David Sitanala, dari Gokart kini siap melaju di ajang FIA Formula 4 (Dokumentasi David Sitanala)
David Sitanala, dari Gokart kini siap melaju di ajang FIA Formula 4 (Dokumentasi David Sitanala)

Lagi-lagi nama Indonesia siap kembali berkibar di kancah balapan mobil internasional. Kali ini adalah David Sitanala, yang akan mengikuti ajang FIA Formula 4 pada musim balap 2017 mendatang.

Remaja 17 tahun ini berasal dari Maluku dan prestasinya sendiri mencuat di arena Gokart dan tahun depan ia siap untuk turut balapan di Formula 4 di China. Keikutsertaannya di ajang balap milik FIA ini mendapatkan dukungan dari Gubernur Provinsi Maluku, Ir. Said Assagaf dan Ketua DPRD Maluku, Edwin Huwae.

Saat konferensi pers yang diselenggarakan Jum’at (11/11) lalu di Tjap Toean FX Sudirman, David mengatakan dirinya bangga dapat membawa nama Indonesia dan juga memperkenalkan tanah kelahirannya di dunia internasional, Maluku.

“Saya senang dan merasa terhormat mendapat kepercayaan dari Gubernur Maluku dan pejabat Pemda Maluku serta DPRD. Harapan saya anak muda Maluku selalu bangga terhadap asalnya dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk berprestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ungkap pria yang mulai balapan sejak usia 10 tahun ini.

“David merupakan salah satu kader IMI Maluku yang telah menunjukkan prestasi mendunia. Kami senang dan bangga mengetahui bahwa David telah berprestasi dalam usianya yang masih muda. Dari IMI Maluku, kami akan selalu mendukung David untuk terus maju dan mengharumkan nama Maluku di arena internasional,” timpal Sandy Wattimena, Ketua IMI Maluku.

Selain itu dukungan terhadap prestasi dan perjalanan David menuju Formula 4 juga diterima David dari Ketua Umum KONI Maluku, Karel Albert Ralahalu, yang juga adalah mantan Gubernur Provinsi Maluku, periode 2003 – 2013. Karel menyatakan bahwa KONI Maluku selalu mendorong bibit-bibit muda olahragawan Maluku untuk berprestasi tidak hanya di Maluku tapi di arena internasional. Dan dukungan itu salah satunya ditunjukkan dengan mendukung David untuk berlaga di ajang balap Formula 4 2017 di China.

Dengan dukungan penuh yang didapat, semangat David untuk menjadi The Next Formula Driver from Indonesia, akan semakin mudah. Rencananya David akan mengikuti 18 balapan di beberapa tempat di China.

David Sitanala dalam konferensi pers persiapannya membalap di FIA Formula 4. (Dokumentasi David Sitanala)
David Sitanala dalam konferensi pers persiapannya membalap di FIA Formula 4. (Dokumentasi David Sitanala)

“Program persiapan David menuju FIA Formula 4 2017 di China sudah kami siapkan sejak awal tahun ini,” kata Stanley Iriawan, Manager David dari Iriawan Racing Development.

“David tidak pernah putus mengikuti latihan fisik dan mental yang dilakukan oleh pelatihnya, Dennis Van Rhee. Selain itu bulan Februari 2017, David akan melakukan testing dengan beberapa tim papan atas Formula 4 di China. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan memilih tim yang tepat, yang dapat memenuhi kebutuhan David untuk berprestasi dan meraih podium,” jelas Stanley.

Target utama David untuk musim pertamanya adalah meraih podium. Manajemen David pun yakin David bisa meraih hal tersebut. Potensi dan kemampuan David akan semakin terpacu seiring keikutsertaan David melakukan tes mobil Formula 4.

“David memiliki semangat seorang pemenang dalam dirinya yang luar biasa dan konsisten,” tandas Stanley yakin.

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon