Photo Source: https://ergracing.com

Momen rally, baik mobil maupun motor adalah momen yang cepat, hanya terjadi satu kali dan tidak dapat diulang. Selain mental yang kuat, ini dia hal-hal yang harus diperhatikan untuk dapat menjadi seorang rally photographer dengan hasil gambar yang baik.

SiapkanDigital atau Film SLR Camera

  1. Seorang fotografer membutuhkan kamera yang dapat bereaksi dengan cepat setelah shutter button ditekan. Selain itu, perhatikan juga lensa kamera. Untuk dapat menangkap gambar dalam jarak jauh, sebaiknya seorang fotografer juga memiliki telephoto lens (300 mm atau lebih). Tidak kalah penting juga monopod atau tripod sebagai penyangga kamera. Alat ini sangat berguna untuk menopang kamera saat menunggu kendaraan datang, sehingga tidak akan membuat tangan dan lengan terasa sakit akibat terlalu lama menyangga kamera.

Temukan Slow Corner

  1. Penting juga untuk menemukan slow corner, yaitu spot di mana kendaraan akan melaju lebih lambat, misalnya seperti di tikungan. Hal ini akan mempermudah kita untuk mendapatkan foto yang bagus tanpa harus blur akibat pergerakan kendaraan yang terlalu berlebihan.

Atur Fokus dan Shutter Speed

  1. Atur fokus kamera dalam mode manual dan tentukan spot yang diinginkan untuk mendapatkan gambar terbaik. Biasanya spot terbaik adalah di puncak tikungan. Selain itu, kita juga akan membutuhkan fast shutter speed. Coba mulai dari shutter speed 1/500 per second, coba terus dan lihat hasil akhirnya. Namun, jika hasilnya terlalu gelap, coba perlebar aperture (bukaan diafragma) atau naikkan ISO kamera.

Ikuti Pergerakan Kendaraan

  1. Agar gambar yang dihasilkan semakin baik, pan kamera kamu dan ikuti pergerakan laju kendaraan untuk mendapatkan detailnya. Memang sih, akan butuh sedikit keahlian didalamnya. Tapi, semua pasti akan teratasi selama mencoba mengikuti pergerakan mobil dan segera tekan shutter button saat mereka berada di tempat yang kamu inginkan. Jangan lupa juga gunakan burst mode yang akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan gambar terbaik.

Camera Tilt

  1. Tidak ada salahnya juga untuk sedikit bereksperimen dengan angle kamera. Kamu bisa mencobanya dengan melakukan tilt pada kamera secara diagonal agar gambar yang dihasilkan tampak lebih dramatis.

Wide Aperture

  1. Kalau kebetulan kamu berada di balik pagar pengaman dan tidak memiliki all access, satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gambar yang baik tanpa harus terhalang pagar adalah dengan cara memperlebar aperture kamera. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan gambar yang jelas meskipun depth of field-nya terbatas.So, are you ready?

 

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon