Ada yang tidak biasa dari koleksi terbaru label tekstil Sejauh Mata Memandang yang dirilis bertepatan dengan acara Jakarta Kita yang digelar di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat pada Senin (17/4) lalu. Sejauh Mata Memandang menjalin kerjasama dengan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Provinsi DKI Jakarta, untuk memberikan pelatihan batik dan sulam kepada ibu rumah tangga yang bermukim di rumah susun Jakarta. Tujuannya tidak lain supaya meningkatkan keterampilan dan memberdayakan ekonomi masyarakat yang tinggal di lingkungan rumah susun.

“Tujuan program ini tidak hanya mengajarkan keterampilan. Kita ingin ibu-ibu ini semua bisa menghasilkan karya dan difasilitasi untuk belajar jadi usahawan,” kata Ibu Veronica Basuki Tjahaja Purnama, selaku Ketua Dekranasda DKI Jakarta. “Adalah tugas kami memastikan bahwa seluruh warga masyarakat di Jakarta, terutama ibu-ibunya, memiliki keahlian dan keterampilan agar mereka bisa berdaya dan berkontribusi terhadap pendapatan keluarga.”

Beberapa rumah susun seperti Marunda, Pesakih, dan Pulo Gerbang menjadi tempat lokasi pelatihan. Koleksi tekstil terbaru Sejauh Mata Memandang mengedepankan motif Batik Semanggi yang dirancang oleh Chitra. Motif ini terinspirasi oleh ikon kota Jakarta, Jembatan Semanggi, yang diresmikan pada tahun 1962 untuk menyambut Asian Games pada tahun itu. “Jembatan Semanggi adalah sebuah simbol persatuan karena menghubungkan berbagai wilayah di Jakarta—Utara, Selatan, Barat, dan Timur—tanpa hadirnya lampu lalu lintas,” ungkap Chitra. “Proyek Simpang Susun Semanggi yang sedang dibangun sekarang semakin menginspirasi saya untuk membuat koleksi ini.”

Menampilkan ilustrasi daun semanggi berhelai empat serta garis marka jalan di Jakarta, motif baru ini diaplikasikan oleh para ibu rumah tangga dari Rusun Marunda, Jakarta Utara, di atas kain katun melalui teknik batik tulis. Batik yang dihasilkan memiliki warna beragam seperti hijau, merah, kuning, dan biru tua, serta akan dipasarkan dalam berbagai bentuk produk, mulai dari kain, scarves (syal), hingga multi-functional cloths.

Di samping itu, Sejauh Mata Memandang juga melansir beragam bantal dekorasi yang dihiasi hasil sulaman tangan ataupun kain batik bermotif Semanggi, ditambah dengan aksen pom pom warna-warni khas Betawi. Bantal-bantal ini dibuat dengan tangan oleh ibu-ibu rumah tangga dari Rusun Pesakih, Jakarta Barat, dan Rusun Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Setiap produk yang menjadi bagian koleksi ini merupakan hasil tangan para ibu rumah tangga di rusun-rusun Jakarta, yang telah menjalani pelatihan selama 6 bulan di bawah asuhan Dekranasda DKI Jakarta untuk menjadi pengrajin batik dan sulam yang terampil. Hal ini sejalan dengan salah satu misi Sejauh Mata Memandang untuk memberdayakan para perempuan Indonesia, khususnya para ibu, yang diwakili dengan tagar media sosial, #SejauhSupportsLocalMoms.

Sejauh Mata Memandang akan menampilkan koleksi terbarunya ini dalam sebuah pameran instalasi yang merupakan hasil kolaborasi dengan Felix Tjahyadi selaku Exhibition Designer dan Agra Satria selaku Exhibition Graphic Artist. Sebagai persembahan utama acara ‘Jakarta Kita’ yang melambangkan rasa cinta bersama terhadap kota Jakarta, pameran ini terbuka untuk umum di Jakarta Creative Hub, Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat hingga 13 Mei 2017.

Sejauh Mata Memandang adalah sebuah label tekstil yang terinspirasi kekayaan alam dan budaya Indonesia. Sejauh Mata Memandang bekerja sama dengan para artisan dan pengrajin di berbagai sudut Indonesia—Jawa, Bali, Sumba—di mana setiap helai kain dihasilkan dengan teknik tradisional yang diwariskan turun-temurun serta sarat akan cerita dan makna. Produk Sejauh Mata Memandang kini meliputi kain, aksesoris, dan pakaian ready-to-wear untuk wanita, pria, dan anak-anak, serta produk home and living, yang dapat ditemui di butik-butik ternama Indonesia dan internasional serta online store di sejauh.com.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut