Saat MOS (Masa Orientasi Siswa) atau Ospek, pasti kamu sering dibikin pusing sama daftar makanan dengan nama aneh yang harus dibawa, kan? Nggak cuma kamu, bahkan mamamu di rumah pasti juga ikutan sibuk buat nyiapinnya, deh. Para senior yang merupakan panitia MOS dan Ospek sengaja memberikan nama yang aneh ini biar calon juniornya bisa berpikir kreatif. Nah, biar kamu nggak bingung menghadapinya, ini dia jawaban dibalik anehnya sebutan makanan saat MOS dan Ospek yang mungkin bisa membantu kamu!

1. Sabit Merah

Photo source: Ozone Solutions

Apa itu sabit merah? Hmm, mungkin makanan yang bentuknya menyerupai bulan sabit, hanya saja warnanya merah. Yup, yang dimaksud adalah buah semangka merah yang sudah dipotong bentuk sabit. Jangan sampai bawa sabit berwarna merah beneran, ya!

2. Buah Malam Minggu

Photo source: Info Kesehatan

Selain sabit merah, ada juga buah malam minggu. Buah apa ya kira-kira? Hmm, coba putar otak kamu dan berpikirlah lebih kreatif lagi. Jadi, maksud dari buah malam minggu adalah buah apel. Alasannya ya karena malam minggu adalah saat bagi banyak orang untuk mengunjungi pacarnya alias apel. Paham, kan?

3. Teh Tarik

Photo source: Tokopedia

Salah satu jenis minuman yang sering muncul di ospek adalah teh tarik. Dulu, sebelum teh tarik kemasan terkenal kayak sekarang, orang-orang akan bingung apa yang dimaksud dengan teh tarik. Meskipun ada sebagian kecil yang akan membawa teh tarik kemasan, tapi banyak juga yang akhirnya membawa teh celup saat MOS atau Ospek. Sebenarnya nggak perlu takut sih, karena pada dasarnya nggak ada yang salah selama kamu bisa kasih alasan yang masuk akal ke panitianya. Nah, kalau ditanya alasannya kenapa bawa teh celup padahal disuruhnya bawa teh tarik, bilang aja ke senior kalau teh ini dibikinnya dengan cara ditarik-tarik. Tenang aja, pasti kakak senior nggak akan marahin kamu, kok!

4. Roti Tukul

Photo source: Buku Resep

Ada juga yang harus bawa roti tukul. Kalian pasti nggak tau kan ini roti jenis apa? Jadi, maksud dari roti tukul ini adalah roti sobek. Kenapa disebut roti tukul? Kalian tau kan dulu di talkshow yang dipandu oleh Tukul, dia sering banget ngomong “tak sobek sobek mulutmu!” ? Nah, ini dia alasan dibalik nama aneh roti tukul.

5. Pasir Hijau

Photo source: Jualo.com
Ada juga nih MOS yang mengharuskan calon siswanya membawa pasir hijau. Pasti muncul banyak pertanyaan kayak “Lho, mana ada pasir warna hijau?” atau “Makanan apaan nih kok namanya pasir hijau?” kan? Tenang guys, jangan panik dulu. Coba deh kamu translate pasir hijau ke dalam bahasa Inggris. Yup, yang dimaksud dari pasir hijau adalah minuman kaleng tanpa alkohol, Green Sands. Meskipun ada yang sudah benar bawa Green Sands, tapi ternyata masih ada lho yang benar-benar bawa pasir warna hijau. Wah, lumayan repot juga bikinnya dan ngga bisa dimakan dong, ya?
6. Cokelat Rihanna
Photo source: OLX
Nahloh pasti kalian akan bingung kemana harus cari cokelat Rihanna kan? Padahal jawabannya gampang banget, lho! Kamu cukup bawa cokelat payung aja waktu MOS atau Ospek. Alasannya ya karena cokelat ini yang paling mendekati sosok Rihanna kalau dilihat dari lagu yang sempat hits banget waktu itu, yaitu “Umbrella”.
7. Bakal Ayam
Photo source: Merdeka
Bakal ayam maksudnya adalah calon ayam. Ini artinya kamu harus bawa telur waktu MOS atau Ospek. Bisa telur ayam kampung, bisa juga telur ayam negeri. Kamu bebas bisa bawa telur rebus, ceplok, dadar, atau telur mentah sekalipun. Tapi, biar aman mending kamu bawa telur yang sudah matang aja ya buat jaga-jaga siapa tau telur ini harus kamu makan juga nantinya.
8. Nasi Pocong
Photo source: www.harianjogja.com
Nasi pocong di sini maksudnya adalah lontong atau lemper. Kenapa dinamakan nasi pocong? Ini semua karena penampilan si lontong mirip sama pocong dengan kedua ujungnya yang diikat. Buat cari lemper, kamu bisa coba datang ke Majestyk.
9. Ikan Masuk Angin
Photo source: Bimoli – Kilaunya Hidupkan Semangat
Ikan hidupnya di air kok bisa masuk angin, ya? Tenang, ini cuma akal-akalan panitia aja kok, karena sesungguhnya mereka nyuruh kamu bawa ikan kembung. Tapi, bawanya ikan kembung yang sudah digoreng lho, ya! Buat yang cari ikan ini, datang saja ke restoran Padang seperti Sederhana, contohnya.
10. Pisang Mumi
Photo source: ibnucookies.blogspot.com
Last but not least ada pisang mumi. Maksud dari makanan ini adalah pisang molen. Kalian tau kan kalau pisang molen itu dibuat dari pisang yang dibalut pakai adonan tepung sebelum digoreng sampai cokelat keemasan? Penampilannya yang mirip mumi (dibalut rapat) inilah alasan di balik nama aneh pisang mumi.

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon