Siapa sih yang bakal nolak setiap kali ada yang nawarin mie instan yang selama ini menjadi makanan kesukaan sejuta umat? Hampir semua orang (termasuk kamu) pasti suka banget sama makanan yang satu ini, kan? Selain gampang bikinnya, mie instan juga punya rasa yang enak dan bikin kita selalu ketagihan, ya meskipun semua orang juga sudah tau kalau mie instan itu punya efek buruk buat kesehatan mereka.

Hmm…enak di awal, bahaya di akhir. Wah, sama bahayanya kayak narkoba, yah! Nah, biar kamu makin paham tentang bahaya dari mie instan, yuk simak perjalanan mie instan saat masuk ke pencernaan manusia berikut ini!

1. Susah Dicerna oleh Lambung

Photo source: CureJoy

Jadi, seperti yang dilansir dari Healthy Food House, sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Dr.Braden Kuo dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, berhasil mengungkap kondisi perut dan pencernaan manusia setelah mengonsumsi mie instan. Ia melakukannya dengan memasukkan kamera seukuran pil ke dalam tubuh untuk menelitinya.

Photo source: www.top10homeremedies.com

Nah, hasil penelitiannya menunjukkan kalau selama hampir 2 jam mie instan ini tetap tidak bisa dicerna oleh lambung dan bentuknya masih tetap sama seperti saat ditelan, lho! Hal ini dikarenakan mie instan tidak mengandung serat, tapi lebih banyak mengandung bahan kimia yang justru akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih berat dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya. Tidak hanya itu, proses penyerapan nutrisi dalam tubuh pun ikut terganggu.

2. Tubuh Menyerap Senyawa TBHQ

Apa itu TBHQ? TBHQ atau Tersier Butil Hidroksi Quinolin merupakan ampas atau sisa dari hasil pengolahan petroleum dan biasanya dicantumkan sebagai antioksidan dalam kemasan makanan. Tapi, antioksidan ini berbeda dengan antioksidan alami yang dibutuhkan oleh tubuh, melainkan bahan kimia sintetis dengan kandungan antioksidan yang membuat mie instan awet dan tahan lama. Bayangkan, jika satu gram TBHQ yang masuk ke dalam tubuh saja akan menyebabkan mual, muntah, halusinasi, dan sensasi mirip tercekik hingga pingsan, bagaimana jika TBHQ yang masuk ke dalam tubuh sebanyak lima gram? Sungguh berbahaya!

3. Memicu Penyakit Diabetes dan Kardiovaskular

Photo source: www.lidtime.com

Terganggunya proses penyerapan nutrisi dalam tubuh hanya akan menyebabkan penumpukan lemak yang nggak sehat, dan ini sangat berbahaya khususnya untuk wanita. Mereka akan dengan mudah mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, gula darah, dan masih banyak gejala gangguan metabolik lainnya. Resiko terburuknya adalah penyakit diabetes dan penyakit kardiovaskular akan sangat mudah menyerang.

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon