Source: http://www.bicycling.com

Bersepeda memang hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Kita hanya dituntut untuk tetap mengayuh dan menjaga keseimbangan di atas jalanan beraspal. Tapi, apa jadinya ya kalau kita harus bersepeda dan menuruni perbukitan atau bahkan gunung dengan banyaknya jalur menurun? Eits, tapi jangan salah sangka dulu. Menghadapi jalanan yang menurun bukan berarti kamu akan dengan mudah untuk mengontrol sepeda, karena kamu akan membutuhkan beberapa teknik untuk melakukannya. Nah, untuk kamu yang bosan menghadapi aspal jalanan dan tertantang untuk mencoba mountain bike race, yuk simak beberapa tips yang bisa kamu pelajari berikut ini!

  1. Lengkapi peralatan

Jika kamu tertarik untuk memulai olahraga ekstrem ini, pastikan kalau kamu mempunyai beberapa alat berikut ini:

  • Full face helmet
  • Knee & elbow pads
  • Full jersey with armour
  • Small hydration pack untuk menyimpan air minum
  • Celana khusus mountain bike
  • Eye protection
  • Full finger gloves
  1. Fokus pada posisi badan

Memposisikan badan dengan baik dan benar saat menuruni bukit adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi kecelakaan. Pastikan bahwa posisi lengan terbentang lebar dan siku diangkat. Letakkan pandangan ke depan dan tetap jaga keseimbangan berat badan selama berada di atas sepeda sat menuruni bukit.

  1. Manfaatkan fungsi rem dengan baik

Sebelum menuruni bukit, pastikan bahwa rem dalam kondisi baik dan dapat difungsikan. Hal ini karena rem memegang peranan penting selama bersepeda. Saat menuruni bukit, kita tidak hanya menggunakan rem untuk mengurangi kecepatan, tetapi juga untuk mengontrol sepeda saat di tikungan dengan baik, persiapan untuk melompat, dan menghadapi berbagai halangan yang muncul di trek. Mungkin rasanya akan terdengar sedikit konyol, tetapi sesungguhnya jika kita menggunakan rem dengan baik akan membuat kita menuruni bukit dengan lebih cepat, lho!

  1. Kontrol

Kenali kemampuan diri dan jangan ragu saat menjumpai tikungan, rintangan, atau tanggul selama di perjalanan menuruni bukit. Selama kita mampu mengontrol sepeda dan menjaga keseimbangan berat badan, pasti kita dapat melewati berbagai rintangannya.

To top it all, all you have to do is believe in yourself and also your bike! Percayalah meskipun masih pemula, selama kita percaya pada diri sendiri dan pada sepeda kita, pasti semua bisa dilakukan dengan baik. Siap?

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Plataran BNI X-Trail 2017, Oase Bagi Penggila Olahraga Lari

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut