Into the Wild. Source: NN.

Traveling bukan lagi sekedar gaya hidup, levelnya sudah bergeser menjadi kebutuhan. Hampir semua orang Indonesia membutuhkan waktu untuk berlibur dengan beragam destinasinya masing-masing.

Entah menyusuri tempat indah di dalam negeri sendiri, ataupun menghilangkan rasa penasaran akan traveling ke luar negeri. Di era millennials seperti ini semua tempat bisa dengan mudah di kunjungi. Apalagi kalau tujuannya ke luar negeri, tidak seperti beberapa dekade sebelumnya. Traveling ke luar negeri sepertinya dianggap utopis untuk beberapa kalangan, karena satu dan lain sebab.

Kalau sekarang ?

Sepertinya sudah tidak lagi. Namun jika kalian mau traveling ke luar negeri, apalagi untuk pertama kalinya. Jangan anggap gampang, perjalanan harus dipersiapkan secara matang. Apalagi hal-hal seperti ini.

  1. Jangan harap bisa berangkat kalau dokumen ini tidak kamu miliki

Pastikan kamu terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia dengan buktinya sebuah KTP. Selain memang bukti kamu orang Indonesia, dalam beberapa keperluan seperti booking pesawat, dsb, kamu membuthkan KTP. Selain itu Paspor adalah hal yang utama, jika belum punya segeralah mendatangi Kantor Imigrasi terdekat di kotamu. Jangan mepet bikinnya, sebisa mungkin 3 atau 4 bulan sebelum berangkat. Kalau mau aman, setahun sebelum berangkat sudah bikin. Setelah itu, karena tujuannya adalah luar negeri, maka kamu perlu visa. Pembuatannya lumayan menguji kesabaran sih, karena banyak yang langkah yang perlu ditempuh. Lebih enak lagi kalau kamu punya tujuan ke negara yang bebas visa atau yang menerapkan Visa On Arrival -dimana kamu bisa mengurusnya di negara tujuan.

  1. Dapatkan tiket pesawat promo kalau bisa

Kalau budget kamu minim, setidaknya kamu harus rajin-rajin mencari iklan promo penerbangan dari beberapa maskapai. Jika kamu hendak berlibur ke Australia, Thailand, Singapura, atau Jepang, Jetstar bisa menjadi pilihan kamu sebagai maskapai penerbangannya. Tidak hanya ke destinasi yang telah di sebutkan saja sih sebenarnya, Jetstar ini melayani 13 negara tujuan untuk traveling. Apalagi sekarang Jetstar telah menjalin kerjasama dengan Doku –payment enabler, yang memungkinkan kamu membeli tiket pesawat dengan Doku e-wallet. Khusus di bulan Mei hingga Juni 2017 ini, kamu yang membeli tiket pesawat Jetstar melalui Doku e-wallet akan mendapatkan cashback 20% untuk tujuan manapun. Informasinya bisa kamu cek langsung di https://genit.doku.promo/

Baca juga: Marischka Prudence: Semakin Sering Traveling, Semakin Banyak Resiko

  1. Perkaya pengetahuan dengan membaca

Jika memang ini adalah kali pertama kamu ke luar negeri. Pastikan kamu mengetahui gambaran soal negara yang hendak kamu singgahi. Kamu bisa baca bukunya Rossa Indah, Trinity, Agustinus Wibowo, atau blognya Katerina S., atau Adis Takdos. Ya, jika tidak website resmi negara tujuan kamu. Banyak cara sih di era Google sekarang, untuk mencari tau. Hal ini bisa berguna juga untuk menentukan barang apa saja yang perlu dan tidak perlu di bawa.

via GIPHY

  1. Siapkan akomodasi dari sini sebelum ke sana

Untuk lebih aman dan hemat, baiknya kamu memesan penginapan sedari masih di Indonesia. Sebab, kalau sudah berada di negara orang bisa jadi lebih mahal dan belum tentu juga kamu dapat akses internet. Daripada jadi telantar, lebih baik kamu persiapan dari sini deh.

  1. Obat-obatan dan makanan lokal yang perlu kamu bawa

Nah, ini nih yang penting. Kamu harus menyadari jika memang pribadi yang rentan sakit. Kamu harus siap bawa obat-obatan yang dibutuhkan. Karena pastinya tidak akan enak jika harus mengeluarkan budget lebih untuk berobat di negara orang yang costnya bisa lebih mahal. Juga, untuk kamu yang kesulitan dengan masakan non-halal, penting juga sih bawa makanan dari sini seperti mie instan gitu. Jangan banyak-banyak nanti disangka mau buka warkop di sana.

Baca juga: Jangandiamterus Backpacker: Lawan Takut, Mulai Perjalanan

  1. Download aplikasi yang berguna

Google translate itu berguna banget sih untuk yang tidak mafhum berbicara bahasa asing. Dengan FAR system, kamu bisa mengunduh bahasa yang diinginkan dan proses penterjemahan tidak memerlukan sambungan internet. Kalau koneksi internet kamu bagus, download Google maps deh sekalian. Membantu banget loh.

  1. Stay safe!

Yang tidak kalah penting adalah kamu harus tetap waspada ketika di negara orang. Sebab, bukan berarti di negara entah di mana itu, kamu bisa bebas dari tangan kriminalitas. Tidak ada salahnya jika kamu mencari data kriminalitas di negara tujuan. Selebihnya tinggal berdoa pada semesta dan enjoy the trip deh!

via GIPHY

Jadi, kapan kamu akan memulainya ?

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut