May the 4th be with you. Yup, it’s that time of the year again. Tanggal 4 Mei memang didapuk menjadi hari Star Wars sedunia. Bagi kamu yan belum tahu, tanggal 4 Mei disebut sebagai hari Star Wars sedunia berkat satu kalimat yang sangat penting pada dunia Star Wars, ‘may the Force be with you’, ‘may the fourth be with you’, get it? Nah dalam rangka merayakan hari Star Wars sedunia ini, kami akan membeberkan beberapa fakta unik tentang segala hal berbau Star Wars yang mungkin belum kamu ketahu.

Luke Skywalker is a girl!

Concept art Luke Skywalker (duduk) versi wanita dan Han Solo. Foto. RD.

Almost, yak, salah satu karakter terpenting dalam saga Star Wars sebenarnya direncakan sebagai tokoh perempuan. Tetapi ini semua terjadi saat film Star Wars IV: A New Hope masih dalam proses pengembangan naskah dan cerita. Saat naskah dan cerita dari film ini masih dibuat, George Lucas (sosok yang bertanggung jawab atas masterpiece Star Wars) mendapat masukan bahwa naskah film yang sedang dibuat kekurangan sosok wanita didalamnya. Secara mengejutkan, ia sempat mengganti sang karakter utama merupkan seorang wanita. Pada akhirnya ia kembali mengganti sang pemeran utama menjadi laki-laki.

Judul ‘Asli’ Star Wars

Original Sreenplay awal dari Star Wars. Foto: julienslive.

Ternyata Star Wars bukan lah judul awal dari karya George Lucas ini. Film pertama yang kita kenal dengan judul Star Wars IV: A new Hope ternyata dulu dinamakan ‘Adventures of the Starkiller, Episode One: The Star Wars’. Wow, tampaknya sebuah keputusan yang tepat dari George Lucas.

Master Yoda (nyaris) Diperankan Seekor Monyet

Monyet yang nyaris memerankan Yoda. Foto: The Wrap.

Ya, kamu tidak salah baca, pada proses awal film ini, salah satu karakter Jedi paling ikonik yakni Yoda nyaris diperankan oleh seekor monyet yang ditutupi topeng. Hal ini benar-benar terjadi hingga proses awal produksi dimana (untungnya) seseorang kru film yang sebelumnya pernah terlibat dalam film yang melibatkan monyet mengatakan bahwa hal tersebut tidak mungkin bisa dilakukan, karena sang monyet akan terus menerus melepaskan topengnya. Akhirnya Georgle Lucas memutuskan untuk merekrut Frank Oz untuk “menghidupkan” karakter Yoda.

Duo Patah Tulang

J.J. Abrams dan Harrison Ford. Foto: nydailynews.

Kita bergeser ke Star Wars era modern. Sebuah kisah menarik terjadi dalam proses produksi film Star Wars VII: The Force Awakens. Aktor senior pemeran Han Solo, Harrison Ford, dikabarkan mengalami kecelakaan dan menderita patah tulang kaki saat melakukan adegan didalam pesawat Millenium Falcon. Berita patahnya tulang kaki Han Solo memang cukup tersebar luas, namun banyak yang tidak mengetahui bahwa sutradara J.J. Abrams juga mengalami patah tulang saat ia berusaha membantu Harison Ford sesaat setelah kecelakaan.

Leia: “I Love You…”, Han: “I Know…”.

Leia dan Han. Foto: Magic925.

Salah satu adegan paling dikenal dari karakter Princess Leia dan Han Solo adalah ketikan Leia mengekspresikan rasa cintanya kepada Han, namun secara mengejutkan, Han tidak memberikan respon serupa, dengan gaya sedikit arogan tapi lucuk khas Han Solo, ia hanya membalas “I Know..” kepada Leia. Ternyata dialog dari Han merupakan improvisasi dari sang aktor Harrison Ford, seharusnya dalam naskah jawaban Han Solo adalah “I love you too”. Ford mengaku, meski ia mengetahu Han Solo juga mempunyai perasaan yang sama dengan Leia, karakter Han Solo bukanlah sosok sentimentil cengeng yang perlu menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan perasaannya.

Obi-Wan Tidak Percaya Dengan Kesuksesan Star Wars

Sir Alec Guinness sebagai Obi-Wan. Foto: Business Insider.

Pemeran Obi-Wan versi tua Sir Alec Guinness, ternyata tidak percaya bahwa film Star Wars bisa meraih kesuksesan, bahkan ia menganggap film ini hanya sebagai dongeng fiksi sains murahan. Uniknya, Sir Alec Guinness ternyata ia mendapatkan 2% dari total nilai penjualan tiket film Star Wars sebagai upahnya memerankan Obi-Wan, dari situ ia justru mendapatkan bayaran lebih dari 95 juta dolar! Bahkan Harrison Ford sebagai salah satu pemeran utama “hanya” menerima bayaran 10.000 dolar di Star Wars Episode IV: A New Hope.

Luke Skywalker Menjadi Darth Vader

Luke dan Darth Vader. Foto: Buzzfeed.

Ternyata saat film Star Wars VI: Return of the Jedi masih dalam tahap pengembangan, film ini mempunyai ending yang jauh berbeda dengan versi yang akhirnya diluncurkan. Dalam adegan akhir film, setelah Luke melepaskan helm Darth Vader yang sekarat, ia secara mengejutkan justru mengenakan helm itu, menyatakan bahwa ia memilih bergabung dengan sisi kegelapan, dan meneruskan ayahnya sebagai Darth Vader yang baru. Namun pada akhirnya George Lucas memutuskan bahwa bergabungnya Luke ke sisi kegelapan justru akan menghancurkan esensi saga film Star Wars yang telah ia buat selama bertahun-tahun.

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon