Source: http://blog.eurail.com/

Buat kamu yang sering traveling, pasti sudah tahu kan bagaimana rasanya bepergian sendiri atau bersama grup? Tidak hanya jumlahnya, pastinya pengalaman yang akan didapatkan selama bepergian juga akan berbeda. Banyak orang yang mengaku kalau mereka lebih menyukai traveling seorang diri, tapi di sisi lain mereka juga memiliki pengalaman yang menyenangkan dan tidak menolak ketika harus traveling dengan banyak orang. Hmm..kira-kira, apa saja ya kekurangan dan kelebihan dari solo travel dan group travel ini?

Solo Traveling

Source: www.timelybuzz.com
  • Kelebihan

Melakukan perjalanan ke suatu tempat seorang diri tentunya akan mempermudah kita dalam menentukan tujuan dan kegiatan pun dapat dilakukan dengan lebih fleksibel tanpa harus memperdulikan orang lain. Saat inilah kita bisa menentukan kapan kita membutuhkan waktu untuk sendiri, dan kapan waktunya untuk bergaul dengan orang lain tanpa harus ada tekanan dari banyak orang selama melakukan perjalanan. Plus, kita bisa dengan sesuka hati merubah rencana perjalanan dari yang sudah direncanakan dari awal tanpa ada pihak lain yang akan marah atau merasa terganggu. Traveling jenis ini sangat cocok ketika kamu sedang ingin menikmati kesendirian tanpa harus memikirkan dan terganggu dengan keberadaan orang lain.

  • Kekurangan

Terlepas dari kesenangan dari solo traveling, ada juga beberapa kekurangan di dalamnya. Melakukan perjalanan seorang diri tentunya akan lebih banyak membuat kita mengeluarkan biaya yang cukup banyak, mulai dari transportasi, akomodasi, makan, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, solo traveling juga penuh dengan ketidakpastian. Contohnya adalah jika kamu tersesat di suatu daerah tertentu. Saat-saat seperti ini rasanya akan sangat tidak menyenangkan jika dialami sendiri, kan?

Group Traveling

Source: http://jessieonajourney.com/
  • Kelebihan

Hmm, namanya juga traveling dalam grup, pastinya kamu akan mengalami berbagai macam kesenangan, karena kamu akan bertemu dan berbagi pengalaman dengan banyak orang baru yang memiliki latarbelakang budaya yang berbeda setiap harinya. Pastinya akan sangat menyenangkan, kan? Dan yang paling penting sih kamu tidak akan merasa kesepian selama perjalanan. Kamu tidak perlu takut untuk pergi ke bar atau restoran sendirian karena akan ada teman yang menemani dan kamu ajak berbicara.

  • Kekurangan

Dimana ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan dalam melakukan group traveling. Hal yang sering dialami oleh mereka yang ikut dalam group traveling adalah kebebasan untuk menikmati rencana perjalanan. Kadang, seseorang harus mengalah dengan yang lainnya untuk pergi ke suatu tempat. Tidak hanya itu, group traveling juga kadang membuat orang merasa frustasi saat harus menunggu peserta lainnya saat bersiap, mengambil uang, atau hal lainnya, sehingga mereka merasa kalau waktunya banyak terbuang sia-sia hanya untuk menunggu. Ikut serta dalam group traveling juga kadang memaksa seseorang untuk mengeluarkan biaya lebih, karena mungkin saja peserta lainnya memiliki budget yang lebih. Makanya, sangat penting untuk memilih partner traveling yang sesuai dengan kemampuan kita sendiri.

Nah, sekarang sudah lebih tahu kan serunya solo dan group travel? Tinggal tentukan deh destinasi traveling kamu dan susun rencana perjalanannya mulai dari sekarang!

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon