Menikmati Seoul akan lebih seru bila Anda mengikuti beberapa tips yang diberikan Vicky Harahap ini. (Dokumentasi Vicky Harahap)
Menikmati Seoul akan lebih seru bila Anda mengikuti beberapa tips yang diberikan Vicky Harahap ini. (Dokumentasi Vicky Harahap)

Writer: Fariz Syahir

Kurang lebih satu-dua tahun belakangan, destinasi favorit orang Indonesia untuk liburan ke luar negeri sedikit berubah. Belakangan ini Seoul, Korea Selatan menjadi salah satu yang wajib dituju setiap kali liburan telah tiba. Namun, biasanya berlibur dengan menggunakan jatah cuti yang masih banyak sih.

Belum lama ini, racer The Amazing Race Asia Season 5 dan juga seorang travel junkie, Vicky Harahap berbagi tips dengan NYLON Guys bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan ke Korea Selatan, khususnya ke Seoul. Simak tipsnya di bawah ini:

Top Tips:

Setidaknya sebelum berangkat, ada baiknya kita mempelajari cara membaca aksara Hangul karena banyak papan penunjuk jalan yang masih menggunakan aksara tersebutdan bisa sedikit berbahasa Korea adalah nilai plus karena hal tersebut dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan masyarakat sekitar.

First Impression:

Kotanya bersih, tertata rapih dan terlihat modern dengan sentuhan budaya Korea yang masih dijaga dan orang-orangnya yang cukup individualistis. Jadi persiapkan diri untuk mencoba hidup bersih.

Budget:

Seoul dan Jakarta sebenarnya tidak begitu berbeda. Sediakan uang minimal Rp. 1.000.000 per hari untuk menikmati perjalanan yang tentunya tidak begitu mewah.

BACA JUGA: Vicky Harahap, antara The Amazing Race dan Travelling

Masjid Pusat Seoul. (Dokumentasi Vicky Harahap)
Masjid Pusat Seoul. (Dokumentasi Vicky Harahap)

Daily Greetings:

Ucapkan kalimat “Annyeon Haseo” sambil membungkukan badan.

Transportation Tactics:

Sebisa mungkin untuk berpergian ke sana-ke mari dengan menggunakan kereta, subway dan juga bis. Sesampainya di bandara, jangan lupa untuk membeli kartu isi ulang yang bisa digunakan untuk menaiki kereta, bis bahkan untuk berbelanja di convenience store.

Best Month to Visit:

Bulan April, ketika Cherry Blossom atau bulan Oktober-November untuk merasakan indahnya musim gugur di sana.

Best Place to See Sunrise/Sunset:

Kunjungi Mount Seroak untuk menyaksikan matahari terbit. Coba lah mampir ke Namsan Tower untuk melihat pemandangan kota Seoul dari atas dan menikmati indahnya matahari terbenam. So amazeball!

Punctuality:

Orang Korea menghargai ketepatan waktu. Hal tersebut dapat dilihat dari semua jadwal transportasi umum yang sangat tepat waktu.

Meal After 10PM:

Silahkan mampir ke Gwangjang Market, Hongdae dan Itaweon untuk mencicipi lezatnya kuliner malam ala Korea.

Foods & Beverage to Try:

Korean BBQ, Samgetang, Cold Noodle, Hotteok, Fish Cake, Deobokki, Hweori Gamja dan untuk minumannya Anda dapat mencoba Banan Milk, Omija Tea, Sikhye, Corn Tra serta Green Plum Tea.

Gyeongbukgong Palace. (Dokumentasi Vicky Harahap)
Gyeongbukgong Palace. (Dokumentasi Vicky Harahap)

Traditional Liquor to Try:

Bokbunja Ju, Soju, Makgeolli, Chenongju dan Baekseju.

Money Saving:

Sebisa mungkin gunakan kendaraan umum dan kurangi makan di tempat mewah. Street food dan makanan yang disediakan di convenience store di Korea cukup murah, segar dan enak.

Basic Vocabulary:

Halo: An-yong-ha-se-yo.

Sampai jumpa: Annyonghi kasayo.

Terima kasih: Kamsahamnida.

Maaf: Mianhamnida.

Tolong: Jusaeyo.

OST to Describe Your Journey:

Sweet Disposition oleh The Temper Trap.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut