Pada tanggal 9 Maret 2017 kemarin kita merayakan hari musik nasional. Dengan adanya Hari Musik Nasional ini diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia agar lebih lagi untuk mengaspirasi setiap karya dari musisi Indonesia. Khususnya bagi generasi muda di Indonesia, kalian tidak perlu malu jika kalian menyukai musik dalam negeri, karena kenyataanya, banyak musisi Indonesia yang karya nya diakui dan disukai di dunia. Tidak percaya? Berikut beberapa musisi asal Indonesia yang karya nya di akui di luar negeri.

 

  1. To Die-Indra Menus
Foto:Whiteboardjournal.com

Indra Menus yang dikenal dengan nama panggung To Die adalah seorang musisi, organizer dan pelapak di scene underground Yogyakarta. Lirik ciptaannya sering sekali mempunyai unsur kental yang berkaitan dengan kehidupan pribadinya, opini pribadi yang cenderung bersifat politis, dan situasi negara dunia berkembang. Selain memiliki proyek di dalam To Die, Indra Menus juga aktif di organizer gig musik independen, YK Booking: General Manager records label independen, Kongsi Jahat Syndicate: agensi booking tur band, Doggy House Records: serta bergerak di bidang arsip zine bersama Jogjakarta Zine Attak. Selain itu Indra juga seorang penulis musik di Asia Tenggara bernama Shock & Awe Magazine.

 

  1. White Shoes and The Couples Company
Foto:Official

Mungkin awalnya ketika mendengar nama grup band satu ini kalian mengira band ini berasal dari luar negeri, tetapi grup band ini murni berdarah Indonesia. Grup band ini merilis album yang sama dengan mana grup band mereka pada tahun 2005 dan album tersebut berhasil beredar di dua negara yaitu Indonesia (Aksara Records tahun 2005) dan Amerika Serikat (Minty Fresh tahun 2007).

 

  1. Joey Alexander
Foto:Official

Joey Alexander, bocah berusia 13 tahun ini memiliki bakat yang luar biasa dalam hal memainkan piano. Walaupun di usia nya yang masih muda, Joey berhasil membanggakan Indonesia dengan masuk menjadi nominasi di Grammy Awards 2016 di kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental. Meskipun tidak membawa pulang piala, aksinya di panggung Grammy waktu itu cukup jadi perhatian di dunia. Di tahun 2017, Joey berhasil lagi masuk ke dalam nominasi Grammy Awards 2017 di kategori Best Improvised Jazz Solo.

 

  1. Sandhy Sondoro
Foto:Official

Pria satu ini memang tidak diragukan lagi bakatnya di dalam bidang musik. Hal ini dibuktikkan ketika ia berhasil memenangkan festival penyanyi muda internasional New Wave tahun 2009 di Latvia. Selain itu, Sandhy juga pernah mendapatkan kesempatan manggung dengan Gloria Estefan dan Toni Braxton di Palladium Theater Hollywood, Los Angeles.

 

  1. Senyawa Band
Foto:electronicbeats.net

Senyawa band beranggotakan dua pemuda dari latar belakang musik yang berbeda. Rully berasal dari skena musik rock eksperimental dan Wukir telah mengabdikan dirinya pada musik tradisional. Tetapi dari perbedaan itulah menghasilkan karya yang indah. Hal ini dibuktikan bahwa band satu ini telah berhasil perform di Asia, Australia, dan Eropa. Selain itu, mereka juga pernah melakukan kolaborasi dengan Lucas Abela, Yasuke Akai, Jon Sass, Damo Suzuki, Jerome Cooper, Keiji Haino, Melt Banana, Tatsuya Yoshida, Charles Cohen, David Shea dan Kazuhisa Uchihashi.

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon