501st Legion merupakan komunitas kostum Star Wars yang langganan hadir dan menjadi objek foto di Comic Con dan acara pop culture lainnya. (Foto oleh Satria Perdana)
501st Legion merupakan komunitas kostum Star Wars yang langganan hadir dan menjadi objek foto di Comic Con dan acara pop culture lainnya. (Foto oleh Satria Perdana)

Kalau Anda beberapa waktu lalu datang ke Indonesia Comic Con dan juga mungkin baru-baru ini mengunjungi pameran Star Wars di Pacific Place, pasti Anda menemukan beberapa orang mengenakan kostum Star Wars. Mulai dari Stormtrooper, Princess Leia Organa, dan tentu saja tokoh antagonis ikonik Darth Vader.

Mereka yang memakai dan memiliki kostum tersebut tergabung dalam sebuah komunitas kostum Star Wars yang resmi dan diakui oleh Lucasfilm bernama 501st Legion. Semua kostum yang digunakan sangat detail dan mirip sekali dengan apa yang Anda lihat di film-film yang lahir dari tangan George Lucas tersebut.

501st Legion sendiri tersebar di berbagai belahan dunia, Indonesia termasuk salah satunya. Tapi 501st Legion sendiri bukanlah sembarang komunitas. Karena mereka memiliki standar kostum sendiri yang sudah diresmikan oleh Lucasfilm.

“Kami punya standar kostum sesuai apa yang ada seperti di film. Jadi standar kostum kami itu adalah standarisasi Lucasfilm. 501st Legion itu tersebar di mana-mana dan kalo di Indonesia, adanya sementara di Jakarta,” ujar Lie Felicia, ketua 501st Legion Indonesia waktu ditemui beberapa waktu lalu.

Komunitas ini fokus pada kostum-kostum imperial atau karakter-karakter antagonis di film yang membesarkan nama Harrison Ford tersebut. Paling banyak sih, mereka berperan sebagai imperial, dan kini mulai bergeser ke First Order, seperti dalam episode ketujuh, The Force Awakens.

“Kalau saya punya kostum imperial ya. Kalo temen-temen saya yang lain, dominan jadi Stormtrooper dan ada satu yang jadi Darth Vader,” tutur Lie.

“Biarpun karakter yang kami perankan itu karakter-karakter antagonis, tapi kami melakukan sesuatu yang baik. Seperti bikin kegiatan sosial, karena memang itu lah tujuan kami ada. We’re bad guys doing good, hahaha…” tambahnya.

Komunitas ini terbuka kok untuk siapa saja yang suka sama Star Wars. Apalagi buat yang suka banget sama kostum-kostum Stormtrooper atau Boba Fett, sampai Darth Vader.

Kalau tertarik bergabung, ada beberapa fakta yang mesti Anda ketahui lebih lanjut apabila Anda tertarik untuk berkontribusi bersama 501st Legion Indonesia.

Fakta nama 501st Legion

Sebelum Anda bergabung, Anda harus tahu sedikit sejarah dari 501st Legion. Bagi Anda fans sejati dan tahu segalanya tentang Star Wars, pasti tau apa nama ini. Bagi yang belum tahu dan baru jatuh hati dengan Star Wars, 501st Legion atau 501st Battalion adalah unit Clone Trooper yang termasuk dalam Grand Army of the Republic pada masa Clone Wars yang dipimpin Anakin Skywalker. Ketika Anakin jatuh ke dark side of the force, pasukan ini tetap mengikuti perintah Anakin yang kemudian mendapatkan nama Sith Lord menjadi Darth Vader.

Semua detail kostum para anggota 501st Legion benar-benar detail dan persis sesuai standar Lucasfilm. (Foto oleh Ramadan Tobing - 2015)
Semua detail kostum para anggota 501st Legion benar-benar detail dan persis sesuai standar Lucasfilm. (Foto oleh Ramadan Tobing – 2015)

Komunitas yang selalu membuat charity

Komunitas ini sering sekali membuat beragam charity. Nggak cuma di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Namun para anggotanya tidak bisa sembarangan tampil di tempat umum.

“Kegiatan kami ini emang banyak sekali charity-nya. Di seluruh dunia. Jadi kami bukan sekedar tampil dan foto bareng fans, tapi juga bekerja sama dengan lembaga sosial untuk charity,” ujar Lie yang bekerja sebagai karyawan swasta di Jakarta.

“Misal 501st Legion Indonesia mau bikin atau ikutan event, harus ada laporannya dulu ke pusat, which is ke Amerika Serikat. Terus Lucasfilm dan Disney juga mesti tahu kita mau ngapain, karena kita kan under mereka ya. Jadi kita nggak bisa sembarangan bikin event. Tapi kita sebenernya bisa aja tampil, tapi atas nama pribadi atau fans, bukan pakai nama 501st,” jelas Lie yang mengaku untuk membuat pin pada baju imperial harus mencari item-nya ke tukang elektronik dan di-custom sesuai standar ini.

Meski kostumnya mahal, tapi worth sekali

Untuk membuat kostum yang sesuai standar Lucasfilm di komunitas ini kita harus mengeluarkan uang yang cukup tebal. Kostum standar Lucasfilm juga lah yang menjadi salah satu syarat bergabung dengan 501st Legion.

“Hahahaha… Iya, memang untuk ini (membuat kostum) adalah masalah mungkin buat orang-orang yang mau gabung sama kita. Soalnya seperti yang dibilang tadi, kostum kita kan standar Lucasfilm, jadi memang kita mesen dari luar negeri dan itu nggak langsung jadi kostumnya gitu, kita harus ngerakit sendiri. Terus untuk senjatanya juga kita mesti bikin sendiri, tapi detilnya bisa diliat di websitenya 501st Legion atau Lucasfilm juga sih,” beber Lie.

“Untuk kostumnya sendiri bermacam-macam ya harganya. Stormtrooper saja untuk kostum sampai jadi sekitar Rp 9 jutaan ya. Tapi kalau sudah masuk Indonesia kena pajak dan lain-lain bisa dua kalinya. Itu temen saya, yang jadi Darth Vader aslinya kan Rp 38 juta, tapi pas masuk sini ya kira-kira Rp 50 juta lah. Tapi itu semua asli dan kalau mau beli, kita mesti ngukur dulu sama badan kita. Mahal memang, tapi worth it,” jelas Lie terkekeh bercanda.

Karena penasaran, kami pun mencoba surfing cari-cari di mana mereka bisa mendapatkan kostumnya. Wellit’s worth ternyata, tapi ya memang agak mahal sih. Anda bisa cek detil kostumnya di Anovos, tapi ya kalau mau beli harus nabung dulu nampaknya. Karena beberapa item tidak dapat dikirim langsung ke Indonesia…

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon