Hampir semua orang setuju kalau Pulau Flores adalah salah satu destinasi wisata paling banyak diburu oleh banyak orang saat ini? Yup, ini semua karena pesona landscape dan pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Dan yang tidak kalah seru juga adalah sensasi saat melihat kadal terbesar yang ada di dunia, yaitu komodo. Tapi, dengan banyaknya tempat yang bisa kamu kunjungi di Pulau Flores membuat kamu jadi lupa dengan beberapa peraturan yang ada di sana, ya! Nah, buat kamu yang berencana traveling ke Flores, simak dulu yuk beberapa hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan di sana!

1. Bawa baju secukupnya

Source: REI.com

Mengingat banyaknya kegiatan yang akan kamu lakukan selama berada di Pulau Flores, baik di darat maupun di laut, hal yang harus kamu perhatikan adalah untuk membawa baju ganti yang cukup. Ingat ya, banyak waktu yang akan kamu habiskan untuk berenang menikmati pemandangan bawah laut, sehingga jangan lupa bawa baju renang, ya! Oh iya, kamu juga akan banyak berkeringat saat melakukan trekking ke beberapa bukit dan pulau yang ada di sekitar Pulau Komodo, so pastikan kamu membawa baju ganti yang cukup agar tetap nyaman dan tidak lengket serta bau badan selama berlibur.

2. Bawa obat-obatan pribadi

Biasanya, orang akan live on boat atau tinggal di dalam kapal selama beberapa hari (saat traveling di Pulau Komodo). Ini artinya kamu akan jauh dari peradaban kota karena kamu akan melakukan berbagai kegiatan di atas kapal, seperti makan, mandi, tidur, buang air, dan lainnya. Makanya, sangat penting untuk membawa perlengkapan serta obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga. Pastikan kalau persediaan obat anti masuk angin mencukupi, ya! Hal ini karena kamu akan banyak menerima terpaan angin dan sinar matahari yang tidak menentu selama berlayar.

3. Bawa uang yang cukup

Meskipun kamu akan berada di atas kapal selama beberapa hari, tapi penting juga lho untuk menyiapkan uang yang cukup untuk beberapa kemungkinan yang muncul saat mengunjungi beberapa pulau yang akan disinggahi. Misalnya saja untuk membayar perahu kecil (seperti sekoci) untuk menyeberang ke Pink Beach, membeli kelapa muda di Pulau Padar, menyewa tempat duduk dan makan di Pulau Kanawa, atau untuk membeli souvenir saat berkunjung ke Pulau Komodo atau Rinca untuk melihat Komodo. Sekedar info saja, hampir semua hal di sana dipatok dengan harga yang lumayan mahal, lho! Bayangkan saja, untuk menikmati kelapa muda saja kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000. Lumayan, kan?

3. Sunblock is a must!

Source: Reader’s Digest

Namanya juga tinggal di kapal, pastinya kamu akan terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, kan? Plus, sengatan matahari di sana juga cukup jahat alias panas, lho! Jangan lupa untuk membawa sunblock dan pakai selalu di kulit kamu, ya! Hal ini sangat penting untuk menjaga kulit kamu tetap sehat dan tidak terbakar. Tidak hanya gosong dan terbakar, lupa memakai sunblock juga akan membuat kulit kamu mengelupas. Seram, kan?

4. Stay close to your ranger

Nah, ini juga sangat penting untuk diperhatikan demi keselamatan hidup kamu saat berkunjung ke Pulau Komodo, Rinca, atau pulau lainnya untuk melihat sang komodo. Mengingat kalau binatang purba yang satu ini sangatlah agresif dan mematikan, pastikan kalau kamu selalu berada di dekat sang ranger atau pawang komodo, ya! Jangan sampai kamu berkeliaran tanpa pengawasan mereka jika tidak ingin berakhir terluka. Dengarkan dan patuhi juga semua informasi yang diberikan oleh sang pawang selama berada di sana.

5. Gunakan sandal atau sepatu trekking

Selama di Pulau Komodo, hampir sebagian besar kegiatannya adalah trekking di perbukitan, maka pastikan untuk memakai sandal atau sepatu khusus trekking ya agar lebih nyaman dan tentunya tidak akan membuatmu terjatuh.

6. Use your life vest

Selain trekking, kamu juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot untuk snorkeling atau sekedar berenang di laut yang jernih dengan pemandangan yang sangat indah. Tapi, kalau kamu merasa ragu dan takut terbawa arus yang cukup tinggi, jangan ragu untuk selalu menggunakan life vest yang sudah tersedia, ya! Usahakan untuk berenang di dekat sang tour guide atau temanmu yang sudah jago berenang.

7. Berenang di Manta Point

Salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pulau Komodo adalah berenang di Manta Point. Jika beruntung, kamu dapat dengan mudah menemukan bahkan berenang bersama Manta Ray dalam jarak yang sangat dekat, lho! Pengalaman ini sungguh sangat menyenangkan, apalagi untuk kamu yang suka diving. Bayangkan saja, kamu bisa berenang dengan salah satu ikan terbesar yang ada di bawah laut dengan leluasa! Tapi, biasanya manta ray hanya akan keluar saat arus sedang tinggi, jadi pastikan kalau kamu melengkapi diri dengan life vest atau didampingi sang tour guide, ya! Namun tidak jarang juga mereka akan menampakkan diri saat arus sedang tenang. Ya, kembali lagi itu semua jika kamu sedang beruntung. So, perbanyaklah berdoa!

8. Persiapkan baterai kamera dan handphone

Jauh dari perkotaan juga akan membatasi kamu dalam menggunakan listrik, termasuk di dalam kapal di mana sang nahkoda hanya akan menyalakan listrik mulai dari siang hingga jam 11 malam. Maka pastikan untuk mengisi baterai kamera dan handphone hingga penuh untuk mendokumentasikan perjalananmu selama di sana, karena percaya deh, rasanya tidak akan pernah ada puasnya untuk mengambil foto pemandangan yang luar biasa indahnya di sana. The scenery is so ALIVE!

9. Pakai provider seluler yang tepat

Kalau sudah traveling, pastinya kalian butuh internet untuk berbagi pengalaman di sosial media, kan? Untuk masalah ini, pastikan kalian sudah mencari tahu provider apa yang bisa dipakai selama ada di Flores, ya! Di Indonesia sendiri hanya ada satu provider yang berfungsi di sana. Hmm, be smart!

 

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon