Salah satu scene yang ada di video musik Naif karya The Jadugar. (Foto: official)

Kalau kalian pernah menyaksikan video musik Naif “Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia” yang sangat ikonik itu. Di mana dalam video berdurasi tiga menit 52 detik, muka-muka personil Naif muncul dalam format 2D berikut background berformat sama, menyusun satu cerita yang menarik dan eksentrik.

Video musik yang rilis tahun 2003 tersebut adalah hasil kreatif dari The Jadugar, kolektif video yang dibentuk oleh Henry “Betmen” Foundation, Anggun Priambodo, dan Nana Suryadi.

Video Naif hanyalah salah satu dari kepiawaian trio visual ini menyajikan satu karya yang eksploratif. Band-band seperti The Brandals, Boys Are Toys, C’mon Lennon, White Shoes & the Couples Company, Pure Saturday, Peterpan, dan bahkan Nidji pun pernah merasakan sentuhan magic The Jadugar. The Jadugar lahir di masa MTV dalam kondisi terbaiknya.

Kini The Jadugar dalam proses pengerjaan proyek terbaru, yakni berupa buku berisi catatan di balik pembuatan video klip sejak 2003 silam. Untuk mewujudkan itu, dibutuhkan dana sebesar 30 juta rupiah.

Dalam proyek yang mereka berinama Kreasi Buku The Jadugar: Bersama-Sama Merekam Sejarah, The Jadugar mengajak masyarakat untuk ikut menggalang dana melalui sistem crowdfunding di wujudkan.com. Buku tersebut nantinya berisi storyboard, sketsa kasar, hasil wawancara dengan orang-orang yang terlibat, sampai materi-materi fisik lain yang belum terpublikasi.

“Pengalaman menikmati arsip fisik, terutama di era dijital ini, sangatlah istimewa. Konten disajikan dalam bentuk yang bisa dipegang akan meninggalkan kesan yang lebih mendalam,” tutur Anggun Priambodo, salah satu inisiator the Jadugar. “Pemikiran inilah yang mendorong kami membuat buku arsip dan kami ingin buku ini menjadi sebuah karya kolaborasi. Oleh karenanya, kami memutuskan untuk melakukannya melalui crowdfunding di Wujudkan.com,” demikian tutur Anggun lebih lanjut.

Kreasi Buku The Jadugar akan berkampanye untuk menggalang dana hingga 30 Maret 2017 di Wujudkan.com, bersama dengan 9 Kreasi lainnya. Untuk ikut mendukung Kreasi-kreasi ini, kunjungi www.wujudkan.com dan jadilah bagian dari terwujudnya karya kreatif Indonesia.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut