Pecinta kopi harus bangga karena Indonesia adalah salah satu negara dengan penghasil biji kopi terbaik di Indonesia. Meminum kopi bahkan sudah menjadi tradisi atau kebiasaan kebanyakan orang Indonesia. Sama seperti negara-negara lainnya sebagai penghasil kopi terbaik dan terbesar di dunia Indonesia juga punya kopi unik asli Indonesia.

Hampir di setiap daerah memiliki cara khas atau unik dalam penyajian kopi. Beberapa daerah mempunyai bahan campuran tersendiri sehingga menciptakan citarasa kopi yang berbeda bahkan kadang sulit untuk menemukannya di daerah lain. Berikut adalah 7 kopi asli Indonesia yang penyajiannya sangat unik.

Kopi Kawa

Kopi kawa. Foto: Instagram / @z.ihkamuddin

Kopi Kawa khas Sumatera Barat ini berbeda dengan kopi-kopi yang pernah kamu temui sebelumnya. Berbeda dengan kopi-kopi lainnya yang mengandalkan biji kopi dalam proses pembuatan Kopi Kawa malah mengandalkan daun kopi, unik kan?

Kopi yang menjadi ciri khas Sumatera Barat ini biasa disajikan dalam mangkuk yang terbuat dari batok kelapa. Soal rasa Kopi Kawa ini mempunyai rasa kopi yang lumayan kuat, walaupun cara pembuatannya hanya menggunakan daun kopi saja. Sama seperti pembuatan bubuk kopi, Kopi Kawa juga melalui proses yang sangat panjang. Daun kopi kering ini harus melewati proses sangrai selama 12 jam, setelahnya kopi masih harus melewati proses yang enggak kalah panjang

Kopi Jos

Kopi jos. Foto: sprudge.com

Rasanya kopi yang satu ini tidak mungkin kalau tidak kamu ketahui, kopi yang ngetren di Yogyakarta ini juga sangat unik. Bahkan keunikan Kopi Jos dari Yogyakarta ini juga terkenal sampai mancanegara lho.

Ternyata Kopi Jos menggunakan biji kopi yang berasal dari daerah Klaten dan sekitarnya. Makanya kopi ini punya citarasa kopi yang unik, cara penyajiannya pun menambahkan keunikan tersendiri. Kopi tubruk yang dibuat dengan cara tradisional ini akan langsung dimasukkan arang yang masih menyala. Begitu mencicipi Kopi Jos kamu akan langsung merasakan rasa pahit sekaligus legit.

Kopi Luak

Indonesia juga termasuk salah satu negara penghasil Kopi Luwak dengan standar kualitas yang sangat tinggi. Pasalnya biji kopi pilihan akan langsung dimakan oleh Luwak liar. Proses inilah yang akan menjadikan Kopi Luwak mempunyai citarasa yang unik dan berbeda karena Luwak liar mengonsumsi berbagai buah dan tumbuhan yang ada di hutan.

Kopi asli Indonesia yang satu ini juga mempunyai banyak fans di mancanegara. Bahkan harga satu cangkir Kopi Luwak asli Indonesia dibanderol dengan harga jutaan rupiah.

Kopi Durian

Kopi durian. Foto: Instagram / @makankeliling

Memang tidak semua orang menyukai durian tapi Kopi Durian khas Lampung ini wajib kamu coba. Awal mula ide Kopi Durian ini dibuat adalah kebiasaan warga Lampung yang gemar mencelupkan durian ke dalam kopi panas.

Tradisi inilah yang menjadikan Kopi Durian mempunyai citarasa yang sangat unik. Kamu bisa langsung mencoba membuat Kopi Durian di rumah. Seduh kopi Lampung selagi panas campurkan dengan daging durian. Aroma kopi yang harum akan langsung bercampur dengan bau durian rasanya pun akan berubah menjadi pahit dengan rasa manis di akhir.

Kopi Kopyok

Kopi Kopyok. Foto: Instagram / @masi_boocah

Pernah mendengar soal Kopi Kopyok khas kota Gresik? Kalau dilihat dari penampilannya kopi ini memang unik sekali. Kopi Kopyok dibuat dari bubuk kopi yang digiling kasar sehingga rasa kopinya akan lebih terasa asam.

Konon kopi ini harus diseduh dengan air dari sumur bor yang sudah disaring setelah 3 kali. Setelah airnya menididih, air akan langsung dituangkan ke gelas yang sudah diberi kopi bubuk gilingan kasar. Air mendidih yang tercampur dengan kopi ini lah yang menyebabkan kopi kasar naik ke atas. Untuk menikmati kopi unik ini kamu harus mengaduknya terlebihi dahulu.

Kopi Ijo

Kopi Ijo. Foto: Instagram / @kedjawencoffee

Tidak kalah unik dengan kopi-kopi yang sudah disebutkan di atas, Kopi Ijo yang hanya bisa ditemukan di Tulungagung ini juga sangat unik. Kalau biasanya kopi berwarna hitam di kota Tulungagung kopinya akan berwarna hitam kehijauan.

Warna hijau ini tentu bukan karena dicampur dengan zat pewarna ya. Kopi Ijo Tulungagung ini rupanya melewati proses yang juga unik. Kopi akan dicampur dengan kacang hijau makanya warna hijau bisa terlihat walaupun sangat samar. Rasa kopinya pun lebih terasa kuat karena rempah-rempah yang juga diracik bersama bubuk kopi.

Kopi Rarobang

Kopi Rarobang. Foto: Instagram / @thekioskfoodmarket

Berencana untuk pergi ke Kota Ambon? Selain makanannya yang punya citarasa unik, kamu juga harus mencicipi secangkir Kopi Rarobang. Kopi khas ini juga hanya bisa kamu temukan di Kota Ambon dan sekitarnya.

Kopi ini memiliki citarasa rempah-rempah yang sangat kuat percis seperti kopi-kopi dari Arab. Kopi Rarobang terbuat dari campuran pandan, kayu manis, cengkeh, dan kenari sangrai. Makanya citarasa kopi ini sangat kuat, baunya pun sangat harum. Kopi Rarobang ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti masuk angin dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Bagaimana kopi asli Indonesia unik-unik kan? Selain ketujuh kopi asli Indonesia ini masih ada kopi-kopi khas lain yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kamu pernah mencoba kopi khas Indonesia lainnya?

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon