Baterai handphone sudah menjadi hal yang paling penting. Pasti kamu merasa kesal kalau baterai handphone-mu boros alias gampang habis. Sebenarnya penggunaan sehari-harimu lah yang bisa menyebabkan handphone kehabisan baterai.

Misalnya saja terus-terusan browsing atau terlalu sering gonta ganti aplikasi. Selain cara penggunaan, aplikasi yang ada di handphone-mu juga sangat berpengaruh. Coba cek kembali apakah kamu memiliki 8 aplikasi yang membuat boros baterai.

1. Facebook

Photo Source: https://www.theverge.com

Aplikasi yang paling banyak di-download ini ternyata sangat boros baterai. Aplikasi Facebook ternyata tidak terlalu bagus performanya di handphone dengan basis Android. Hal ini lah yang menjadi Facebook menyedot banyak daya di smartphone. Seorang blogger bernama Russel Holly mencoba menghapus aplikasi Facebook dan ternyata terbukti bisa menghemat baterai sampai 20 persen.

2. Google Maps

 

Sumber: google.com

 

Tanpa kamu sadari Google Maps juga ternyata bisa membuat boros baterai, memori, dan kuota internetmu. Walaupun sekarang Google Maps bisa menyimpan informasi secara offline baterai dan memorimu tetap akan terkuras. Apalagi kamu yang sering online untuk melakukan navigasi di jalan.

3. Instagram

Sumber: http://gizmodo.com/

Diam-diam Instagram juga bisa membuatmu boros baterai. Apalagi kamu yang memiliki kebiasaan berjam-jam membuka dan menggunakan Instagram. Penggunaan daya di Instagram ini enggak berbeda jauh dengan Facebook. Jadi lebih baik kamu mengurangi pemakaian sosial media ini. Apalagi kamu yang hobi Instagram Strois dan Live Strories.

4. Facebook Messenger

Sumber: https://androidcommunity.com

Seperti yang kamu ketahui sekarang Facebook memisahkan aplikasi chatting-nya. Kamu yang sudah terlanjur mengunduh Facebook Messanger sebaiknya kembali meng-unistall. Pasalnya Facebook Messanger membuat bateraimu cepat habis walaupun tidak digunakan.

5. Netflix

Sumber: http://www.komando.com/

Netflik memang belum terlalu terkenal di Indonesia tapi aplikasi ini ternyata bisa membuat baterai handphone cepat habis. Aplikasi menontonon online ini memang bisa membuat bateraimu boros. Salah satu alasannya adalah aplikasi ini harus digunakan secara online.

6. Snapchat

Sumber: http://www.downloadmessenger.org/

Aplikasi media sosial yang sempat ngetren ini juga bisa membuat baterai dan memorimu terkuras. Salah satu solusinya adalah mengahpuas aplikasi ini atau gunakan Snapchat tidak terlalu sering. Kamu juga bisa melakukan pengaturan untuk menghemat ruang penyimpan di handphone.

7. Path

Sumber: https://thenextweb.com

Kamu mungkin pernah mengalami hal yang satu ini. Saat semua aplikasi berjalan baik-baik saja kadang kala Path malah susah dibuka dan membutuhkan waktu yang lama untuk loading. Aplikasi sosial media Path ini memang lumayan membuat baterai cepat habis karena waktu loading-nya yang terlalu lama.

8. Spotify

Sumber: http://www.cultofmac.com/

Semenjak Spotify masuk ke Indonesia kebiasaan mendengar musik mulai berubah. Kalau dulu kamu lebih memilih mendengarkan musik lewat aplikasi bawaan dari handphone. Sekarang kamu lebih memilih untuk streaming lagu lewat Spotify. Tapi hati-hati ya streaming lagu lewat Spotify bisa membuat baterai handphone sangat cepat habis. Jadi enggak ada salahnya untuk tetap menyimpan lagu kesukaan di aplikasi bawaan dari handphone-mu.

Dari kedelapa aplikasi ini kira-kira mana yang paling tidak kamu gunakan? Daripada jarang digunakan lebih baik kamu menghapus aplikasi untuk membuat baterai bisa beratahan lebih lama lagi.

Justin Bieber Gelar Konser di Singapura 7 Oktober Mendatang

Berkumpulnya Layang-layang Dunia di Sanur International Kite Festival 2017

Plataran BNI X-Trail 2017, Oase Bagi Penggila Olahraga Lari

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon

Photo Gallery: Belvedere Playground The Debut