(Foto: official)

Kondisi Indonesia yang pelik belakangan ini, di mana bentuk intoleransi antar sesama terus terjadi bahkan hingga saat ini. Ternyata membuat beberapa pihak tergerak untuk meredamnya dengan berbagai caranya tersendiri.

Salah satu upaya meredam hal tesebut, hadir di Bali dalam bentuk Sanur Village Festival XII 2017 yang akan digelar 9-13 Agustus 2017. SVF 2017 bakal menghadirkan kemasan festival penyadaran dengan turut serta membumikan, menggelorakan dan menebarkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Ketua Umum SVF Ida Bagus Gde Sidharta Putra, mengatakan akhir-akhir ini, berbagai kenyataan pahit di negeri yang kita cintai telah menggerakkan elemen anak bangsa untuk semakin mengakui perbedaan dalam bingkai kesatuan jiwa Indonesia. Namun, atas segala kondisi itu tidaklah berarti kita harus diam dan membiarkan secara pelan-pelan maupun cepat terjadinya ketidakharmonisan kerukunan berbangsa. SVF sangat merasakannya, dan sebagai festival yang telah membingkai tema dasar “The new spirit of heritage”, maka Bhinneka Tunggal Ika adalah bagian penting sebagai gerakan moral yang patut dan wajib dikumandangkan secara terus menerus.

SVF dengan program-programnya berupaya menciptakan “festival kesadaran” dengan turut menebarkan pesan-pesan kebaikan bagi persatuan dan kesatuan yang ber-bhinneka Tunggal Ika.

SVF 2017 akan menghadirikan berbagai duta seni dari pelosok pulau di Indonesia dan belahan dunia, sebagai representasi mengedepankan keanekaragaman budaya yang ada. Sekaligus membuktikan bahwa masyarakat Sanur sangat terbuka bagi seluruh umat manusia.

“SVF selalu melihat kembali setiap perjalanannya sebagai bagian introspeksi. Bhinneka Tungal Ika yang telah dicanangkan sebagai tema besar festival kiranya dapat pula dimaknai secara khusus sebagai wujud bagian cinta tanah air dan bangsa,” ujarnya.

Seperti pada pagelaran sebelumnya, SVF 2017 akan dimeriahkan oleh pertunjukan musik, atraksi seni budaya, dan beberapa sajian lainnya. Selain itu akan tersedia juga bazar makanan dan minuman. Semuanya dalam balutan konsep nuansa Indonesia.

SVJ tahun ini memang mengedepankan semangat persatuan dan nasionalisme kebangsaan yang dikemas dalam bentuk simbolisme, imej, citra maupun pesan sesuai konteks yag diusung. Hal-hal tersebut akan diimplementasikan dalam garapan program event.

Di harapkan masyarakat yang menghadiri SVF 2017 mampu menjadi bagian yang terintegrasi untuk membangun kesadaran membangun kehidupan yang harmonis.

“Kebersamaan dan kegembiraan mengakui perbedaan itu di antaranya tercermin dari panggung hiburan yang disaksikan ribuan penonton. Oleh karena itu kami selalu berupaya menampilkan hiburan yang terbaik,” kata Gusde. Hiburan atau tampilan program SVF ke-12 diharapkan juga dapat menyentuh dan menyuarakan pentingnya ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Information:
BHINNEKA TUNGGAL IKA
Sanur Village Festival ke-12
Berlokasi di Maisonette Inna Grand Bali Beach, Sanur Bali
Rabu 9 Agustus – Minggu 13 Agustus 2017
Terbuka untuk umum
Setiap hari dari jam 11 pagi hingga jam 11 malam

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Plataran BNI X-Trail 2017, Oase Bagi Penggila Olahraga Lari

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut