Filastine terdiri dari Nova Ruth (kiri) dan Grey (kanan). Duo elektronik lintas negara, salah satunya dari Indonesia. (Foto: julietaferoz)

Masih ingat dengan Filastine yang sempat bikin heboh industri musik Indonesia dengan “Colony Collapse” nya yang menggabungkan unsur tradisional jawa dan elektronika ? Duo elektronik lintas negara Grey dari Amerika Serikat dan Nova Ruth dari Indonesia yang pernah tampil live di KEXP pada Juni 2016 lalu ?

Baiklah jika sudah ingat. Kami akan memberi sebuah kabar tapi sebelumnya ada hal yang perlu dituturkan. Filastine sejak 2016 lalu membuat proyek video serial bertajuk Abandon. Satu persatu episodenya telah mereka rilis, ada “The Miner” (Maret 2016), “The Cleaner” (Mei 2016), dan “The Salarymen” (Oktober 2016).

Kabarnya adalah sekarang mereka akan menggenapi serial Abandon dengan merilis “Los Chatarerros” sebagai penutup.

(foto: filastine)

Los Chatarerros adalah istilah bagi para pemulung besi tua yang hampir setiap malam beraktivitas di Barcelona, Spanyol. Bermodal troli usang, mereka berjalan memburu logam bekas, besi tua, hingga sampah perangkat keras. Kebanyakan para pemulung itu ialah para imigran gelap yang sebagian datang dari Afrika.

“Orang-orang [pemulung] seperti itu sebenarnya tersebar di mana-mana, namun seperti takterlihat mata. Kehadiran mereka juga terbilang sangat aneh untuk citra Barcelona yang seringdicap sebagai kota yang trendi dan berbudaya,” ungkap Grey Filastine yang sudah bertahun-tahun tinggal di kota Barcelona.

Baca juga: Let’s Ride To Barcelona

Filastine menggarap “Los Chatarerros” dalam bentuk audio visual. Di mana menampilkian adegan dari kegiatan para pemulung tersebut.

(Foto: Severine Sajous)

Abandon merupakan serial video musik yang mengambil satu tema utama yaitu tarianpembebasan dari kelas pekerja atau buruh yang tertindas (dances of liberation fromdegrading work). Setiap videonya menggambarkan tarian katarsis yang unik, yang direkamdari beberapa lokasi, sebagai metafora dan simbol protes atas kehidupan profesi yang kerapmenihilkan rasa kemanusiaan.

Empat single bagian dari Abandon rencananya akan menjadi satu paket album Filastine bertajuk Drapetomania. Akan ada tambahan beberapa materi lainnya juga. Menurut rilis yang diterima, album tersebut akan meluncur pada April 2017 nanti dalam format vinyl, CD, dan digital. Setelah itu akan dilanjutkan promo tour ke Spanyol, Perancis, Inggris, Tunisia, hingga Italia.

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut