, serta Foxy Muse - Pemenang NESCAFÉ Musik Nation 2016, Melakukan Sesi Jamming Pada Konferensi Pers NESCAFÉ Musik Nation 2016 (Dok. NESCAFE)
Kunto Aji dan Barry Likumahuwa, serta Foxy Muse – Pemenang NESCAFÉ Musik Nation 2016, Melakukan Sesi Jamming Pada Konferensi Pers NESCAFÉ Musik Nation 2016 (Dok. NESCAFE)

Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 tahun, NESCAFE Musik Nation 2016 hadir menjadi wadah ekspresi anak muda.

Bicara soal NESCAFE Musik Nation 2016, ini merupakan wadah bagi para musisi muda atau anak-anak muda Indonesia yang suka musik, untuk dapat menunjukkan semangat nasionalismenya melalui beberapa lagu nasional dan daerah Indonesia, yang diaransemen ulang dengan beragam genre musik yang Anda. Mulai dari RnB sampai EDM.

NESCAFÉ Musik Nation sendiri adalah pencarian bakat secara digital pertama di Indonesia yang diikuti lebih dari 600 peserta dari Sabang sampai Merauke. Proses seleksi telah diselenggarakan dari 22 Februari hingga 7 April 2016, di mana karya mereka di-upload di akun YouTube resmi NESCAFÉ Musik Nation 2016.

Setelah melalui voting secara online, terpilih 20 besar peserta yang memperoleh kesempatan untuk bertemu dan dilatih langsung oleh musisi muda Indonesia, yaitu Barry Likumahuwa dan Kunto Aji. Setelah disaring lebih lanjut menjadi 10 finalis terpilih, para peserta berkesempatan untuk berkolaborasi dengan dua mentor tersebut dalam stuio kaca unik yang ditempatkan di ruang terbuka di Jakarta.

Indrasena Patmawidjaja, Business Executive Manager Coffee & PPP Nestle Indonesia, mengatakan bahwa acara ini merupakan salah satu pendekatan NESCAFE dengan anak muda. Dalam rangka menyambut HUT RI ke-71 tahun, NESCAFE memanfaatkan platform digital untuk menjadi wadah bagi anak-anak muda menunjukkan semangat nasionalismenya melalui musik.

“Mengusung tagline ‘Semua Berawal dari NESCAFE’, saya berharap karya-karya yang muncul dari NESCAFE Musik Nation dapat semakin menumbuhkan kebanggaan terhadap Indonesia. Tidak hanya dari mereka yang tinggal di sini, tetapi juga di seluruh dunia,” jelas Indrasena.

Barry Likumahuwa, mengaku senang dapat melihat secara langsung kreativitas anak muda Indonesia yang penuh bakat di NESCAFÉ Musik Nation 2016. Mereka mampu mengaransemen lagu nasional dan daerah dengan gaya kekinian dan khas mereka masing-masing tanpa meninggalkan esensi nasionalisme sebagai jati diri bangsa.

Pelantun lagu Terlalu Lama Sendiri, Kunto Aji mengatakan, bahwa program yang dilaksanakan melalui media digital seperti situs maupun YouTube ini nantinya memiliki potensi untuk memperkenalkan lagu nasional di dunia. “Tidak hanya lagu nasional, tapi juga lagu daerah kita tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia,” ujar laki-laki keriting berkacamata ini.

Dari ajang ini, sudah ada satu pemenang, yaitu Foxy Muse yang berasal dari Jakarta. Ketika audisi, Foxy Muse membawakan lagu daerah Bali yaitu Jangi Janger yang telah diaransemen menjadi empat genre sekaligus yaitu RnB/Pop, Fusion Jazz, Reggae, Alternative Indie.

“Dengan menampilkan lagu nasional dan daerah di NESCAFÉ Musik Nation 2016, kami dapat menampilkan kecintaan terhadap Tanah Air Indonesia dengan gaya kami sendiri. Kami ingin berterima kasih kepada para mentor atas bimbingan dan masukannya, serta masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan terhadap band kami. Kami berharap NESCAFÉ Musik Nation akan menjadi langkah awal bagi kami dan juga musisi muda Indonesia lainnya untuk terus mengekspresikan semangat nasionalisme dalam karir bermusik,” ujar Jane Putri salah satu personil Foxy Muse.

Foxy Muse sendiri akan tampil bersama Sheila On 7 serta kolaborasi antara Barry Likumahuwa dan Kunto Aji dengan Top 10 Finalis dapat disaksikan secara langsung di konser 17an NESCAFÉ Musik Nation yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 2016 di Rolling Stone Café, atau melalui live streaming pada tanggal 17 Agustus 2016 di kanal Youtube NescafeID.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut