(foto: official)

Siapa bilang berkunjung ke museum itu membosankan, ketika kalian mengunjungi museum satu ini tentu rasa bosan tidak akan menghampiri kalian. House Of Sampoerna merupakan museum tentang sejarah dari PT. Sampoerna, melalui museum ini kalian dapat megetahui bagaimana perjalanan Liem Seeng Tee dari awal hingga bisa terciptanya PT. Sampoerna yang sudah sangat besar seperti sekarang ini.

Bangunan dari House Of Sampoerna merupakan bangunan Belanda buatan tahun 1864, walaupun bangunan ini sudah sangat tua, kemegahan dari bangunan ini tidak hilang. Museum ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama di dalam museum ini terdiri dari tiga ruangan, yaitu: ruangan replika warung sederhana milik pendiri PT. Sampoerna, koleksi dua sepeda tua yang digunakan pendiri Sampoerna untuk berdagang ketika masih muda, dan properti ruang kerja dan ruang keluarga Liem Seeng Tee.

Beranjak ke ruangan kedua, di dalam ruangan ini terdapat koleksi-koleksi foto keluarga serta direksi PT. Sampoerna dari masa ke masa dan koleksi alat pematik rokok dari berbagai bentuk. Sedangkan untuk di ruangan ketiga, kita dapat melihat segala produk yang diproduksi oleh Sampoerna baik untuk produksi dalam negeri maupun yang dikirim ke luar negeri, selain itu di ruangan ini juga terdapat koleksi Marching Band.

Setelah mengelilingi lantai satu, sekarang kita beranjak ke lantai kedua di gedung ini. Di lantai kedua disini adalah tempat penjualanan souvenir, jadi bagi kalian yang ingin membeli cenderamata, maka kalian dapat membeli disini. Selain itu, di lantai ini kalian juga dapat melihat para pekerja yang sedang melinting batang rokok.

(foto: official)

Setelah lelah berkeliling dan berfoto di House Of Sampoerna, maka tidak lengkap rasanya jika kalian tidak mengunjungi kafe yang berada di museum ini. Inilah yang membuat museum ini menjadi museum yang keren dan berbeda dari museum lainnya karena selain bisa belajar tentang sejarah, disini kalian juga dapat bersantai sambil menikmati segelas kopi. Dan yang lebih menariknya lagi bagunan dari kafe ini juga merupakan bangunan tua, jadi kalian dapat merasakan suasana di Zaman Belanda di dalam kafe ini.

House Of Sampoerna ini berlokasi di Jalan Taman Sampoerna No. 6, Krembangan, Pabean Cantikan, Surabaya. Museum ini buka dari hari Senin hingga Minggu dari Jam 09:00-22.00. Bagi kalian yang ingin lebih mengetahui museum ini secara lengkap kalian dapat melihat website resmi museum ini di www.houseofsampoerna.museum.

Penulis: Elvia Devina

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Plataran BNI X-Trail 2017, Oase Bagi Penggila Olahraga Lari

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut