Sudah jadi satu hal yang pasti kalau sebelum melakukan perjalanan liburan alias traveling, orang-orang (termasuk kamu) pasti akan mempersiapkannya dengan matang, dong? Hal ini memang penting banget untuk dilakukan, jangan sampai kamu sudah keluarin banyak uang untuk liburan, eh malan berujung zonk. So, buat mengantisipasinya, yuk simak trik sederhana agar traveling kamu makin menyenangkan berikut ini!

Photo source: 1000solutions
  1. Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah memesan tempat untuk kamu tinggali selama liburan nanti. Nah, daripada memesan kamar di hotel dengan harga yang cukup mahal, kamu bisa mengganti pilihannya dengan cara menyewa rumah atau cottage yang justru akan jauh lebih private dan menyenangkan, apalagi kalau kamu liburan bersama keluarga. Jadi makin akrab sama keluarga, kan?
  2. Dibandingkan melipat baju, menggulung pakaian dan akan menyisakan banyak tempat dalam koper dan memungkinkan kamu untuk membawa keperluan lainnya tanpa takut koper tidak muat.
  3. Penting juga untuk mengopi atau scan kartu identitas, rangkaian perjalanan, dan tiket kemudian menyimpannya dalam email. Atau kalau kamu bepergian ke luar negeri jangan lupa juga untuk scan paspor, ya! Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu dokumen kamu hilang atau dicuri selama perjalanan. So, kamu bisa mengurusnya lagi dengan mudah, deh!
  4. Selanjutnya, jika kamu berniat akan menggunakan kartu kredit selama traveling, apalagi ke luar negeri, pastikan untuk menelepon bank agar kartu kredit bisa tetap dipakai selama berada di luar negeri tanpa ada kendala sedikitpun.
  5. Untuk alasan keamanan barang bawaan, selalu tandai kopermu dengan tulisan “Fragile”. Dengan begini, kopermu pasti akan diperlakukan dengan hati-hati saat masuk bagasi.
  6. Bawalah pulpen. Kenapa? Ini penting untuk mengisi form customs di pesawat sebelum mendarat dan bisa juga untuk mengisi form embarkasi saat di bandara.
  7. Saat sudah sampai di tempat tujuan, segeralah urus baggage claim. Manfaatkan keadaan yang masih sepi untuk mengambil kopermu tanpa harus berdesakan dengan penumpang lainnya.
  8. Jika kamu liburan ke luar negeri, segera tukar uang atau bisa juga dengan menarik tunai di ATM setempat. Keuntungan mengambil uang di ATM adalah kamu tidak perlu membayar biaya tambahan seperti yang diterapkan di tempat penukaran uang yang ada di bandara.
  9. Untuk menghemat pengeluaran selama liburan, kamu bisa berbelanja bahan makanan seperti mie instan, air mineral, snacks, atau bahkan sayuran di supermarket terdekat. Ini dilakukan jika hotel atau cottage tempat kamu menginap menyediakan fasilitas dapur, ya!
  10. Manfaatkan buku panduan atau peta lokasi dengan baik. Atau kamu juga bisa memanfaatkan handphone untuk browsing berbagai informasi yang kamu inginkan. Nah, untuk yang satu ini, pastikan kalau baterai selalu terisi penuh, ya! Jangan lupa juga untuk selalu membawa power bank yang terisi penuh kemanapun kamu pergi.
  11. Coba makanan lokal. Dibanding harus selalu makan McDonalds, kamu bisa lho mencoba berbagai makanan khas tempat yang kamu kunjungi. Selain bisa mengenal citarasa, hal ini juga bisa menghemat pengeluaran selama liburan.
  12. Siapkan daftar oleh-oleh atau souvenir yang akan kamu beli dan pastikan hanya membeli barang yang ada di daftar. Hal ini akan menghindarkan kamu untuk menghemat pengeluaran dan membeli barang yang tidak terlalu penting.
Photo source: www.freeandeasytraveler.com

Nah, sekarang sudah siap kan untuk traveling seru, hemat, dan terencana? Happy holiday, everyone!

Pameran Seni Tunggal Agus Kama Loedin “Trans-Forms #3”

ONE Championship Kembali ke Jakarta

WE THE FEST 2017 Siap Ramaikan Jakarta Agustus Nanti!

Gubernur Jakarta Ali Sadikin dan Lukisan Yang Dicoret

Photo Gallery: Magnitude Hammersonic 2017

Photo Gallery: Yellow Claw X Moet & Chandon