Menikmati brisket otentik tidak perlu jauh ke Texas. Datang ke Carne Steak House, Cipete juga bisa. (Foto: Alfian Putra)

Masyarakat urban Jakarta yang menyukai berbagai makanan berbasis daging, nampaknya sekarang perlu berbahagia dengan kehadiran Carne Smoke House. Setidaknya kehadiran Carne memberikan satu pilihan lain dari yang sudah ada saat ini.

Smoke house yang berlokasi di Cipete, Jakarta Selatan itu. Menyediakan satu makanan  berbahan daging yang khas dari Texas, yakni brisket. Sehingga untuk kalian yang belum pernah atau bahkan rindu ke Texas bisa mampir ke sana.

Carne yang baru berdiri Oktober 2016 lalu, didirikan oleh empat pemuda penikmat daging yang terbilang nekat. Bermodal kecintaan pada daging, mereka akhirnya memutuskan untuk mendirikan tempat makan. Meski dengan pengalaman yang belum ada sama sekali.

“Kita ini sebenarnya kelewat iseng dan nekad. Kalau tidak begitu, yha gak bisa buka restoran,” ujar Iil, salah satu owner Carne.

Brisket a la Carne Smoke House berpadu dengan burger mereka yang lezat. (Foto: Alfian Putra)
Untuk mendapatkan cita rasa brisket seotentik tempat asalnya, mereka berpedoman pada buku yang di keluarkan Franklin Barbecue -salah satu smoke house yang terkenal di Texas. Sisanya pengalaman belajar yang menuntun mereka.

Mulai dari pemilihan daging, cara membakar, membuat alat pembakar, sampai proses pemilihan kayu yang tidak bisa sembarangan pun mereka lakukan pelan-pelan. Butuh waktu selama dua bereksperimen, selama itu pula mereka telah menjalani 22 kali percobaan. Hingga pada akhirnya mereka berhasil menemukan citarasa dan tekstur brisket yang ideal.

Sampai satu ketika, Iil menceritakan, sempat kedatangan pengunjung dari Amerika Serikat dan pelajar Indonesia yang kebetulan kuliah di Austin. Para pengunjungnya itu sampai menduga bahwa pemilik Carne berasal dari Texas atau orang yang pernah ke sana.

“Kita ini belum pernah pergi ke Texas. Walaupun pernah ke Amerika Serikat. Nyobain brisket justru di tempat lain,” aku Iil.

Untuk menikmati brisket, bisa dengan garlic mashed potatoes, sweet potatoes, corncob, maca and cheese, fries, dan coleslaw.

Salah satu steak Carne Smoke House dengan berbagai varian sauce yang melengkapinya. (Foto: Alfian Putra)

Selain menjadikan brisket sebagai menu unggulan, Carne juga menjual berbagai makanan daging lainnya seperti steak, ribs, dan burger. Brisket sendiri dijual dari ukuran 100gram dan seterusnya, sesuai kemampuan konsumsi pengunjung. Selain terdapat pilihan sause steak yakni chimichurri, bbq, cream mushroom, dan blackpepper.

Untuk harga Carne Steak House mulai dari kisaran Rp. 59,000,-. Sejauh ini mereka tidak melayani pemesanan take away dan lebih direkomendasikan untuk makan di tempat.

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon