The Borneo Case, film dokumenter tentang kisah di balik Borneo akan diputar di ScreenDocs Expanded.
The Borneo Case, film dokumenter tentang kisah di balik Borneo akan diputar di ScreenDocs Expanded.

Yayasan non-profit yang berfokus dalam mempromosikan film-film dokumenter, In-Docs akan menghadirkan pemutaran film dokumenter nasional dan internasional dengan tajuk ScreenDocs Expanded. Pemutaran film dokumenter ini akan digelar di The Erasmus House, Kuningan, Jakarta pada 1-4 Desember.

Dalam gelaran yang diselenggarakan selama empat hari tersebut, In-Docs akan menghadirkan lebih dari 20 judul film dokumenter karya sutradara Indonesia dan internasional yang mengangkat tema seputar hak asasi manusia atau human rights.

Gelaran ini merupakan pertama kalinya In-Docs menghadirkan pemutaran dokumenter nasional dan internasional secara bersamaan. Amelia Hapsari, Program Director In-Docs memaparkan bahwa tujuan gelaran ini adalah untuk mengajak audiens lebih memahami permasalahan sosial yang ada di sekitar lewat sebuah film.

“Karena kami percaya film dokumenter merupakan salah satu sumber informasi yang memiliki potensi besar untuk memotivasi masyarakat agar semakin peduli, toleran, dan berkelanjutan terhadap lingkungan sekitar,” terang Amelia.

Selain memberikan kemudahan untuk mengakses film dokumenter, Amelia juga mengatakan bahwa ScreenDocs Expanded juga turut menghadirkan rangkaian kegiatan lainnya sebagai bentuk kontribusi terhadap perkembangan dokumenter.

“Salah satu upaya ScreenDocs Expanded untuk mengembangkan karya dokumenter adalah dengan menghadirkan sebuah kegiatan bertajuk Impact Workshop. Melalui kegiatan ini kami memberikan pengarahan dalam bagaimana merancang sebuah strategi agar film dokumenter dapat memberikan dampak nyata terhadap masyarakat,” tuturnya.

“Kami juga turut mengundang sejumlah sosok sineas terkemuka di industri film dokumenter termasuk sutradara ternama asal Belanda, John Appel yang akan menyampaikan kuliah terbuka dan mempresentasikan hasil karyanya yang berhasil meraih penghargaan Audience Award di International Documentary Film Festival Amsterdam,” tambahnya.

Film dokumenter tentang makanan 'sehat', That Sugar Film juga akan diputar di acara ini.
Film dokumenter tentang makanan ‘sehat’, That Sugar Film juga akan diputar di acara ini.

Lebih dari 20 film dokumenter diputar

Selama empat hari penyelenggaraan, ScreenDocs Expanded akan memutarkan lebih dari 20 film dokumenter unggulan yang terbagi kedalam sejumlah kategori sosial, termasuk kesejahteraan lingkungan, kesehatan, kesejahteraan wanita hingga agama. Di antaranya adalah That Sugar Film sebuah film yang merekam eksperimen sang sutradara ketika mengkonsumsi makanan dan minuman bergula dan efek yang ditimbulkan terhadap kesehatannya, The Borneo Case, Notes on Blindness sebuah dokumenter yang ditampilkan dengan menggunakan teknologi Virtual Reality, Among The Believers, serta Nokasyang diputar untuk pertama kalinya di Indonesia.

“Setelah menonton film-film yang diputar di acara ini, kami memberikan sesi diskusi dan tanya jawab sehingga audiens dapat berinteraksi dan berdiskusi langsung mengenai proses perekaman atau inspirasi dibalik film tersebut. Melalui kesempatan berdiskusi ini kami berharap bahwa penonton dapat berefleksi dan tergerak untuk memberikan kontribusi terhadap lingkungan sekitar mereka,” tambah Amel.

“Dengan membawa beragam film-film dokumenter, ScreenDocs Expanded memberikan kontribusi untuk membangun minat penonton Indonesia akan film dokumenter, yang merupakan strategi yang sangat penting dalam membangun infrastruktur untuk film dokumenter di Indonesia. Pertukaran antara pembuat film, ahli film dokumenter, dan penonton yang terjadi di ScreenDocs Expanded juga memperkuat pemahaman dan pendidikan literasi bagi penonton Indonesia,” tutupnya.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut