Bertemu jellyfish di Kakaban. (Foto: NN)

Akhir pekan sudah nampak di wajah kita semua. Tentu menjadi hal yang paling membahagiakan karena besok hari anti alarm sedunia. Artinya, kita bisa santai di rumah, setelah rutinitas harian sebagai masyarakat urban yang melelahkan.

Enaknya sih pergi berlibur ke luar kota, supaya bisa sekalian refreshing. Tapi waktunya kurang memadai. Nonton dvd seharian, pergi ke taman, atau hangout ke cafe yang akhirnya jadi pilihan deh.

Tapi boleh nih ada satu destinasi yang bisa di keep untuk liburan panjang nanti, jika waktunya cukup. HangOut mau merekomendasikan pesona alam Derawan Island di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang ciamik.

Apa saja sih yang membuat Derawan itu patut dikunjungi ?

1. Laut yang indah
Orang-orang sih bilang kalau Derawan Island itu seperti Maldive-nya Indonesia, karena keindahan lautnya. Di sana kita akan disuguhkan laut dengan gradasi warna biru dan hijau. Pasir pusir yang terhampar begitu saja, seakan menanti dijamah lembut oleh yang datang. Barisan pohon kelapa di pesisi pantai yang menghembuskan angin semilir. Oh tak lupa, rumah-rumah yang bisa disewa untuk menginap, yang letaknya 100 meter menjorok ke tengah laut. Dari sana, kita bisa tuh lihat ikan warna-warni dan penyu.

(Foto: NN)

2. Diving ke Taman Laut
Ada beberapa taman laut di sekitar perairan Derawan Island yang bisa kita jadikan spot diving dengan kedalaman kurang lebih 5 meter. Di taman laut itu bisa dijumpai beragam biota laut seperti cumi-cumi, kuda laut, gurita, ikan pipa, belut pipa, ikan skorpion, dan aneka jenis terumbu karang. Fyi, terumbu karang di Derawan itu mencakup 53% terumbu karang dunia.

3. Tempat Hidup Beragam Biota Laut
Kita juga perlu mengunjungi beberapa pulau -Sangalaki, Kakaban, Maratua- yang ada di sekitar Derawan yang memiliki keunikan masing-masing. Beberapa pulau tersebut menjadi habitat bagi ikan pari hitam yang lebarnya bisa 6 meter, ketam kelapa, lumba-lumba, penyu hijau, penyu sisik, paus, dugong.

(Foto: NN)

4. Gunung Putih dan Danau Tengah Laut
Nah ini dia asyiknya kalau ke Derawan. Kita bukan hanya bisa menikmati laut. Bisa juga mendaki gunung dan menikmati sunrise dari ketinggian tebing Gunung Putih yang terletak di Pulau Maratua. Atau menikmati salah dua dari danau air payau dunia, yang salah satunya ada di Pulau Kakaban. Menarik yha ?

Jadi pengen langsung ke Derawan. Cek kalender ah, siapa tau ada libur panjang.

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Plataran BNI X-Trail 2017, Oase Bagi Penggila Olahraga Lari

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut