Foto: NN

Kendrick Lamar Duckworth atau lebih mudah dikenal dengan Kendrick Lamar. Seorang rapper asal California yang namanya sedang dibicarakan jagat hip hop dunia, setelah melepas DAMN -album keempatnya pada April 2017 kemarin. Diawali dengan single “Humble” kemudian “DNA”, Lamar berhasil menjadi nomor satu di chart Billboard 200, sebuah pencapaian ketiganya di industri musik Amerika Serikat. Bahkan Lamar duduk di atas sederet nama seperti Drake dan Ed Sheeran.

Tangga lagu 200 Billboard AS menghitung peringkat berdasarkan penjualan album, penjualan lagu (10 lagu sama dengan satu album) dan aktivitas streaming (1.500 streaming sama dengan satu album).

Tidak heran bukan, jika Lamar menjadi salah satu nama musisi yang sering dibicarakan ? Lamar menjadi sosok fenomenal pada paruh pertama tahun ini.

Namun…

Ada beberapa fakta yang perlu kalian ketahui soal Lamar.

  1. Kendrick Lamar tidak akan pernah ada tanpa K-Dot

Semua bermula ketika 2004 silam, label independen Amerika Serikat, Top Dawg Entertainment (TDE) yang tercuri perhatiannya oleh seorang remaja kulit hitam berusia 16 tahun. Remaja tersebut merekam sejumlah karyanya menjadi mixtape yang diberi judul Youngest Head Nigga in Charge (Hub City Threat: Minor of the Year) yang menggegerkan masyarakat lokal. Remaja tersebut adalah K-Dot a ka Kendrick Lamar.

Setahun berikutnya, K-Dot berhasil merilis 26 tracks dalam sebuah mixtape berjudul Training Day dibawah label TDE.

  1. Namanya sebagai bentuk penghormatan

Lamar lahir di Compton dari ayah-ibu yang berasal dari Chicago, Illinois. Ibu Lamar adalah seorang penggemar berat penyanyi sekaligus penulis lagu Amerika Serikat, Eddie Kendricks. Begitu anaknya lahir, tanpa pikir lagi, sang ibu menyematkan Kendrick sebagai nama depan untuk anaknya. Jadilah,  Kendrick Lamar Duckworth yang kita kenal sekarang.

  1. Ibu yang selalu mendukung

Begitu album DAMN keluar dan merajai tangga musik Amerika Serikat, tidak hanya Lamar yang turut bahagia melainkan sang Ibu pun demikian. Hal itu diketahui setelah Lamar memposting percakapannya bersama sang ibu di instagram pribadinya. Ibunya bilang, “OMG. This cd is bombbbb! You should of put me and your daddy on this one too. This your best one to me, no bullshit.” Lengkap dengan emoji yang banyak. Beruntungnya Lamar memiliki mereka.

A post shared by Kendrick Lamar (@kendricklamar) on

  1. Berhutang pada Tupac Shakur

Mungkin jika di tahun 1995, Lamar tidak menyimak “California Love” milik Tupac Shakur dan Dr. Dre. Mungkin alur hidupnya sebagai rapper akan berjalan biasa-biasa saja. Lamar berhutung budi sekali dengan kepiawaian dan kekharismatikan Tupac selaku rapper legendaris, yang mana sanggup mempengaruhi musik hingga gaya hidupnya sampai sekarang.

  1. Musisi yang jenius

The Weeknd sedang dalam proses produksi untuk album terbarunya bertajuk Stayboy ketika itu, yang digarap serius dan melibatkan beberapa musisi untuk membantunya dalam menciptakan proses kreatif yang maksimal. Salah satunya dengan membiarkan intervensi Lamar. The Weekend mengaku telah mengenal cukup lama Lamar dan mengakuinya sebagai sosok yang jenius. Sehingga tidak  perlu pikir panjang melibatkannya.

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon