Jakarta City Philharmonic (JCP) bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar pertunjukan ketiganya dengan tajuk Rusia: St. Petersbug, The Mighty Handful pada Kamis, 4 Mei 2017 pukul 19.30 bertempat di Gedung Kesenian Jakarta.

Pada pertunjukan kali ini JCP akan memainkan dua di antara kelompok The Mighty Handful: Alexander Borodin dan Nikolai Rimsky-Korsakov, serta karya dalam negeri milik Trisutji Djoeliati Kamal -komposer perempuan asal Indonesia yang pernah mengenyam pendidikan di Ecole Normale de Musique Paris dan Santa Cecilia Conservatory Roma.

Adapun karya yang akan ditampilkan ialah Simfoni no. 2 dalam B minor dari Borodin, Laut dan Kapal Sinbad dan Kisah Pangeran Kalender milik Rimsky-Korsakov. Sedangkan karya Kemal yang akan dibawakan ialah Puisi Simfoni ‘Kemenangan’. Dengan diaba secara langsung oleh Budi Utomo Prabowo.

Pertunjukan ini pun akan menampilkan beberapa pemain yang sebelumnya telah lolos audisi oleh Dewan Kesenian Jakarta pada Maret lalu. Yang mana sistem audisi ini diharapkan mampuh mendeteksi bakat terpendam para pemain musik klasik di tengah minimnya kesempatan untuk bermain.

The Mighty Handful dikenal juga sebagai The Five yakni sebuah kelompok composer  pembaru musik klasi Rusia pada abad 19 yang eksistensinya tercatat dari 1856 hingga 1870. Mereka adalah Mily Balakirev, Cesar Cui, Nikolai Rimsky-Korsakov, Modest Mussorgsky, dan Alexander Borodin. Mereka hadir sebagai respon dari musik opera Italia dan lieder Jerman, untuk meudian memunculkan aliran musik yang beridentitas nasionalisme Rusia.

Sebelumnya, JCP mengadakan pertunjukan Lanskap Skandinavia dan Pesona Romantik Jerman sebagai edisi pertama dan keduanya. JCP berharap dengan kegiatan ini, Jakarta mampu membangun city philharmonicnya sendiri sebagai bagian budaya kota, yang memberika ruang apresiasi bagi masyarakatnya untuk selalu terkoneksi dengan karya dari kota lain dari seluruh dunia.

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut