Jasmine Thompson akui mimpinya untuk bernyanyi di hadapan banyak orang sudah terwujud. Kini ia ingin wujudkan mimpi untuk terus berkeliling dunia (Foto oleh Satria Perdana)
Jasmine Thompson akui mimpinya untuk bernyanyi di hadapan banyak orang sudah terwujud. Kini ia ingin wujudkan mimpi untuk terus berkeliling dunia (Foto oleh Satria Perdana)

Kontributor: Adhie Sathya

Kalau Anda sering bereksplorasi di YouTube, tentu Anda kenal dengan sosok Jasmine Thompson. Penyanyi yang kini sudah memiliki beberapa lagu original dan salah satu yang hits berjudul Adore, baru saja menyambangi Indonesia dan tampil di Lalala Festival 2016 yang bertempat di Hutan Pinus Cikole, Lembang, Jawa Barat pada Sabtu (5/11) lalu.

Penyanyi manis dan cantik asal Inggris ini tampil membawakan sekitar 8 lagu dalam festival musik yang pertama kali diselenggarakan di hutan tersebut. Jasmine yang lahir 16 tahun lalu ini sukses membuat para penggemar dan penonton festival yang diselenggarakan oleh promotor The Group ini.

Seharusnya kami dapat bertemu dengan Jasmine di Lalala Fest kemarin, tapi sayang kendala yang kami temui tidak memungkinkan kami untuk bertemu dengannya.

Namun pada Senin (7/11) siang di kantor Warner Music Indonesia yang berlokasi di Tugu Tani, Jakarta Pusat, kami akhirnya bertemu dengan penyanyi yang sebelumnya tenar lewat YouTube melalui lagu-lagu yang di-cover-nya. Berikut perbincangan Satria Perdana dan Adhie Sathya dengan Jasmine Thompson di sela-sela waktunya berkunjung ke Indonesia kali ini.

Kemarin kamu manggung di Cikole, Bandung, Lalala Fest 2016. Seperti apa rasanya?

Jasmine: Ya, aku sangat menikmati manggung di acara tersebut. Tempat yang menarik untuk menggelar festival menurutku.

Jadi, kemarin adalah penampilan pertama kamu manggung di hutan ya?

Jasmine: Bener banget dan pertama kali manggung di Indonesia juga sih. Menurutku, indah banget sih manggung di sana, di kelilingi pohon-pohon. Menyenangkan banget lah meskipun jadwal manggungku tertahan sampai 20 menit. Sedih sih nggak bisa manggung lama, tapi aku senang bisa berada di sana.

Tapi kemarin ada masalah dengan sound system kamu ya?

Jasmine: Ya. Karena kemarin hujan terus, jadinya juga yang membuat kru panggung terkejut sih. Tetapi, kami berusaha keras untuk menyelesaikan masalah di belakang agar bisa segera manggung. Tapi senang akhirnya bisa manggung juga di sana.

Soal penonton deh, bagaimana menurut kamu?

Jasmine: Mereka sangat sopan banget, tetapi mereka cukup loud. Mereka terlihat sangat menikmati set yang aku bawa kemarin. Senang banget bisa menghibur mereka.

Ngomongin festival musik, festival musik apa yang bikin kamu terkesan selama ini?

Jasmine: Jujur, aku belum terlalu banyak datang ke festival. Tapi aku lebih suka datang ke konser, tahun lalu aku nonton Twenty One Pilots. Tapi kalau manggung, aku sih kemarin sempat manggung di Hungaria. Jadi kita punya konsep lepas balon. Jadi pas aku nyanyi satu lagu, mereka, para penonton melepas balon beramai-ramai. Indah sekali. Mungkin festival terbaikku sih.

Nah, kalau konser pertama kamu sepanjang hidup itu konsernya siapa?

Jasmine: Britney Spears di London waktu itu. Itu kado ulang tahun aku yang ke-10 kalau nggak salah. Konsernya sangat intens. Dia mengajak seorang pria ke atas panggung terus dia melakukan pole dancing ke cowok itu. Lucu banget buat aku sih.

Jadi, kamu ngefans berat sama Britney Spears?

Jasmine: Aku suka banget sama musiknya dan menurutku dia adalah performer yang sangat hebat. Waktu itu konsernya sangat besar banget kalau nggak salah di Q2 dan itu adalah konser terbesar yang pernah aku kunjungi menurutku.

Kamu punya banyak banget fans dari Indonesia dan kebanyakan mereka adalah laki-laki. Gimana menurutmu?

Jasmine: Aku senang mereka sangat responsif kepadaku, kepada semua yang aku posting di YouTube. Nggak nyangka juga sih dulu aku cuma ngepost video dari kamar tidurku tetapi sekarang aku bisa travelling ke berbagai tempat di dunia ini berkat mereka. Jadi aku sangat berterima kasih kepada seluruh followers dan fansku di manapun mereka berada.

Jadi kamu mulai nyanyi pas usia 10 tahun ya?

Jasmine: Nggak sih. Aku mulai nyanyi dari usia yang sangat muda, tetapi aku mulai ngepost video di usia 10 tahun.

Siapa yang ngajarin kamu nyanyi?

Jasmine: Aku sih les vokal dulu. Mama aku nggak bisa nyanyi sih hehehe… Sebenarnya yang suka nyanyi duluan itu kakak laki-lakiku. Dia 4 tahun lebih tua dariku. Jadi, kalau dia mulai nyanyi, aku ikut-ikutan nyanyi sih. Terus dia berhenti bernyanyi, tapi aku terus lanjutin hobiku ini sampai akhirnya aku ngeposting video sih.

Apa sih mimpi terbesar kamu?

Jasmine: Sebenarnya bisa bernyanyi untuk banyak orang sudah aku lakukan. Selanjutnya aku ingin terus travelling ke seluruh dunia sejauh mungkin dan menolong orang.

Bisa sebutkan lagu yang bikin kamu nyaman?

Jasmine: Ada banyak sih. Ada lagu dari Aaron Taylor judulnya Blue. Salah satu favoritku. Kanye dari The Chainsmokers. Terus Tom Rosenthal. Dia keren banget.

Kalau boleh tahu, kebanyakan kamu dengerin musik-musik cowok apa cewek sih?

Jasmine: Aku sih nggak nentu ya, karena aku dengerin semuanya dan dari semua orang. Aku orangnya nggak hanya mendengarkan lagu yang cowok buat cewek atau sebaliknya. Selama musiknya bagus sih, aku nggak terlalu peduli. Yang penting enak.

Belakangan, kamu tur bareng Felix Jaehn, salah satu produser dan DJ keren dari Eropa. Gimana sih rasanya bisa kerja bareng sama dia?

Felix Jaehn adalah sosok yang sangat menyenangkan dan hebat. Dia bekerja sangat keras dan merupakan musisi yang bertalenta. Bisa bikin lagu bareng dia dan tur bareng sama dia juga adalah hal yang sangat mengesankan.

Buat aku, manggung dan melihat banyak orang dari atas panggung adalah hal yang sangat menyenangkan meski menulis musik sih juga menyenangkan. Tetapi manggung jauh lebih menyenangkan. Dan aku belajar banyak dari Felix soal manggung sih.

Sebelum Felix, kamu juga pernah kolaborasi dengan Robin Schulz. Bagaimana kamu bisa kolaborasi dengan dia?

Jasmine: Ya. Aku ketemu dia dari labelku sih. Mereka yang menyatukan kami dalam proyek tersebut. Kami berkolaborasi dalam lagu Sun Goes Down dan sejak itu, aku ikut dia tur juga. Pengalaman yang menyenangkan bisa bekerja bareng dengannya.

Tapi kenapa kamu sering banget memilih DJ sebagai rekan kolaborasi?

Jasmine: Ketika kamu berkolaborasi dengan DJ, semuanya sangat mudah. Tapi, jika bisa bermimpi untuk masa depan, aku ingin berkolaborasi dengan berbagai macam artis, nggak cuma di DJ set, tetapi juga konser penuh.

Kamu punya mimpi buat kolaborasi dengan siapa sih?

Jasmine: Aku nggak tahu sih karena ini seperti memilih orang yang tepat buat kamu berkolaborasi. Tapi aku mau sih nyanyi bareng dengan semua member Fifth Harmony. Tapi jujur, aku ingin berkolaborasi dengan siapapun sih.

Soal fans kamu di Indonesia, kamu kan punya banyak fans di sini. Apa pengalaman terbaik kamu bareng mereka?

Jasmine: Tahun lalu, aku ada meet and greet di Bali dan bertemu beberapa fans di sana untuk pertama kalinya. Karena pertama kali, aku nervous banget, karena nggak tahu apa yang harus katakan, apa aku harus meluk mereka atau bagaimana. Jadi waktu pertama kali bertemu, aku keringetan banget! Tapi menyenangkan sih.

Terakhir, bicara soal Adore, single tersukses kamu. Apakah kamu menulis lagu ini sendiri atau bagaimana?

Jasmine: Lagu ini aku tulis bareng Steve Mack di London dan aku rekam lagu ini bareng dia di studio. Menariknya, Adore adalah tahapan penting dalam karirku. Aku mulai dari YouTube dengan cuma bermodalkan piano sampai aku akhirnya bisa memasukkan unsur EDM di sana. Tapi aku selalu ingin menjadi artis independen. Jadi ketika Adore keluar, aku sangat senang sekali.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut