Punya waktu luang yang panjang dan berencana untuk keliling Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke? Kalau iya, pasti kamu akan berpikir mengenai seberapa banyak tas dan keperluan yang harus kamu bawa saat traveling ini, kan? Tenang, semuanya bisa kok kamu lakukan hanya dengan membawa satu backpack saja. Kunci utamanya adalah pandai dalam mengemasnya. Penasaran gimana caranya? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Source: http://blog.eurail.com/
  1. Sleeping bag

Biasakan untuk mulai packing dengan menaruh barang yang tidak terlalu penting di bagian paling bawah. Sebagai langkah awalnya, mungkin kamu bisa memulainya dengan menaruh sleeping bag di bagian paling bawah. Hal ini karena kamu hanya akan membutuhkannya saat malam hari saja.

  1. Sepatu atau Sandal

Langkah selanjutnya adalah menaruh sepatu atau sandal cadangan yang akan kamu pakai selama traveling di atas sleeping bag.

  1. Baju atau Jaket Tebal

Barang selanjutnya yang bisa kamu letakkan adalah beberapa helai baju atau jaket tebal. Ingat ya, kamu tidak perlu membawa jaket terlalu banyak, karena nantinya tidak akan terpakai dan hanya akan memenuhi tas kamu saja.

  1. Gadgets

Lalu, kamu bisa mengisi space berikutnya dengan berbagai macam gadget atau peralatan mandi yang akan kamu bawa. Pastikan untuk menyimpannya dalam sebuah pouch atau kantong dan membungkusnya dengan plastik untuk berjaga-jaga jika suatu saat backpack kamu basah karena kehujanan. Plastik ini bisa melindungi gadgetmu agar tidakrusak.

  1. Pakaian

Setelah gadget, barang selanjutnya yang bisa kamu kemas adalah pakaian. Cara terbaik untuk mengemas T-shirt adalah dengan cara menggulungnya sekecil mungkin. Tidak perlu membawa terlalu banyak T-shirt atau celana, karena saat membutuhkannya, kamu bisa membelinya di tempat tujuan wisatamu nanti. Oh iya, jangan lupa untuk mengemas semua perlengkapanmu serapat mungkin tanpa celah ya, agar masih banyak ruang tersisa untuk barang lainnya!

  1. Laundry Bag

Hal penting lain yang juga tidak boleh terlupakan adalah laundry bag atau plastic pakaian kotor agar tidak tercampur.

  1. Obat-obatan

Kalau ada pepatah yang bilang ‘sedia paying sebelum hujan’, kamu juga harus sedia obat-obatan sebelum berpetualang. Selalu bawa vitamin dan obat-obatan, terutama jika kamu punya penyakit cukup serius seperti maag, asma, atau alergi. Kamu tentunya tidak mau kan momen liburan jadi terganggu?

  1. UangTunai

Selain uang tunai yang akan kamu simpan di taskecil (waist bag) untuk berbagai keperluan saat perjalanan, penting juga untuk menyimpan uang di dalam backpack untuk berjaga-jaga. Simpan dalam dompet atau kantong, kemudian simpan di bagian tengah backpack bersama dengan pakaian.

  1. Handuk, Sarung, dan Jas Hujan

Di bagian paling atas inilah kamu bisa menyimpan handuk, sarung, dan jashujan. Hal ini akan mempermudah kamu untuk berjaga-jaga jika suatu saat hujan, maka kamu tidak perlu kesulitan mencari jas hujan. Fungsi dari menyimpan handuk dan sarung di bagian atas ini juga adalah untuk menjaga barang-barang lainnya agar tetap kering jika suatu saat tas basah karena hujan atau hal lainnya.

Nah, mengingat kamu akan traveling dalam waktu yang cukup lama, maka pastikan barang yang kamu butuhkan sudah terbawa semua, ya! Buat list barang yang dibawa saat traveling sebelum packing dilakukan. Good luck!

 

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon