Para pemenang yang mendapatkan penghargaan di INAMAFEST 2016. (Dokumentasi INAMAFEST 2016)

Penyelenggaraan pertama penghargaan tingkat nasional khusus untuk karya-karya animasi Indonesia, Indonesia Animation Festival (INAMAFEST) 2016, digelar dengan baik pada Minggu (4/12) di Hotel Grand Kemang, Jakarta. Terhitung ada 217 karya animasi yang masuk dari seluruh Indonesia sejak 27 Oktober lalu, di mana masing-masing dibagi dalam beberapa kategori.

Karya yang masuk tersebut kemudian diberi penilaian secara kuantitatif dengan scoring oleh 12 orang juri. Setelah jumlah karya mengerucut, dilakukan penilaian secara kualitatif melalui hasil diskusi tim juri. Namun para juri kesulitan menentukan pemenang lantaran daftar animasi yang masuk banyak yang mencuri perhatian para juri.

“Akhirnya demikianlah hasilnya seperti yang kita ketahui bersama-sama malam ini. Untuk tahun depan, kami dari tim juri mengharapkan karya-karya yang masuk jauh lebih bagus lagi dari tahun ini,” terang Indra Jaya yang menjadi ketua tim juri INAMAFEST 2016.

INAMAFEST 2016 ini adalah yang pertama dilakukan dengan mengumpulkan banyak kreator animasi dan para pemilik Intellectual Property (IP) Right Animasi, ini sesuai dengan tema yang diusung yaitu “Let’s Become Family”.

“Sehingga ini adalah bentuk usaha kita merayakan prestasi teman-teman kreator animasi Indonesia,” ungkap Lance Mengong, Ketua 1 INAMAFEST 2016.

Pada kesempatan yang sama, Kemala Atmodjo yang menjabat ketua Badan Perfilman Indonesia menyampaikan harapannya.

”Semoga INAMAFEST bisa diteruskan dan menjadi satu-satunya festival film animasi paling terhormat yang dihargai di seluruh Indonesia,” tutur Kemala.

Berikut ini daftar para pemenang INAMAFEST 2016:

1.    Kategori Animasi Terbaik Profesional: Setengah 5 (Oky Gho)

2.    Kategori Animasi Terbaik Non Profesional: Aquiescence (Fieranny Halita)

  1.    Kategori Animasi Terbaik Supporting Iklan: Nyam Nyam Promo (Manimonki)

4.    Kategori Animasi Terbaik Pelajar/Mahasiswa: Reform (Odena Animation)

5.    Kategori Desain Produksi Animasi Terbaik: Escape (Enspire)

  1.    Kategori Desain Karakter Animasi Terbaik: Plentis Kentus (Patrick Effendy)

7.    Kategori Sutradara Animasi Terbaik: Nj*ng (Stephanie)

8.    Kategori Musik Animasi Terbaik: Different (Gerald)

9.    Kategori Cerita Animasi Terbaik: Wacthenstaad (Fajar Ramayel)

10. Kategori Editing Animasi Terbaik: Different (Gerald)

Kemudian masih ada lagi satu penghargaan yaitu Anugerah Pengabdian Animasi Indonesia tahun ini dianugerahkan pada almarhum Gotot Prakosa atas pengabdian dan kerja kerasnya untuk kemajuan animasi Indonesia, yang diwakili oleh putra beliau Lembayung.

Pembacaan pemenang masing-masing kategori tersebut secara bergantian dibacakan oleh Dennis Adhiswara, Nadia Vega, Morgan Oey, Aline Adita, Millane Fernandez, dan Darius Sinathrya.

Selain malam penghargaan yang menjadi puncak kegiatan INAMAFEST 2016, sejak pagi juga digelar berbagai macam workshop yang berkaitan dengan animasi. Mulai hal-hal teknis seperti bagaimana membuat strong pose character untuk animasi 3 dimensi, sampai hal-hal yang berkaitan dengan industri animasi secara luas seperti bagaimana “mencuri” ide kreatif dari Korea Selatan, cara memanfaatkan dunia digital sebagai pasar potensial, jejaring konten lokal, sampai mengenai hak atas kekayaan intelektual (HAKI) dan perlindungan hak cipta dari sisi hukum kepada pemilik intelectual property.

INAMAFEST tahun berikutnya direncanakan akah digelar lebih awal sekitar Agustus 2017 dengan tema Gagasan Menuju IP (Intelectual Property). Kalau Anda berminat bisa siap-siap untuk ikutan nih!

Category : Latest, Movie INAMAFEST, INAMAFEST 2016, Indonesia Animation Festival,

Who is Apparat?

Semua Yang Perlu Diketahui Tentang Djakarta Warehouse Project 2017

Homeshake Akan Menyambangi Jakarta Pada Januari 2018!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon