Bagi para penggemar sneakers atau yang disebut juga dengan sneakerhead, sepatu Air Jordan dari Nike memang sudah menjadi barang yang wajib untuk dimiliki. Tapi seperti yang kita semua ketahui, Air Jordan sendiri mempunyai berbagai seri yang jumlahnya relatif banyak. Daripada kebingungan, berikut adalah 5 seri sepatu Air Jordan yang wajib dimiliki bagi kalian sneakerhead sejati!

Air Jordan I

Jordan I. Foto: Hypebeast.

Sepatu yang satu ini sudah pasti menjadi seri yang paling ikonik yang harus dimiliki sneakerhead. Alasannya jelas, sepatu ini merupakan seri Air Jordan pertama yang dirilis pada tahun 1985. Ketika pertama dirilis, sepatu ini memiliki warna dominan merah dengan aksen hitam-putih yang dibuat selaras dengan warna kebanggaan Chicago Bulls, tim yang dibela Michael Jordan saat itu. Namun hingga saat ini, berbagai warna Air Jordan I telah dirilis hingga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Air Jordan III

Jordan III. Foto: Flightclub.

Sepatu ini merupakan sepatu seri pertama Jordan di mana menampilkan logo ‘Jumpman’ yang merupakan signature move dari Jordan saat berpartisipasi pada NBA Dunk Contest.

Desain sepatunya sendiri memiliki dominasi warna putih dan dilengkapi dengan aksen bermotif pada bagian belakang sepatunya. Sepatu ini mulai dipakai Jordan sejak tahun 1988 dan baru dijual ke pasaran pada 1994. Namun sepatu ini tidak terlalu sukses saat pertama kali dirilis ke pasaran. Namun semuanya berubah semenjak sepatu ini kembali dirilis ulang pada tahun 2001, sneaker ini justru menjelma menjadi primadona para sneakerhead. Sepatu ini diberitakan sebagai salah satu sepatu favorit Michael Jordan.

 

Air Jordan IV

Jordan IV. Foto: Kickgame.

Sepatu ini juga menjadi ikon dari seri Air Jordan karena saat Jordan bermain dengan sepatu Jordan IV, dunia mengenal istilah ‘The Shot’ yaitu tembakan buzzer beater Jordan saat mengalahkan Cleveland Cavaliers dalam Eastern Conference Finals. Akibatnya sepatu Jordan IV yang dikenakan Jordan saat pertandingan ikut dikenal oleh dunia dan terus diburu para sneakerhead hingga saat ini.

Air Jordan V

Jordan V. Foto: jordansdaily.

Air Jordan V dirilis oleh Nike pada tahun 1990, sepatu ini merupakan pengembangan dari Air Jordan IV, di mana desain yang dari sepatu ini sedikit banyak menyerupai seri sebelumnya. Namun sepatu ini dilengkapai dengan tambahan beberapa teknologi yang cukup revolusioner pada masanya. Warna dan model sepatu yang sangat identik dengan era 90an membuat sepatu ini terus diburu hingga sekarang.

Air Jordan XI

Jordan XI. Foto: Jordanshoeshq

Jordan XI merupakan salah satu sepatu yang dirilis saat Jordan sedang menggeluti olahraga baseball. Sang designer sepatu, Tinker Hatfield menciptakan sepatu ini dengan harapan Michael Jordan suatu saat akan kembali bermain basket dan menggunakan sepatu ini. Bahan condura nylon yang digunakan pada bagian atas sepatu digunakan agar sepatu ini lebih ringan dibanding seri-seri sebelumnya.

Saat Michael Jordan kembali bermain pada tahun 1995, Jordan menggunakan sepatu ini dan membantu Chicago Bulls memenangkan musim 1995-1996. Sepatu ini kembali mendapatkan media exposure di saat Jordan menggunakan sepatu ini dalam film Space Jam. Berkat tingkat popularitasnya yang tinggi, sepatu ini telah beberapa kali dirilis ulang oleh Nike.

Itu dia lima seri sneakers Air Jordan paling ikonik yang harus dimiliki para sneakerhead sejati. Air Jordan mana yang menjadi favoritmu?

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Plataran BNI X-Trail 2017, Oase Bagi Penggila Olahraga Lari

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut